Kebutuhan Laptop Untuk Proktor UNBK Online dan Semi Online

Kebutuhan Laptop Untuk Proktor UNBK Online dan Semi Online

Kotanopan.com. Tidak terasa tahun 2023 ini kita akan melaksanakan UNBK kembali. Banyak teman-teman yang bertanya tentang Kebutuhan Laptop Untuk Proktor UNBK Online dan Semi Online serta Apakah laptop bisa digunakan sebagai komputer Proktor UNBK? Mari kita bahas secara sederhana dan mudah di fahami bersama. Agar tidak salah membeli komputer atau laptop untuk kebutuhan Proktor UNBK.

Pada UNBK Online Full, maka laptop bisa juga kita gunakan sebagai proktor jika memang spesifikasinya mumpuni. Pada dasarnya laptop atau komputer proktor tidak harus memiliki spesifikasi yang tinggi karena hanya bertugas memonitor menganti Key dan mengatur jalanya proses Asesment. Ibarat kata proktor adalah remote atau pengendali data. Remote berarti bertugas mengatur dan mengawasi proses UNBK berjalan.

Menurut pengalaman kotanopan.com desktop Bahkan komputer PC/all in one PC/ laptop dengan Procesor i3 pun bisa digunakan sebagai proktor. Ram cukup gunakan 4Gb saja. Meskipun jika kita perhatikan pada website kemdikbud tercantum bahwa Komputer atau laptop CPU dual Core dengan RAM : 2 GB sudah cukup. Namun kotanopan.com tidak menyarankan hal ini dengan beberapa pertimbangan tentunya yang akan kita bahas dibawah.
untuk Komputer server sendiri pernah kami bahas di artikel sebelumnya pada Laptop dan Spesifikasi Komputer Server UNBK dan Client

Kebutuhan Laptop Untuk Proktor UNBK Online dan Semi Online
Kebutuhan Laptop Untuk Proktor UNBK Online dan Semi Online (kemdikbud)

Rekomendasi Kebutuhan Laptop Untuk Proktor UNBK Online. Laptop proktor untuk UNBK yang kita gunakan di sekolah nanti belum tentu 100% fit dalam segi Software ataupun Hardware. Contoh jika kita memiliki laptop dual Core dengan RAM 2GB dan terinstal Antivirus seperti Avira ataupun McAfee atau Antivirus lainya yang terkenal cukup berat, maka sebelum kita membuka Proktor melalui Google chrome pasti akan terasa berat terlebih dahulu. Komputer proktor akan melambat sebelum bekerja. Belum lagi auto update yang mungkin terjadi jika kita mengunakan windows 10 nantinya, hal itu adalah tantangan tersendiri.



Jika kita hanya berpatokan pada Prosesor dual Core dengan RAM 2GB saja juga kurang tepat. RAM sendiri memiliki generasi-generasi yang berbeda. Jika kita gunakan RAM DDR2 dan Ram dengan tipe DDR3 atapun DDR 4 meskipun sama 2 atau 4 Giga kecepatanya akan berbeda. Sehingga kotanopan sendiri menyarankan Laptop Untuk Proktor UNBK Online Gunakan I3 dengan RAM 4 GB DDR3 adalah minimal kebutuhan UNBK Online. Dengan asumsi laptop juga biasa digunakan setiap hari untuk bekerja, atau menonton dan lainya.
Selain itu untuk Proktor Online usahakan mengunakan laptop SSD atau setidaknya harddisk dengan kapasitar kosong masih 30 Giga tersisa. Apalagi jika nantinya 1 Proktor UNBK memantau 15 client peserta ANBK Online secara bersamaan.
Baca juga:
Review Modem Huawei E5577 Mifi 4G Penyebar Wifi Portabel Yang Serbaguna
Review Modem router Telkomsel Orbit A1 4G Untuk CCTV
Setting CPE 220 Agar Jangkauan dan Pancaran Lebih Jauh

Kebutuhan jaringan Internet Laptop Untuk Proktor UNBK Online: Jika kita merujuk pada website kemdikbud dikatakan bahwa Bandwidth internet 12 Mbps / 15 komputer klien (stabil selama assesment berlangsung dan dedicated) IP Dinamis LAN (Local Area Network) / WIFI. Bagaimana cara mengukur Kecepatan internet kita? Pada dasarnya bisa dikatakan 12Mbps adalah kecepatan yang tidak sulit didapatkan dengan jaringan Internet Kartu GSM. Jika dikatakan 12Mbps (megabit) maka sama dengan sekitar 1,5MBps (megabita). Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah agar lebih mudah difahami.

mengukur kecepatan internet Laptop Untuk Proktor UNBK Online
mengukur kecepatan internet Laptop Untuk Proktor UNBK Online (speedtest.com)

Pada website www.speedtest.net kita akan melihat kecepatan internet daerah kita, jika kita perhatikan gambar diatas pada layar tertera kecepatan Internet adalah 20,50Mbps namun pada layar bagian atas hanya tertulis 3,3MB/s. Lantas mana yang benar? kenapa berbeda? hal ini pernah kotanopan bahas sebelumnya karena Mbps dan MBps adalah dua hal berbeda. Silahkan baca di artikel Menguatkan sinyal dan Perbedaan Mbps dan MBps untuk lebih jelasnya. ANBK online sendiri memerlukan Bandwidth internet 12 Mbps / 15 komputer klien.



Pada paparan yang kotanopan sebutkan diatas semoga kita semua bisa menentukan Kebutuhan Laptop Untuk Proktor UNBK Online dan Semi Online, selain itu sebaiknya siapkan juga kipas pendingin laptop yang bisa kita gunakan untuk mejaga performa dan ketahanan laptop agar tidak cepat melambat ataupun macet nantinya. Jika anda memiliki pertanyaan silahkan kirim di komentar atupun hubungi facebook admin langsung. Terimakasih

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen + eighteen =