Dukungan Windows 10 Berhenti Tahun Depan Apa Yang Harus Dilakukan?

Dukungan Windows 10 Berhenti Tahun Depan Apa Yang Harus Dilakukan

Kotanopan.com. Dukungan Windows 10 Berhenti Tahun Depan Apa Yang Harus Dilakukan? Microsoft sepertinya akan benar-benar mengakhiri Windows 10 pada  tahun depan. Meskipun tidak dapat  dipungkiri mhingga tahun 2024 ini masih banyak perusahaan sekolah ataupun pengguna pengguna individu yang setia dengan Windows.

Untuk saat ini mungkin kita tidak akan menemukan kendala berarti dengan  dengan Windows 10,  namun jika memang benar pada tahun 2025 Microsoft menghentikan dukungan ataupun updatenya yang direncanakan akan dimulai pada Oktober 2025. Bukan tidak mungkin sedikit banyak masalah akan mulai kita temui.

Dukungan Windows 10 Berhenti Tahun Depan Apa Yang Harus Dilakukan
Dukungan Windows 10 Berhenti Tahun Depan Apa Yang Harus Dilakukan (www.microsoft.com)

Tidak bisa dipungkiri Windows 10 sendiri adalah layanan Windows yang cukup populer namun Entah kenapa justru mereka Berencana untuk mengakhirinya serta meminta para pengguna untuk beralih ke Windows yang konon memiliki fungsi lebih canggih serta kinerja yang lebih baik. 

Dikutip dari halaman resmi Microsoft Sebelum Dukungan Windows 10 Berhenti secara resmi tahun depan, Mereka menyediakan update gratis ke Windows 11 untuk pengguna yang memenuhi syarat dan ketentuan tertentu. Hal ini karena Microsoft tentu ingin fokus pada produk mereka yang lebih baru terutama Windows 11 yang diklaim memiliki sistem keamanan yang lebih baik dibanding Windows 10.




Lantas apa yang harus dilakukan?  Setelah masa dukungan Windows 10 berakhir para pengguna Windows ini masih tetap dapat menggunakannya seperti biasa. Tentu saja tidak akan lagi mendapat pembaruan keamanan bug ataupun peningkatan peningkatan fitur secara gratis. Untuk terus mendapatkan  pembaruan ke depannya pengguna Windows 10  harus membayar untuk Extended Security Updates (esus). 

Harga esus Sekitar 61 dolar Amerika Serikat untuk tahun pertama,  kemudian 122 dolar untuk tahun kedua,  dan 244 dolar AS untuk tahun ketiga harga ini berlaku untuk organisasi.  Sedangkan untuk lembaga pendidikan atau pribadi mungkin harganya akan lebih murah.

Baca Juga:  Penggunaan Scanner Brother ADS 3100 Pengalaman Pribadi

Apa yang harus dilakukan jika kita tidak menggunakan layanan esus?  Ya kita tetap akan bisa menggunakan Windows 10 hanya saja resiko keamanan akan mengancam kita,  karena komputer dengan Windows 10 tidak akan mendaftar lagi fitur pembaruan keamanan serta biaya rentan terhadap serangan.




Ke depannya baik perangkat lunak ataupun perangkat keras akan terus berkembang mengikuti zaman. Belajar dari Windows 7 yang kini sudah mulai tidak cocok dengan perangkat-perangkat model baru. Maka kedepannya bukan tidak mungkin Windows 10 pun juga akan tidak kompatibel jika kita tidak melakukan update ke Windows 11 ataupun versi lebih baru.

Meskipun tidak bisa dipungkiri ketika Dukungan Windows 10 Berhenti Tahun kita harus mengganti operasi sistem ke Windows 11. Dan ini mungkin akan sangat sulit bagi sebagian orang,   mengingat saat ini bahkan menggunakan Windows 10 saja masih terasa berat untuk Kebanyakan orang.  Apalagi kita harus berganti ke Windows 11 yang memang memiliki fitur Lebih banyak lebih canggih, namun juga memerlukan  spesifikasi komputer yang lebih tinggi.

Baca juga:
Cara masuk ke safe mode pada Windows 11 Jika komputer mati tidak mau menyala
Cara Melihat Penggunaan RAM GPU dan CPU di Windows 10 dan 11
Cara Melihat Disk Management Pada Windows 11 dan 10

Jika memang Anda memiliki niat untuk berganti ke Windows 11, alangkah baiknya sudah mulai bersiap jika komputer Anda saat ini sudah terasa berat menggunakan Windows 10. Namun jika kita masih ingin bertahan dengan windows 10, maka harus bersiap menghadapi berbagai kemungkinan yang ada nantinya.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + fourteen =