Perbaiki Suhu Telepon Terlalu Rendah Pengisian Daya Dihentikan

Kotanopan.com. Kendala seperti Suhu Telepon Terlalu Rendah Pengisian Daya Dihentikan adalah hal yang muncul pada beberapa tipe android seperti samsung, Oppo Vivo dan lainya. Pesan Kesalahan Suhu baterai ini umumnya muncul secara tiba-tiba atau ketika Handphone baru saja dihidupkan.

Tulisan peringatan tentang suhu baterai ini juga bervariasi diantaranya:
– Suhu baterai telalu tinggi (Over temperature) menandakan Baterai terlalu panas.
– Suhu baterai terlalu rendah, umumnya terjadi pada samsung biasa muncul pada handphone tipe lama
– Pengisian dijeda suhu baterai terlalu rendah
– Info: Pengisian baterai dijeda, suhu terlalu rendah.
– Info: Charging paused, battery temperature too low, umum terjadi akrena kesalahan sensor.
– Info: Charging paused, battery temperature too high.
– Info: Battery over temperature
– Power off: Battery temperature is over 60, your device will shutdown in 1 seconds.
Jika anda mengalami salah satu dari masalah diatas silahkan lanjutkan membaca artikel tentang Perbaiki Suhu Telepon Terlalu Rendah Pengisian Daya Dihentikan:


Perbaiki Suhu Telepon Terlalu Rendah Pengisian Daya Dihentikan
Perbaiki Suhu Telepon Terlalu Rendah Pengisian Daya Dihentikan

1. Ganti Charger Anda.

Hal yang pertama kali dilakukan adalah ganti kepala charger dan kabel pengisian daya dengan yang lain. Masalah pengisian atau charger pada handphone android sering disebabkan oleh batok charger / adaptor dan kabel yang tidak sesuai peruntukan. Selalu gunakan charger berkualitas dan original untuk menjaga keawetan perangkat seluler anda.

Baca juga:
Cara Perbaiki Handphone Tulisan Charge Error Tanda Merah
Perbaiki HP Oppo charging error battery connection error
Cara Mengatasi Error TouchWiz Depan Terhenti Pada Samsung

2. Lakukan Pengujian Ampere.

Di Play Store ada sebuah aplikasi yang biasa di sebut Ampere Meter. Gunanya untuk memantau berapa nilai daya yang masuk ke Handphone dari Charger. Tidak ada salahnya anda mencoba Instal aplikasi tersebut lalu coba colokan charger ke Handphone. Apakah nilai ampere yang diterima perangkat sesuai dengan spesifikasi pada charger? Jika ampere terlalu rendah ganti dengan charger tipe lain yang berkualitas lebih baik.

3. Periksa Konektor Charger Handphone.

Lakukan pemeriksaan sederhana pada konektor charger yang ada pada perangkat, apakah semua pin bagus? ataukah ada PIN yang patah atau terlipat tidak pada tempatnya? Jika terdapat Kuningan Konektor rusak maka solusinya adalah bawa ke tempat service agar dilakukan pengantian konektor Charger. Karena peringatan Suhu Telepon Terlalu Rendah Pengisian Daya Dihentikan karena masalah konektor harus ditangani oleh teknisi berpengalaman

.

 

4. Periksa Baterai Handphone.

Suhu Telepon Terlalu Rendah Pengisian Daya Dihentikan juga bisa disebabkan karena Baterai mengalami kerusakan, hal ini biasa terjadi pada handphone-handphone yang sudah berusia cukup lama. Pertimbangkan untuk melakukan pengujian pada Voltase baterai. Jika sebelum masalah ini muncul baterai sudah cepat habis maka besar kemungkinan anda harus menganti baterai baru untuk menyelesaikan masalah ini.

Tampilan : Suhu Telepon Terlalu Rendah Pengisian Daya Dihentikan
Tampilan : Suhu Telepon Terlalu Rendah Pengisian Daya Dihentikan

5. Suhu Telepon Terlalu tinggi.

Jika anda menemukan keterangan Suhu baterai telalu tinggi (Over temperature) menandakan Baterai terlalu panas ataupun Power off: Battery temperature is over 60, your device will shutdown in 1 seconds. maka dipastin handphone mengalami over heat, Cara paling mudah mengatasinya adalah mematikan perangkat sekitar 10-15 menit kemudian menghidupkanya kembali. Pada kondisi suhu baterai terlalu tinggi jangan memaksa menghidupkan perangkat, hal ini berbahaya dan beresiko menyebabkan kerusakan lebih parah nantinya.

6. Uji Dengan Charger Dekstop.

Jika baterai bisa di lepas, tidak ada salahnya mengisi daya baterai dengan dekstop charger atau Kodok. Pastikan anda memasang konektor + dan – dengan benar agar tidak terbalik. Lakukan Pengisian sekitar 30 -60 menit agar daya benar-benar terisi, Masalah Suhu Telepon Terlalu Rendah terkadang karena baterai mengalami kehabisan daya berlebihan. 

 

 

7. Masalah Pada Sensor Handphone.

Kotanopan pernah menemukan kendala Phone temperature too low, charging has Stopped beberapa pengaturan dan baterai sudah dilakukan pengujian tapi tidak menyelesaikan masalah. Ternyata sumber penyebab Phone temperature too low, charging has Stopped ada pada kesalahan sensor diatas layar handphone. Dimana ada anomali pada sensor sehingga solusinya adalah menutup konektor sensor agar tidak ada arus listrik mengalir.
Setelah ditutup dengan isolasi kemudian lakukan charging sekitar 1-2 jam lalu lepas Isolasi yang ada pada sensor tersebut. Cara ini juga bisa digunakan untuk Perbaiki Suhu Telepon Terlalu Rendah Pengisian Daya Dihentikan.

Perbaiki sensor layar karena Suhu Telepon Terlalu Rendah Pengisian Daya Dihentikan
Perbaiki sensor layar karena Suhu Telepon Terlalu Rendah Pengisian Daya Dihentikan

Penyebab Mengapa Suhu Terlalu Rendah.

Perangkat seluler saat ini kebanyakan mengunakan baterai lithium-ion yang digunakan di dalamnya, bahan ini cukup sensitif terhadap perubahan suhu sekitar. Ketika suhu eksternal terlalu rendah, baterai cenderung mengalami ganguan. Suhu yang rendah dapat mengurangi kapasitas baterai untuk beberapa saat, membuatnya lebih lambat untuk mengisi, dan dalam beberapa kasus, dapat merusak baterai. Inilah sebabnya mengapa saat Suhu Telepon Terlalu Rendah Pengisian Daya Dihentikan untuk melindungi kesehatan baterai ponsel.

Efek buruk Pengisian dijeda suhu baterai terlalu rendah.

Beberapa kerusakan bisa saja timbul akibat dari Suhu baterai telalu tinggi atau terlalu rendah seperti:
Penurunan Kapasitas: Saat suhu sangat rendah menyebabkan kapasitas baterai dapat menurun drastis. Ini berarti bahwa ponsel Anda mungkin akan mati lebih cepat daripada biasanya, bahkan setelah mengisi daya penuh. Namun hal ini biasanya hanya bersifat sementara jika dilakukan penanganan dengan benar.

Penurunan Kinerja: Suhu yang sangat rendah juga mempengaruhi kinerja perangkat. Aplikasi dan kecepatan ponsel mungkin berjalan lebih lambat daripada biasanya. Karena daya dari baterai yang tidak optimal.

Kerusakan Jangka Panjang: Terus-menerus mengisi daya ponsel saat suhu sangat rendah mengakibatkan kerusakan baterai secara permanen bahkan bisa jadi handphone akan ikut rusak juga nantinya.

Author: Mr. wics

4 thoughts on “Perbaiki Suhu Telepon Terlalu Rendah Pengisian Daya Dihentikan

  1. Pernah si dapet pesan yg batre terlalu panas, pokoknya gitu deh…emng hp nya panas gtu,mungkin karna terlalu lama ngegunain hp atau gmna,kurang paham juga saya mas..makasih nih infonya, ada masukan juga jadinya buat saya yg ga paham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten + thirteen =