Laptop dan Spesifikasi Komputer Server UNBK dan Client

UNBK segera dimulai, banyak pihak yang kemudian mulai berfikir membeli dan atau merakit Komputer ataupun Server untuk Ujian Nasional Berbasis komputer pada tahun 2021.
Lantas Spesifikasi Komputer seperti apa yang bagus untuk melaksanakan UNBK?
Masih ada beberapa sekolah yang berfikir ataupun berniat untuk membuat server UNBK dengan mengunakan laptop ataupun komputer jinjing. Lantas apakah laptop bisa digunakan sebagai server UNBK?
Menurut admin kotanopan.com sebaiknya jangan mengunakan laptop sebagai server Ujian Nasional berbasis komputer atau UNBK.

Kenapa demikian? karena admin kotanopan.com memiliki beberapa pertimbangan tertentu, diantaranya:
1. Permintaan pemerintah pusat untuk server adalah PC/Tower/Desktop (bukan laptop).
2. Umumnya PC dekstop atau komputer memiliki clock rate lebih tinggi daripada Procesor laptop. Sehingga  kecepatan lebih mumpuni dan bisa menghandle penguna / client saat dilakukan UNBK.
3. Bisa dirakit sesuai dengan kebutuhan, terutama dalam hal kecepatan jaringan LAN dimana minimal harus mendukung GigaByte dan berjumlah 2 NIC. Artinya kita harus menambah PCI Lan card pada perangkat komputer, sedangkan untuk laptop admin belum menemukan yang mendukung 2 Lancard NIC dengan harga yang terjangkau / hampir sama dengan Koputer. Beberapa orang mengklaim pernah mengunakan USB to LAN untuk pengnati lancard NIC ini, namun sepengetahuan admin kotanopan.com hal ini cukup rentan jika terjadi getaran/ goncangan/ gerakan pada soket sambungan USB.
4. Lebih mudah menyesuaikan kebutuhan kedepanya, ketika mungkin tahun depan kita perlu menaikan RAM, ataupun spesifikasi komputer server maka perubahan lebih mudah dilakukan apda perangkat komputer daripada laptop. Misalnya kita memerlukan RAM 16 giga tahun depan, maka kita hanya perlu menambah RAM, ataupun menaikan kapasitas penyimpanan dengan emnambah hardisk ataupun SSD.
5.  PC dekstop / komputer bisa lebih tahan panas dalam jangka waktu lama. Dimana saat proses perakitan kita hanya perlu memberikan sirkulasi udara yang cukup dan kipas yang tertata sesuai kebutuhan.
6. Jika kita mengunakan komputer dekstop maka kita bisa gunakan SSD dan hardisk dalam 1 perangkat sehingga kinerja komputer lebih cepat dengan harga terjangkau.
7. Layar bisa kita gunakan layar TV yang nantinya bisa kita manfaatkan untuk kebutuhan lain di sekolah, misalnya laboratorium ataupun kebutuhan lainya.


 

Meskipun diakui bahwa komputer juga memiliki kelemahan terutama dalam bentuk yang besar menghabiskan tempat, ataupun power yang tiba-tiba bisa drop, (bisa diakali dengan UPS). Akan tetapi tetap lebih baik mengunakan komputer daripada Laptop, apalagi dengan RAM minimal 8 giga dan penyimpanan 250giga + 2 NIC maka komputer tetaplah lebih baik daripada laptop jika kita mengunakan rate harga yang sama.

Laptop dan Spesifikasi Komputer Server UNBK dan Client. Sumber gambar unbk.kemdikbud.go.id

 Oke mari kita mulai berfikir merakit komputer server UNBK tahun 2021 ini, Berapa biaya yamg dibutuhkan? apa saja yang perlu dipersiapkan? Admin kotanopan.com akan coba mengulas semampu saya.
Pertama kita mulai dengan core Procesor itu sendiri, dari yang admin kotanopan ketahui:
Dual core mempunyai 2 cores.
Quad core mempunyai 4 cores.
i3 mempunyai 2 cores.
i5 mempunyai 2 atau 4 cores (tergantung pada tipenya).
i7 mempunyai 2, 4 atau 6 cores (tergantung pada tipenya).

Dari uraian type procesor diatas maka ada kalanya kita akan menemukan harga i3 bisa lebih mahal dari procesor i5, karena harga procesor juga dipengaruhi core dan generasinya juga.
seperti kasus I3, Intel Prosesor Processor gen 10 11 Core i3 10105 with IGP dengan Processor Base Frequency3.70 GHz dan didukung Max Turbo Frequency4.40 GHz. Procesor i3 Diatas di banderol dengan harga diatas Rp 2.000.000,- rupiah.
baca juga :
Cara Membatasi akses internet dan blokir web pada modem HG8245H

Sementara Procesor i5 semisal intel core i5 2500 3,3 ghz dengan socket 1155 bahkan memiliki harga dibawah 1 juta rupiah. Jika kita hanya berfikir tentang i3, i5 ataupun i7, tentu lebih keren i5 dibandingan dengan i3, Namun apakah performance juga dipastikan sesuai yang kita harapkan? apakah pasti i3 kalah dengan i5 dalam segala hal? menurut admin kotanopan.com tidak selalu demikian cara kerjanya.

Itu dari segi Procesor, belum lagi dari segi Motherboard, karena motherboard juga memiliki jenis dan kelebihan kekurangan yang tidak sama, bahkan jika beberapa jenis motherboard sama-sama bisa kita pasang dengan Procesor yang sama, belum tentu performanya akan sama. Bahkan kita harus memastikan juga, berapa slot hardisk yang ada pada mother board.

Berapa PSU yang diperlukan, apakah motherboard mendukung RAM dengan nilai tertentu misalnya 8/ slot, karena admin kotanopan pernah menemukan motherboard yang hanya mendukung 4 giga RAM/ slot. Bahkan tidak mau membaca hardisk lebih dari satu. Padalah SLOT sata ada 4 slot. Kan Rugi?


Berikutnya, casing / case / wadah CPU itu sendiri. Wadah CPU / case memiliki rentang harga berwariasi mulai dari 200an ribuan hingga jutaan rupiah, apakah bedanya Min? Pertama tampilan kedua umumnya adalah fitur dan bahan, pastikan untuk sebuah komputer server anda mengunakan case Komputer dengan sirkulasi udara baik dan berbahan kuat, karena pengalaman admin kotanopan.com membuat server pribadi yang bisa hidup 7 hari seminggu jika tidak memiliki sirkulasi udara yang baik akan cepat panas, dan Macet-macet.
baca juga : 
Solusi Wifi tidak aktif setelah Upgrade Instal Windows 10

Demikian beberapa uraian tentang Laptop dan Spesifikasi Komputer Server UNBK dan Client, sehingga jika anda bertanya apakah laptop bisa digunakan untuk server Ujian UNBK, maka jawaban admin kotanopan.com adalah JANGAN GUNAKAN LAPTOP SEBAGAI SERVER UNBK ANDA. karena hal itu bisa membuat anda susah sendiri nantinya.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − two =