Cara menyambungkan HT baofeng dengan HT merek lain

Kotanopan.com Cara menyambungkan HT baofeng dengan HT merek lain, Sebagai alat komunikasi praktis dan hemat Handy talie masih sering dipakai hingga saat ini, Umumnya dipakai untuk komunikasi internal saja. Banyak dilapangan beberapa merek baofeng dengan jenis  type serta fitur dan terkadang frekuensi berbeda, apalagi jika handy talkie yang kita miliki seharusnya bukan untuk pasaran negara kita. Sehingga harus kita samakan frekuensinya, Pertanyaan ya, bagaimana cara menyambungkan Handy talie yang berbeda merek? Setahu admin, menyambungkan handy talie berbeda merek adalah memungkinkan selama Band dan frekuensi sama. Misalnya UHF dengan UHF ataupun VHF dengan VHF.

Cara menyambungkan HT baofeeng dengan HT merek lain, ataupun sesama baofeng
1. Pertama pastikan band jenis frekuensi sama, kita ambil contoh band UHF, karena hampir seluruh handy talkie selalu mendukung UHF.
2. Samakan Nilai frekuensi TX, RX, DCS dan CTCSS serta parameter lainya.
3.  Handy talkie akan tersambung meskipun memiliki merek yang berbeda.
baca juga Review Kekurangan dan Kelebihan Baofeng UV-82 5Watt

Sebagai contoh diatas admin kotanopan berikan gambar frekuensi standar handy talkie baofeng BF888S dan UV 82. (sumber dokpri)

Pada contoh diatas, diketahui frekuensi standar Baofeng umumnya ada di angka nomor 1 hingga angka nomor 16.
frekuensi ini saya ambil dari handy talkie baofeng BF888S dan saya masukan ke baofeng UV82. Sehingga frekuensi mereka tersambung dan bisa saling mendengar dan berbicara. pada RX frekuensi 462.12500 dan TX 462.12500 Dengan DCS Dec 69.3 dan DCS enc 69.3 juga.


 

Mari kita lihat frequensi nomor 1 pada RX frekuensi 462.12500 dan TX 462.12500 Dengan DCS Dec 69.3 dan DCS enc 69.3 juga.
Secara garis besar untuk menyambungkan Handy talkie berbeda merek yang perlu kita rubah hanyalah 4 parameter diatas saja. Karena RX dan TX mengatur penerimaan dan pengeluaran. DCS / CTCSS mengatur “enkripsi/ privasi” pada saluran masuk dan  saluran keluar.
baca juga:Review jarak dan kemampuan HT baofeng BF888S murah dengan fitur lengkap

Pengertian DCS / CTCSS  Privasi pada handy talkie adalah, penyisipan ataupun pengunaan kode tertentu agar ketika ada yang mengunakan ataupun menemukan frekuensi kita, mereka tidak bisa ikut berbicara ataupun ikut mendengar apa yang kita bicarakan.

Mari kita ambil contoh chanel nomor 17, Jika kita perhatikan chanel nomor 17 diatas adalah RX 165.000 dan TX 165.000. DSC ataupun CTCSS off. Dimana artinya, siapapun yang berada di frekuensi 165.000 akan bisa langsung ikut mendengar dan berbicara dengan kita di chanel ini. Tanpa merubah pengaturan kode privasi ataupun acakan.




Demikian Cara menyambungkan HT baofeng dengan HT merek lain, cukup anda samakan saja nilai frekuensinya.
Untuk Handy talkie tanpa layar, seperti baofeng BF888S, anda akan memerlukan kabel USB programer dan pc ataupun laptop.
Artikel selengkapnya pernbah admin tulis di Cara Setting Frekuensi Baofeng BF 888S dan menganti Frekuensi VHF UHF Jika anda berniat merubah dan menyamakan frekuensi handy talkie Baofeng bf888s anda.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 4 =