Tips Merakit Komputer Untuk Edit Video Dan Spesifikasinya

Merakit Komputer Untuk Edit Video Dan Spesifikasinya

kotanopan.com. Saat ini, banyak orang tertarik dengan pekerjaan sebagai editor video. Untuk menjadi lebih produktif, seorang editor video memerlukan komputer editing yang dapat membantu mereka bekerja dengan lebih baik. Kali ini kotanopan akan membagikan Tips Merakit Komputer Untuk Edit Video Dan Spesifikasinya. Karena tidak bisa di pungkiri, Komputer untuk editing video memiliki spesifikasi khusus agar proses editing dan rendering dapat dilakukan dengan cepat, lancar dan efisien.

Oleh karena itu kotanopan akan membahas komponen komputer atau PC editor video yang sesuai untuk Anda yang bekerja sebagai editor profesional. spesifikasi PC editing video seperti apa yang kamu butuhkan dan sanggup menangani semua tugas-tugas berat dalam editing video secara efisien?. Berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

1. Processor.

Processor, atau yang sering disebut sebagai CPU (Central Processing Unit), merupakan otak dari komputer atau laptop. Processor berperan penting dalam menangani semua tugas yang dilakukan oleh komputer, termasuk dalam hal editing video juga.

Semakin baik dan kuat processor yang Kita gunakan, maka akan semakin cepat komputer Anda dapat menyelesaikan tugas-tugas editing video. Kapasitas processor yang besar memungkinkan komputer untuk melakukan pemrosesan data dengan lebih efisien, cepat ataupun multitreads.

Apakah processor semakin tinggi seperti Core i7 selalu lebih baik dari Core i5? Selama ini masih banyak orang yang terjebak dengan istilah tersebut, meskipun menurut kotanopan.com, Hal tersebut tidak selalu sepenuhya benar. Sehingga berfikir semakin tinggi versi i maka artinya semakin bagus, cepat dan mahal.




Contohnya jika kita membandingkan, Intel Core i7-860 dengan Intel Core i5 12500 secara teknis justru lebih baik i5 12500. Padahal jelas ini adalah versi i5. Seperti yang bisa kita lihat pada cpu.userbenchmark.com Next akan kita bahas pada artikel selanjutnya. Insya Allah.

Merakit Komputer Untuk Edit Video Dan Spesifikasinya
Merakit Komputer Untuk Edit Video Dan Spesifikasinya

Pemilihan processor yang tepat dengan banyak inti (cores) dan kecepatan clock yang tinggi akan membantu meningkatkan kinerja dalam melakukan rendering video, pengeditan, dan pemrosesan efek visual dalam proyek video Anda. Jadi, memilih processor yang sesuai dengan kebutuhan editing video adalah langkah awal ketika Anda mulai Merakit Komputer Untuk Edit Video Dan Spesifikasinya. Rekomendasi Kotanopan gunakan Processor i7 4770.

Baca Juga:  Pengertian Kejahatan Phising Internet Dan Bahayanya Bagi Kita

2. Motherboard.

Untuk motherboard yang cocok dengan Processor i7 4770 LGA1150 kita bisa mengunakan Motherboard H81 DDR3. Sebagai catatan meskipun banyak penyedia yang menjual type H81 baik NVME ataupun bukan, namun perhatikan bahwa pilihan anda nanti adalah type yang mendukung setidaknya RAM 16GB dengan kecepatan tertinggi 16000Mhz.

RAM dual chanel akan memberi kita keleluasaan dalam mengatur RAM atau memory yang hendak kita pasang. Beberapa motherboard bahkan mendukung hingga pengunaan RAM lebih dari 2 keping. Harga Motherboard H81 LGA 1150 bervariasi antara Rp 500.000,- hingga jutaan. Tidak anda salahnya anda cukup mengunakan type standar saja jika Komputer Untuk Edit Video hanya digunakan untuk memberikan efek ataupun editor video sehari hari dan kegiatan-kegiatan umum.

 

3. RAM atau Random Access Memory.

RAM merupakan hardware yang terdapat di dalam perangkat gadget seperti komputer. Jika kita mengunakan Processor i7 4770 LGA1150 digabungkan dengan Motherboard H81 DDR3. Tentu RAM yang dibutuhkan juga type DDR 3 juga. Dalam hal ini kotanopan menyarankan gunakan RAM LONGDIM DDR3 PC 12800 / 1600Mhz. Dengan jumlah 2 keping, dan masing-masing keping memiliki kapasitas 8Gb. Sehingga total menjadi 16GB.  Anda bisa mengunakan merek samsung ataupun Kingston tergatung dana yang dimiliki.

Baca Juga:  Perbaiki Printer Pixma G3010 Tidak mencetak kertas Macet P06 P10

4. SSD Atau HDD?

Ini adalah pertanyaan yang umum dan cukup mudah dijawab. Jika anda membuat komputer editing alangkah baiknya jika mengunakan SSD saja. Karena kecepatan SSD lebih bisa diandalakan serta memiliki beberapa kelebihan lainya. Meskipun SSD juga memiliki beberapa “keunikan” yang pernah kami bahas pada Cara Upgrade laptop lama Dengan SSD dan RAM resikonya?. Namun mengunakan SSD untuk komputer dengan kecepatan tinggi masih tetap menjadi pilihan yang lebih baik daripada Harddisk.

Merakit Komputer Untuk Edit Video gunakan SSD
Merakit Komputer Untuk Edit Video gunakan SSD

5. VGA Card.

Kartu Grafis atau VGA Card adalah salah stu komponen penting yang mesti diperhatikan saat anda mulai Merakit Komputer Untuk Edit Video. Pada proses editing dan rendering umumnya Kita akan memerlukan tampilan yang lebih stabil, cepat dan responsif. Pada rakitan ini anda sebaiknya mengunakan Type VGA GT 730 4GB DDR3 128BIT, dengan perkiraan harga sekitar 800 ribu hingga jutaan rupiah. Perhatikan soket power Supply pada VGA ini nanti, karena umumnya Kartu VGA memerlukan power tambahan dengan konektor 6 ataupun 8 PIN.

6. Case Komputer dan Power Supply.

Banyak orang yang sedang mulai Merakit Komputer Untuk Edit Video mengalami masalah ketidak cocokan saat memilih Komputer dan Power Supply atau disebut PSU. Saat memilih casing komputer perhatikan kecocokanya, jika casing terlihat kecil tanyakan kepada penjual apakah mendukung ATX dan M-ATX serta Power Supply apa yang didukung oleh casing tersebut.




Sebaiknya anda memilih PSU minimal 650Watt Murni untuk spesifikasi diatas. Karena nantinya anda akan memerlukan pendingin atau kipas tambahan pada komputer anda. Perhatikan juga apakah mereka memiliki kabel power VGA GT 730 4GB DDR3. Perkiraan harga yang anda butuhkan adalah sekitar Rp 500 hingga 800ribuan nantinya.

7. Kipas dan pendingin.

Dengan spesifikasi diatas anda tentu memerlukan pendingin yang lebih optimal. Anda bisa menambahkan Fan dengan kecepatan rendah namun stabil sekitar 2-3 unit pada casing. Khusus untuk Processor sebaiknya gunakan pendingin type Tower dengan 4 Pipa pendingin. 

Beberapa cooler cairan mungkin tidak ada salahnya dipertimbangkan, namun mengingat harganya yang cukup mahal maka kotanopan tidak merekomendasinya.

Baca juga:
Cara Melihat Disk Management Pada Windows 11 dan 10
11 Cara Perbaiki laptop lambat loading Windows 10 dan 11
Cara Cek Password Wifi Di Laptop Dan Komputer Windows Tanpa Aplikasi

Kesimpulan.

Tips Merakit Komputer Untuk Edit Video Dan Spesifikasinya diatas tentu kotanopan tulis dengan berbagai pertimbangan yang cukup, berdasarkan pengalaman dan kebiasaan yang ada. Jika anda memiliki pertanyaan ataupun sesuatu yang kurang jelas, jangan ragu untuk menulis di kolom komentar ataupun menghubungi facebook kami di https://web.facebook.com/wahywics/ . Kami akan membantu semaksimal mungkin.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 − four =