6 Server DNS Gratis Terbaik Berdasarkan Pengalaman dan Fitur

6 Server DNS Gratis Terbaik Berdasarkan Pengalaman dan Fitur

Kotanopan.com. Saat ini Mudah sekali untuk merubah alamat DNS di perangkat kita. Anda bisa menerapkanya pada komputer ataupun laptop dan handphone android anda sendiri. Sejauh ini penyedia DNS ada setidaknya 6 Server DNS Gratis Terbaik Berdasarkan Pengalaman dan Fitur yang kotanopan.com tahu. Selain DNS google dan cloudflare yang umum digunakan serta memiliki kecepatan yang bisa diandalkan, masih ada 4 DNS lain yang akan kotanopan bahas. 

Jika Anda siap untuk mencari referensi penyedia DNS, Anda mungkin bertanya-tanya penyedia DNS mana yang harus Anda pilih??. Tentu banyak pilihan yang layak dicoba, tapi Server DNS Gratis Terbaik ?, fitur apa saja yang tersedia?, dan apakah memiliki kekurangan? mari kita ulas berdasarkan pengalaman.

1. Cloudflare DNS.

Cloudflare telah dikenal dengan infrastruktur pengiriman konten serta alat perlindungan dan mitigasi DDoS yang canggih. Namun, apakah Anda mengetahui bahwa layanan DNS Cloudflare secara konsisten menawarkan kecepatan yang luar biasa di seluruh dunia, mungkin bahkan menjadi yang tercepat dalam sejarah? Menurut laporan kinerja DNS, DNSPerf, Cloudflare terus menjaga posisinya sebagai penyedia DNS paling cepat, sebuah keunggulan yang layak dipertimbangkan dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya. 

Cara menggunakan DNS Cloudflare pernah kotanopan ulas pada artikel Cara Rubah DNS 1.1.1.1 Cloudflare Pada HP dan Laptop Terbaru

Cloudflare  DNS umum adalah 1.1.1.1, 1.0.0.1, jika anda ingin mengunakan DNS yang lebih aman dengan tambahan untuk malware dan pemblokiran konten dewasa gunakan saja 1.1.1.2/1.0.0.2 dan 1.1.1.3/1.0.0.3. Untuk informasi lebih jelas anda bisa melihat pada https://www.cloudflare.com/learning/dns/what-is-1.1.1.1/

 

6 Server DNS Gratis Terbaik Berdasarkan Pengalaman dan Fitur
6 Server DNS Gratis Terbaik Berdasarkan Pengalaman dan Fitur

Sebagai salah satu penyedia Server DNS Gratis Terbaik, Cloudflare menawarkan pengaturan Privasi yang luar biasa dibanding pesaingnya. DNS Cloudflare adalah sebuah jenis sistem domain name yang sangat populer yang dikembangkan oleh perusahaan Cloudflare. Layanan DNS Cloudflare berfungsi sebagai perantara antara pengunjung dan situs web yang mereka kunjungi. Berdasarkan informasi yang tersedia di laman resmi perusahaan, DNS Cloudflare telah ada sejak tahun 2008.

2. Open DNS.

Salah satu penyedia DNS pihak ketiga yang populer adalah OpenDNS.Saat ini, terdapat banyak layanan DNS, baik gratis maupun berbayar. Salah satu yang cukup dikenal adalah OpenDNS yang memiliki cukup banyak peminat. Open DNS di mana letak keunggulannya?

Penyedia DSN ini menyediakan versi gratis dan berbayar untuk para penggunanya. Sejak November 2016, layanan ini telah menjadi bagian dari Cisco. OpenDNS menawarkan empat tingkatan layanan yang berbeda, yakni OpenDNS Family Shield, OpenDNS Home, OpenDNS VIP Home, dan OpenDNS Umbrella Prosumer.




Dua layanan pertama, yaitu OpenDNS Family Shield dan OpenDNS Home, tersedia secara gratis. Kedua layanan tersebut memiliki fitur serupa, termasuk perlindungan terhadap pencurian identitas dan kontrol orang tua yang terintegrasi untuk setiap perangkat di rumah Anda.

6 Server DNS Gratis Terbaik Berdasarkan Pengalaman dan Fitur open DNS
6 Server DNS Gratis Terbaik Berdasarkan Pengalaman dan Fitur open DNS

 

Satu-satunya perbedaan yang signifikan adalah dalam hal pemfilteran yang dapat disesuaikan: Family Shield telah dikonfigurasi sebelumnya untuk router, komputer, perangkat pintar, dan server, sementara paket Home memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan 50 filter berbeda sesuai dengan preferensi mereka.

3. DNS Publik Google .

DNS Publik Google Layanan open DNS Google yang bernama Google Public DNS adalah salah satu layanan DNS yang sangat terkenal dan banyak digemari. Hal ini layak menempatkan mereka menjadi salah satu Server DNS Gratis Terbaik. Tentunya value dari nama Google sendiri sudah mendorong orang untuk memilih Google Public DNS dibanding pilihan DNS lainnya. Selain itu, DNS Google ini juga menawarkan layanan yang cepat dan stabil, dengan berbagai keuntungan seperti:

  • Memiliki server terdekat di mana pun Anda berada di belahan bumi
  • Google menyediakan layanan keamanan DNSSEC sebagai standar mereka.
  • DNS Google secara khusus bertujuan untuk melindungi pengunanya terhadap serangan Poisoning cache DNS .
Baca Juga:  Mengatasi VPN Diblokir dan Penyebab Website Memblokir VPN

4. DNSWatch berbasis Cloud.

DNSWatch adalah sebuah layanan berbasis Cloud yang menyediakan pemfilteran DNS tingkat lanjut untuk mendeteksi dan memblokir koneksi yang berpotensi berbahaya. Layanan ini bertujuan untuk melindungi jaringan dan karyawan dari serangan yang merugikan. Tim analis WatchGuard melakukan evaluasi terhadap setiap peringatan penting yang dihasilkan oleh DNSWatch, kemudian menyusun laporan yang mudah dipahami yang memberikan wawasan terperinci mengenai potensi infeksi.




Dalam keadaan di mana serangan menggunakan metode phishing seperti yang pernah kotanopan jelaskan pada artikel Pengertian Kejahatan Phising Internet Dan Bahayanya Bagi Kita dan seorang karyawan mengklik tautan yang mencurigakan, DNSWatch akan secara otomatis mengalihkan akses mereka dari situs yang berbahaya dan menyediakan sumber daya pendidikan tambahan tentang ancaman phishing. Hal ini membantu meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan karyawan terhadap praktik phishing yang berpotensi merugikan.

5. Quad9DNS

Quad9DNS adalah salah satu penyedia layanan DNS tercepat yang juga menyediakan layanan DNS recursive untuk memastikan akses internet yang aman bagi penggunanya. Quad9DNS memiliki server DNS di Indonesia, yang dapat memberikan akses internet dengan kecepatan yang optimal bagi pengguna di wilayah tersebut, sambil menjaga keamanan mereka.

Baca Juga:  Penyebab Printer Mencetak Halaman Kosong Serta Solusinya

Server DNS ini dilengkapi dengan fitur otomatis untuk memblokir berbagai jenis ancaman berbahaya, termasuk malware, phishing, spyware, dan bots. Setiap harinya, jutaan host berbahaya berhasil diblokir oleh Quad9DNS. Selain memperhatikan keamanan, Quad9DNS juga mengutamakan privasi para penggunanya. Mereka tidak menyimpan alamat IP pengguna pada sistem mereka, sehingga menjaga privasi dan anonimitas pengguna saat menjelajahi internet.

6.OpenNIC Server DNS 

OpenNIC adalah sebuah server DNS gratis yang mengalihkan lalu lintas internet Anda dari server DNS yang biasanya disediakan oleh penyedia layanan internet Anda. Salah satu fitur unik dari OpenNIC adalah kemampuannya untuk menawarkan server DNS yang berbeda tergantung pada lokasi Anda. Setelah Anda memilih untuk menggunakan OpenNIC, Anda akan diberikan daftar empat server yang paling dekat dengan lokasi Anda, baik untuk IPv4 maupun IPv6.

Yang membedakan OpenNIC dari penyedia DNS lainnya adalah fakta bahwa OpenNIC bukanlah sebuah entitas publik; melainkan merupakan sebuah kelompok sukarelawan yang menjalankan jaringan DNS alternatif.




OpenNIC menawarkan prinsip netralitas DNS, yang berarti bahwa mereka tidak memihak dalam mengarahkan lalu lintas internet Anda ke situs web tertentu. Namun, yang membuat OpenNIC lebih menonjol adalah kemampuannya untuk memungkinkan pengguna untuk memilih sejauh mana data mereka dicatat oleh OpenNIC. Ini memberi pengguna lebih banyak kendali terhadap privasi mereka saat menggunakan layanan DNS ini.

Baca juga:
Cara Membuat E-mail Google lewat HP, Cara mudah Daftar Gmail
Bahaya Virus Trojan Malware Dengan ekstensi “.Rename” dan solusinya
Fungsi Usb Wifi Adapter jenis Dan cara Mengunakanya di PC

Kesimpulan;

Berbagai penyedia Server DNS Gratis Terbaik yang sudah kotanopan rangkum diatas, tentu memiliki kekurangan dan kelebihanya masing-masing. Penting bagi kita untuk menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Tidak perlu memaksakan diri dengan layanan yang mungkin tidak kita butuhkan kedepanya.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 2 =