11 Cara Perbaiki laptop lambat loading Windows 10 dan 11

Cara Perbaiki laptop lambat loading Windows 10 dan 11

Kotanopan.com. 11 Cara Perbaiki laptop lambat loading Windows 10 dan 11. Untuk pengguna windows tentu mulai tidak asing dengan windows 11. Operasi sistem terbaru besutan Microsoft. Dengan tambahan-tambahan fiur yang semakin lengkap dan canggih untuk menunjang kebutuhan pekerjaan dan hiburan. Meskipun demikian ada banyak orang yang sering mengeluh meengenai laptop  yang lambat loading pada Windows 10 dan 11 ini.

lantas bagaimana agar laptop windows bisa lebih cepat? kali ini admin akan membahasnya dalam artikel ini. Berdasarkan pengetahuan dan penggalaman tentunya. Sehingga menjadikan loading Windows 10 dan 11 lebih cepat, kencang dan responsif digunakan untuk pekerjaan dan hiburan.

11 Cara Perbaiki laptop lambat loading Windows 10 dan 11

1. Hentikan Start Up Program.

Ada beberapa Program yang akan berjalan otomatis ketika Windows di hidupkan, hal ini membuat kemampuan Laptop menjadi berkurang sehingga di perlukan langkah untuk Hentikan Start Up Program. beberapa Contoh start Up program yang bisa dihentikan misalnya “printer Monitor” Broswer asistan dan auto Update Peramban. serta beberapa Program yang sebenarnya jarang diperlukan.

Cara Perbaiki laptop lambat loading Windows 10 dan 11
Cara Perbaiki laptop lambat loading Windows 10 dan 11

2. Hapus Ekstensi Tidak perlu.

Hapus Ekstensi Tidak perlu juga bisa mempercepat kinerja laptop, biasanya Ekstensi akan ikut di peramban Baik Chrome ataupun firefox. Meskipun terlihat sepele namun nyatanya Ekstensi bisa membuat laptop lambat loading Windows 10 dan 11 saat berselancar di Internet.

3. Matikan Update Windows.

Pada windows 11 dan 10 kita tidak bisa mematikan Update secara permanent. namun setidaknya kita bisa mematikan selama beberapa minggu kedepan. kemudian memperpanjang waktu mematikan Update Windows.  Meskipun terlihat sederhana namun langkah ini bisa membantu agar kinerja Laptop lebih cepat saat loading.

4. Gunakan anti virus yang ringan.

Meskipun Windows 10 sudah memiliki perlindungan bawaan yang disebut Windows Defender, namun beberapa orang lebih memilih mematikan fitur bawaan ini dan menggunakan antivirus lainya yang lebih ringan. Salah satu Contoh Antivirus yang bisa dipakai adalah Eset. Kotanopan sendiri menggunakan Eset dan lebih memilih menonaktifkan defender.

Jika anda merasa harga eset antivirus terlalu mahal, tidak ada salahnya mengunakan Trial yang bisa diperpanjang setiap bulan dengan e-mail baru. Untuk membuat banyak e-mail bisa gunakan cara yang kami tulis di Cara Membuat 500 E-mail Sementara Dengan Yahoo Mail. Sehingga setiap bulan anda tidak perlu memperbaharui dan membuat E-mail baru.

Baca juga:
8 Cara Mengembalikan Kursor Laptop Yang hilang pada Windows
Memperbaiki laptop tidak Bisa tersambung ke wifi
Cara Uninstall Aplikasi Di Laptop Windows 7 10 dan 11

5. Scan Komputer Dengan Antivirus.

Setelah anda memiliki Antivirus maka saatnya melakukan scan pembersihan dengan antivirus tersebut. Silahkan lakukan Pemindaian lengkap, agar file-file virus bisa benar-benar bersih dari laptop. 11 Cara Perbaiki laptop lambat loading Windows 10 dan 11 dengan antivirus terkadang diperlukan untuk memastikan tidak ada malware atau virus yang bersarang di Laptop.

6. Hapus Program Tidak perlu.

Beberapa program yang memang sudah tidak digunakan sebaiknya digapus dengan uninstal. Seperti juga android, terkadang sebuah program di Windows juga berjalan dilatar belakang dan bisa jadi membuat laptop menjadi lambat saat loading.

7. Defrag Hard Disk

Defragmenting biasa digunakan untuk membersihkan dan Menata hard disk pada windows. Cara Perbaiki laptop lambat loading Windows 10 dan 11 dengan men-defrag Hard Disk dapat dilakukan dengan Pilih menu Start atau tombol Windows, pilih Control Panel, lalu System and Security. Di bawah Administrative Tools, klik Defragment your Hard Drive. Pilih pada drive C dan D untuk melakukan defrag sistem. kemudian tunggu sampai proses selesai.




8. Tambah RAM pada Laptop.

Cara ini tergolong cukup efektif jika anda menambah RAM dalam jumlah yang cukup besar, Misalnya anda sebelumnya memiliki RAM 2GB kemudian menambah 4 GB sehingga menjadi 6 GB. Atau membeli 1 RAM 8GB. Maka Kecepatan laptop akan naik cukup signifikan.  Namun jika anda hanya menaikan RAm 2x dari sebelumnya biasanya tidak akan ada banyak perubahan pada kecepatan Perangkat.

9. Gunakan SSD

Mengganti hard Disk pada laprop dengan SSD juga adalah cara yang cukup efektif, karena kecepatan SSD jauh berbeda dengan Hard Disk. Selain itu anda juga akan mendapatkan performa yang lebih baik. Karena SSD tidak memiliki komponen bergerak seperti HDD, SSD juga lebih tahan terhadap guncangan fisik dan cenderung stabil. Anda bisa belajar daranya pada artikel Cara Upgrade laptop lama Dengan SSD dan RAM resikonya? Umumnya laptop Keluaran tahun 2015 Ke atas sudah mendukung SSD Sata 2.5Inc. Sehingga menggunakan SSD pada laptop adalah pilihan tepat.

 

10. Instal Ulang Laptop.

Instal Ulang laptop juga bisa dipertimbangkan sebagai 11  Cara Perbaiki laptop lambat loading Windows 10 dan 11. Namun tentu saja anda akan kehilangan program yang sudah ada. Selain itu cara ini umumnya akan menghapus semua data di Drive C anda. Maka pastikan melakukan Backup pada data-data penting sebelum Instal Ulang Laptop.

11. Putuskan dari Internet.

Jika anda terhubung ke Internet maka coba putuskan sementara laptop dari Internet untuk melihat apakah laptop berjalan lebih cepat. Jika laptop berjalan cepat tanpa Internet maka periksa apakah ada program latar belakang yang berjalan tanpa anda ketahui, Biasanya Malware Virus akan menggunakan internet untuk mengirim data kita atau mengambil Iklan notifikasi.

Kesimpulan.

11 Cara Perbaiki laptop lambat loading Windows 10 dan 11 diatas bisa anda coba dan lakukan sebelum memutuskan mengganti laptop atau membeli laptop baru, Karena laptop keluaran terbaru saat ini juga sudah banyak menggunakan windows 11.

 

Author: Mr. wics

1 thought on “11 Cara Perbaiki laptop lambat loading Windows 10 dan 11

  1. Aku lebih seringnya install laptop kalau udah lola. Tapi kali ini masih bertahan dipakai krna lolaknya gak terlalu. BTW tipsnya bermamfaat banget bagi yg ngalamin ini, thanks kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 16 =