Setting CPE 220 Agar Jangkauan dan Pancaran Lebih Jauh

Setting CPE 220 Agar Jangkauan dan Pancaran Lebih Jauh

Kotanopan.com. Rasanya memang tulisan ini perlu juga saya upload, karena cara Setting CPE 220 Agar Jangkauan dan Pancaran Lebih Jauh masih menjadi kendala bagi beberapa penguna Produk TP-link yang serba guna ini. 🙂
Meskipun kemarin saya juga sempat bahas tentang cara mudah setting CPE 220 di artikel sebelumnya,
Silahkan baca di 5 langkah Cara Mudah Setting CPE220 Sebagai AP Client Router Penangkap Dan penyebar Wifi .
Maka sekarang akan kotanopan coba Untuk cara optimasi atau memaksimalkan daya tangkap dan tembak Tp link CPE 220 ini. Mohon dicatat, ini adalah hasil Uji di daerah yang pernah admin coba sendiri di kotanopan, jadi artikel ini murni 100% hasil uji coba, bukan mengarang bebas.
Daerah kotanopan sendiri pepohonan masih banyak, dan rumah tidak banyak yang bertingkat. Namun semoga bisa menjadi sedikit gambaran Kelebihan dan kelemahan TP link CPE 220 ini.



NOTE: Antena Cpe 220 kami berada pada ketinggian sekitar 6 meter tiang Tembok 2 meter + 4 meter Bambu dan alumunium.

oke sebelum setting silahkan masuk ke panel CPE di http://192.168.0.254/
Sebelum anda memulai langkah setting tingkat lanjut ini sebaiknya anda baca panduan dasar CPE 220 yang sudah admin tulis sebelumnya di Sini agar memudahkan nantinya.
Pada Operation Mode: Pilih AP Client Router , penangkap dan penyebar sinyal wifi
Baca juga:Cara Merubah Nama SSID Pada USB Xiaomi Wifi Repeater Versi 2 dalam 6 langkah

  1. Region :CHINA agar kita bisa menaikan DB hingga 30DB maksimal, sehingga jarak jangkau dan tembak menjadi lebih jauh.(jangan Pilih TEST MODE karena tidak stabil)
  2.  Mode Pilih yang paling lengkap: 802.11B/G/N, Beberapa orang menyarankan agar mengunakan Mode B, G, N atau BG saja. Tapi saya tidak merekomendasikan, karena ini adalah Protokol penyambungan wifi.
    Jadi jika perangkat ada yang hanya mendukung N saja, dan tidak bisa tersambung dengan mode B atau G. maka perangkat tersebut tidak akan bisa tersambung. Jadi gunakan Mode terlengkap yaitu  802.11B/G/N,
    Baca juga:

    Cara membatasi Bandwidth TX Modem Speedy Huawei HG8245H Tanpa Mikrotik.

  3. : Pilih 20/40Mhz Multi frez, ini lebih flexibel nantinya, dan lebih mudah dan pengunaan.
  4.  : Pilih MCS 13  216/240Mbps, ini adalah Nilai batas kecepatan Nantinya, tidak perlu memilih 300 MHZ karena internet di daerah kita juga sangat jarang ada yang sampai 300Mbps. Jadi saya sarankan gunakan saja 216/240Mbps. Karena semakin tinggi Nilai setingan ini akan berpengaruh pada daya jangkau dan pancar CPE 220 nantinya.
  5. : Pilih saja 26 atau 28 DB. kenapa tidak 30 DB? karena pada mode 30 DB tidak stabil dan perangkat HP /laptop kadang bisa hilang sinyal dan muncul lagi.
    Lalu Pencet Aplly dan save.
    jika anda bingung silahkan lihat gambar di bawah:

    Setting CPE 220 Agar Jangkauan dan Pancaran Lebih Jauh
    Setting CPE 220 Agar Jangkauan dan Pancaran Lebih Jauh

lalu bagaimana hasil settingan yang saya buat? Isnya Allah tidak mengecewakan.
baca juga:Bahaya VPN Kekurangan Dan Kelebihan VPN, Baca dulu sebelum Mengunakan VPN

Setting CPE 220 Agar Jangkauan dan Pancaran Lebih Jauh
Setting CPE 220 Agar Jangkauan dan Pancaran Lebih Jauh

Baca juga:Cara Membatasi akses internet dan blokir web pada modem HG8245H

1. Warna Hijau adalah Modem HG8245H bawaan Indihome , jarak 160 Meter, letak modem ada di bawah, rumah tembok dan jarak antara CPE dan rumah tidak ada halangan berarti karena hanya ada 3 rumah pendek dan selebihnya sawah, mendapat Sinyal 13DB (kalau dipake internetan nyut-nyutan putus nyambung).

2 Kuning Jarak 80 meter modem HG8245H juga, terletak di agak kebawah, penghalang sangat banyak semua adalah rumah beton + 3 rumah tingkat.Sinyal 10 DB.

3. Merah Adalah CPE 210 jarak sekitar 268-270 meter, ketinggian tiang 15 meter posisi cpe 210 adalah serong menurun (tidak berhadapan langsung dengan cpe 220), penghalang adalah 1 Gedung bertingkat dan selebihnya pohon yang tidak seberapa banyak, pohon kelapa, paling sekita 5-6 batang. Letak CPE 210 ini memang berada di tanah yang lebih Tinggi. sehingga bisa di bilang hanya gedung saya penghalangnya. sinyal 30B , dipakai internetan stabil dan bagus.

4. Coklat Modem HG8245H jarak 60 Meter, letaknya pas lurus dengan antena CPE 220 Penghalang tidak ada, karena antara antena CPE dan rumah memang tidak ada bangunan tinggi, Sinyal 28DB untuk internetan stabil.
Silahkan lihat gambar dibawah untuk lebih jelas tentang hasil Setting CPE 220 Agar Jangkauan dan Pancaran Lebih Jauh

Setting CPE 220 Agar Jangkauan dan Pancaran Lebih Jauh
Setting CPE 220 Agar Jangkauan dan Pancaran Lebih Jauh

Uji coba test jarak TPlink CPE 220 ini dilakukan sore hari sekitar pukul 17.000WIB.
Karena saya pernah ujicoba alat ini pada jam 2.00WIB malam, bahkan modem HG8245H yang jaraknya sekitar 500 Meter disisi belakang alat masih terbaca meskipun hanya sekitar 10 DB (jarak Lost hanya penghalang sawah dan rumah pemilik modem).



Lalu diuji juga pada jam 02.00 WIB juga, pernah bisa membaca Sinyal CPE 220 Tp-link yang berjarak Sekitar 850 meter, ketingian antena target adalah sekitar 20 meter dari tanah, karena kebetulan rumahnya 2 lantai atau tingkat, sinyal saat itu terbaca sekitar 13DB, 850 Meter tersebut memang memiliki banyak penghalang, mulai dari pohon hingga rumah, meskipun tidak seberapa karena daerah kami jarang rumah tinggi. Menurut admin jika di optimalkan maka sinyal DB dan SNR point to Point CPE 220 ini sinyalnya akan cukup baik juga.

Karena kelemahan CPE 220 ini menurut saya adalah, kalau hujan kadang sinyal turun, kalau siang juga sinyal gak maksimal, mungkin ter-itervensi sinyal lainya.

Sepertinya artikel ini belum lengkap ya, karena saya belum Mambahkan:
Sejauh mana Daya Pancar CPE 220 dengan settingan diatas
oke akan sedikit saya ceritakan, kebetulan saya mengunakan beberapa perangkat yang memang kualitas penangkapan sinyalnya juga berbeda-beda.

Untuk area arah Depan Cpe 220 sinyal dapat di tangkap oleh HP dengan jarak hingga 100-110 meter dengan kondisi perumahan pendek 70 meter + selebihnya perumahan bertingkat.
Untuk area Lost tidak ada / atau hanya penghalan beberapa pohon saja maka sinyalnya bisa ditangkap hingga 250-260 Meter dengan posisi ketinggian sama (hp berada di bukit yang agak tinggi)
Pada jarak yang saya sebutkan diatas, sinyal terbaca 1-2 Bar dengan kecepatan minimal untuk mutar youtube agak delay tapi hanya 5-10 detik buffernya setiap 1 menit.



pengujian ini dilakukan pada siang hari, karena memang saya juga sering jalan-jalan naik sepeda di sekitar area sini, jadi saya cukup tahu bagaimana keadaan sinyal dan jangkauanya. Karena untuk Wifi utama saya mengunakan Huawei E5577 4G yang pernah saya ulas di Review Modem Huawei E5577 Mifi 4G Penyebar Wifi Portabel Yang Serbaguna
Menurut saya, jika ketinggian tiang saya naikan hingga 10-15 Meter diatas tanah maka sinyal akan lebih bagus lagi, apalagi jika kita menangkap dengan USB xiaomi Repeater yang juga pernah saya tulis di
Review Xiaomi USB Amplifier Range Extender Repeater Wifi Xiaomi V2
Jadi untuk anda yang mungkin mencari Penangkap dan pemancar Wifi atau repeater Wifi maka TP link CPE 220 patut dan layak masuk ke daftar pilihan anda.

Author: Mr. wics

16 thoughts on “Setting CPE 220 Agar Jangkauan dan Pancaran Lebih Jauh

  1. Oya sob untuk trouble cpe 220 yang biasa terjadi seperti apa ?
    Soalnya saya jg mau ganti si ijo dr china jg sering trouble
    Klo jarak jauh saya blum nyoba tp bagus jg nih perlu dicoba

    1. Karena kelemahan CPE 220 ini menurut saya adalah, kalau hujan kadang sinyal turun, kalau siang juga sinyal gak maksimal, mungkin ter-itervensi sinyal lainya.
      Sama mungkin minimal sehari sekali di restart ya. tapi kalau unt daerah kotanopan gak perlu karena hampir setiap hari ada listrik padam meskipun cuma beberapa detik, 😀

  2. untuk pengguna jaringan wifi baik pemancar dan pengguna wajib baca ini , saya sendiri belum pernah menggunakan fasilitas jaringan CPE 220 Mas….

    Cara ok juga ya,?

    1. yuupp. Dicoba aja gan, saya unt kantor / komplek sekolah dan pemancar di kampung2 masih pakai ini seh, karena harga lumayan murah, kualitas juga oke.

    1. work gan, saya udah buktikan sendiri di banyak CPE untuk cara Setting TP link CPE-220 Agar Jangkauan dan Pancaran Lebih Jauh ini efektif, bahkan untuk komplek perkantoran, RT/RW net dan sekolah di daerah kotanopan, Kab. Mandailing Natal. yang perlu diperhatikan adalah letak ketinggian dan penghalang yang seperti saya tulis diatas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *