Terminal Kotanopan Mandailing Natal Sumatera Utara

Kotanopan.com, Terminal Kotanopan Mandailing Natal Sumatera Utara adalah terminal kecil yang terletak di kecamatan kotanopan, atau tepatnya di sebelah depan Pasarkotanopan Mandailing natal.
Adalah sebuah terminal yang memang hanya menerima mobil-mobil setingkat angkutan kota roda empat. Untuk Bis kecil tidak pernah masuk.

Selama saya di sini terminal kotanopan telah mengalamai 1 kali pembangunan yang cukup aktif, meskipun sampai saat ini Terminal ini terkendala pelebaran karena bersebelahan dengan Gedung Mess Pemda Kotanopan salah satu bangunan bersejarah di sini, sebelah belakang berbatasan dengan gedung kejaksaan dan rumah tahanan alias penjara. Menurut saya, terminal ini lebih kepada tempat parkir kendaraan daripada tempat menaik turunkan penumpang, karena mayoritas penumpang lebih memilih turun di depan terminal ataupun di area pasar kotanopan sendiri.




Ditambah fasilitas terminal yang standarlah, ada Mushola dan kamar mandi / toilet kecil di belakang pasar yang kurang terawat, letaknya persis di samping kantor UPT dishub DLLAJR kotanopan. atau di seberang berhadapan dengan beberapa kios ruko yang kebanyakan kosong, karena terminal ini memang sebenarnya sepi,  lebih kepada tempat parkir kendaraan para pedagang yang berjualan di pasar saja yang biasa parkir mobilnya di sini.
buat anda yang suka makan bakso, silahkan mampir ke warung Bakso langanan admin di
Warung Mie Ayam Bakso Podo Moro H. Wardi Kotanopan

Mushola Toilet dan Kantor UPT dishub terminal kotanopan
Lampu penerangan tenaga Matahari,

Yang menarik dari Terminal kotanopan salah satunya adalah Lampu penerangan tenaga Matahari, dimana seperti yang sempat saya tulis tentang daerah kotanopan ini sangat sering sekali mati lampu. Sehingga ketika malam dan listrik padam, beberapa area di Terminal kotanopan ini akan tetap terang tentunya.

Baca Juga: Taman Refleksi Di UPT Puskesmas Kotanopan Mandailing Natal

Tugu Pahlawan Kotanopan

Terdapat juga salah satu situs bersejarah yang letaknya didalam kompleks terminal yaitu Tugu Pahlawan Kotanopan, yang berada di depan atau pinggir jalan lintas sumatera Utara.

Demikian sedikit informasi tentang Terminal Kotanopan Mandailing Natal Sumatera Utara

Author: Mr. wics

42 thoughts on “Terminal Kotanopan Mandailing Natal Sumatera Utara

  1. Dulu tahun 2000 saya pernah di Mandailing ini 1 bulan mas tapi gak tahu kalau Kotanopan ini ada disana karena waktu itu hanya fokus kerja saja, barulah kalau hari minggu bisa jalan-jalan… Hehee

  2. Walah sob bersih lingkungan terminal nya tidak banyak sampah berserakan
    Terminal percontohan harus nya ini
    Terutama angkot nya rapih rapih berjejer bagus sekali

  3. Sama nih. Di sini juga ada terminal yang lebih untuk parkir kendaraan.
    Wah… Kerennya juga pakai listrik tenaga matahari.
    Lebih hemat juga kayaknya ya Kak?

    Terima kasih dan salam.

  4. kalo lampu penerangan sudah pakai tenaga matahari berarti lebih ramah lingkungan ya, karena saya liat di film dokumenter “sexy killers” akibat penambangan batu bara untuk kepentingan listrik tenaga uap banyak korban-korban jiwa.

    udah saya follow blognya mas, mohon di follow balik supaya ke depannya bisa saling bersilaturahmi 🙂

  5. Kotanopan itu nama daerah to gan… wah aku baru ngeh…
    sepertinya infrastrukturnya masih berbenah ya gan…
    semoga semakin maju tanpa meninggalkan kebudayaannya…
    ciri khas bangunannya, khas sekali… keren gan

  6. Keren banget tuh pakai listrik energi matahari, dulu di beberapa daerah terpencil sempat booming listrik tenaga surya ini.
    Tapi sejak listrik menjangkau semua daerah, perlahan namun pasti listrik tenaga surya dilupakan 🙂

      1. iya om, investasi awal lebih mahal kalau tenaga surya, tambah lagi lahanna. kira2 untuk tagihan Rp10.000/ 1 bulan kita perlu tanah 1 meter persegi, (900 non subsidi ya)
        klo sebulan 300 ribu ya 30 meter perlu

  7. wah terminalnya bagus dan rame ya gan,, banyak banget angkutan yang stand by disana, semoga makin rame terminalnya karena angkutan umum saat ini penting banget untuk mobilitas masyarakat ya gan 😉

  8. di daerah ane ada bangunan terminal tapi mati gan, kalah sama warung makan di depan terminal yang rame tiap hari buat transit bus malam 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − 13 =