Mengatasi printer epson l3110 lampu tinta dan kertas berkedip

Mengatasi printer epson l3110 lampu tinta dan kertas berkedip

Kotanopan.com. Printer Epson L3110 adalah salah satu printer murah meriah dengan fitur lengkap. Cocok digunakan untuk kantor ataupun pribadi. Jika tiba-tiba printer epson l3110 lampu tinta dan kertas berkedip bersamaan dipastikan pencetak ini tidak bisa digunakan untuk mencetak apapun, karena ada kesalahan pada perangkat ini. Lantas bagaimana Cara Mengatasi printer epson l3110 yang macet disertai kedua lampu tinta dan kertas berkedip? Mari kita bahas, namun sebelumnya pastikan printer dalam keadaan mati dan kabel power tercabut:

Mengatasi printer epson l3110 lampu tinta dan kertas berkedip
Mengatasi printer epson l3110 lampu tinta dan kertas berkedip

1. Periksa Kapasitas Tinta:

Pastikan jumlah tinta pada tabung pengisian masih cukup banyak atau setidaknya masih sekitar 50%, karena Tinta yang habis bisa menjadikan printer rusak dan macet disertai lampu berkedip bersamaan. Jika hal ini baru pertama kali terjadi lakukan Restart Pada printer dengan mencabut kabel powernya.

2. Periksa Dudukan kertas Belakang.

Jika pada bagian belakang printer atau tempat masuknya kertas ada benda asing masuk dan mengakibatkan Roller macet maka printer akan memberitahu kita dengan indikasi lampu berkedit dan macet. Coba ambil semua kertas di Tray atau tempat masuk kertas. Lalu lihat bagian dalam atau senter apakah ada benda asing masuk? seperti Pena, Pensil? Ballpoint atau bahkan serpihan dan sobekan kertas? Jika ada segera cabut power listrik printer dan ambil benda asing tersebut. Potongan kertas atau benda asing menyebabkan Gear atau Roller Kertas Macet sehingga
Lampu tinta, dan kertas Epson L3110 akan menyala berkedip bersamaan.

3. Periksa Celah depan Printer.

Lampu printer epson l3110 yang berkedip keduanya juga bisa disebabkan karena ada benda menyangkut di bagian depan, atau tempat keluarnya kertas. Coba buka penutup bagian depan kemudian periksa apakah ada benda melilit ke bagian Roller atau menghalangi pergerakan Catridge Tinta? jika ada plastik atau apapun benda asing yang tertingal segera bersihkan dan ambil. Terkadang tumpahan tinta juga mengakibatkan terjadinya konslet yang memicu munculnya masalah Printer l3110 lampu tinta dan kertas berkedip bersamaan.




4. Masalah pada Sensor kertas L3110.

Jika sebelumnya anda mengalami kertas macet kemudian menarik kertas secara paksa hal ini terkadang menjadi masalah. Terutama jika anda menarik kertas macet ke arah belakang. Tarikan arah belakang cenderung menimbulkan Masalah pada Sensor kertas L3110, kenapa demikian? karena sensor kertas memiliki pegas atau Perr yang terkadang lepas jika kita menarik paksa kertas macet ke arah belakang. Periksa apakah sensor kertas lepas? ataukah sudah tidak pada tempatnya? Contoh sensor keras ada dibawah. Jika sensor terlihat miring atau tidak pada tempatnya maka printer tidak akan menarik kertas dan kedua lampu menyala.

Baca juga:
Perbaiki Printer L5920 Kode E02 Kesalahan Pemindai
Cara Cleaning Printer L5190 Memperbaiki Hasil cetak Bergaris
Perbaiki Printer Epson L360 Lampu Power Tinta Dan Kertas Berkedip

Mengatasi printer epson l3110 lampu tinta dan kertas berkedip karena sensor Kertas lepas
Mengatasi printer epson l3110 lampu tinta dan kertas berkedip karena sensor Kertas lepas

5. Masa Pakai Bantalan Tinta Berakhir.

Lampu berkedip pada epson L3110 serta tulisan Masa Pakai Bantalan Tinta Berakhir atau dakwat. Adalah kesalahan umum, hal ini disebabkan karena tampungan tinta pada printer sudah penuh. Untuk memperbaikinya kita cukup melakukan reset dan bersihkan tampungan pembuangan dibagian belakang printer.

Reset saja mungkin akan menyelesaikan masalah ini, namun Pembersihan pembuangan tinta juga diperlukan untuk memastikan bahwa nantinya tidak ada tinta yang meluber dan mengenai komponen lainya sehingga mengakibatkan kerusakan lebih parah pada printer seperti rusak dinamo atau bahkan motherboard konslet.




6. Kerusakan Pada Kabel Flexibel.

Umumnya kerusakan pada kabel flexibel printer L3110 terjadi pada kabel Scannernya. Kerusakan sambungan ke pemindai atas membuat sistem tidak berjalan dan memunculkan kesalahan dengan ditandai kedua lampu berkedip. Bisa juga kerusakan kabel terjadi pada bagian penghubung antara motherboard dan catridge printer.

7. Head Cartridge Rusak.

Selain kerusakan diatas, konslet pada Head Cartridge juga bisa membuat printer gagal berfungsi. Untuk memastikanya coba buka bagian depan printer lalu perhatikan apakah ada tinta basah membanjiri bagian roller, Head Cartridge pita dan bagian-bagian lainya. Jika ada maka anda harus membongkar dan mengeringkan Printer sampai benar-benar kering untuk memperbaiki kedua lampu printer epson l3110 berkedip karena banjir tinta.

Mengatasi printer epson l3110 lampu tinta dan kertas berkedip
Mengatasi printer epson l3110 lampu tinta dan kertas berkedip

8. Mengatasi Printer L3110 Tidak keluar tinta.

Setelah Cara Mengatasi printer epson l3110 lampu tinta dan kertas berkedip diatas di coba dan berhasil, namun Printer L3110 Tidak keluar tinta baik hitam ataupun berwarna. Lakukan langkah dibawah untuk mengatasinya. Lakunan Cleaning Manual tanpa komputer.
Cara Cleaning Printer Epson L3110 Otomatis dan Tanpa Komputer ini kita cukup menekan tombol logo Segitiga lama sekitar 10-25 detik hingga lampu indikator berkedip dan printer bergerak atau bersuara, kemudian lepaskan. Kemudian kita tunggu beberapa saat hingga lampu sudah tidak berkedip lagi serta printer berhenti bergerak.
Untuk melakukan cleaning pembersihan dengan komputer dan cara lebih lanjut sudah kotanopan siapkan di artikel Cara Cleaning Printer Epson L3110 Otomatis dan Tanpa Komputer yang bisa disimak tentang beberapa cara dan tahapan Mengatasi Printer L3110 Tidak keluar tinta atau hasil cetak berharis-garis.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − sixteen =