Penyebab yang kadang membuat Aliran Listrik Kotanopan sering Padam

Beberapa Hal Yang Membuat Aliran Listrik Kotanopan sering Padam, Siapa seh yang gak jengkel kalau tiba tiba listrik padam? apalagi waktu sedang nonton TV ataupun bahkan ketika mau tidur dan tanpa diduga listrik padam, padahal kalau kita tidur merem, mau lampu nyala ataupun hidup ya tetep aja gelap.
Oke dan kebetulan daerah kotanopan ini sering Padam dan hidup secara mendadak, penyebabnya bisa karena Faktor alam, ataupun ulah tangan manusia sendiri, iya ulah manusia. Contohnya beberapa hari yang lalu ketika tiba-tiba listrik padam saat pagi menjelang siang. Setelah saya tunggu kira-kira beberapa menit, kok tidak nyala??. Segera saya WA teman yang bekerja di PLN Rayon Kotanopan Mandailing Natal sumatera Utara dan jawabanya cukup membuat admin kaget, “satu Tiang Listrik Tumbang”, Whaat???
cuaca cerah gk ada angin-angin ribut gak ada gempa longsor kok bisa tiang patah dan tumbang?

Setelah mengkonfirmasi informasi dan Kebetulan TKP tiang tumbang engak jauh-jauh amat dari kotanopan, Segera saya cek jadwal ada waktu luang 2 jam yang bisa di manfaatkan untuk melihat kenapa siang bolong gini tiang PLN bisa tumbang.
dengan berjalan pelan tidak sampai 80km/jam akhirnya saya sampai juga di TKP, dan memang ada tiang patah dan sudah rebah dijalan. Tampak beberapa petugas lapangan sedang melakukan pekerjaan mereka. Sepertinya teman-teman petugas lapangan sudah tahu tujuan admin kesana, kebetulan beberapa diantara mereka kenal sama saya,
Dengan sigap salah seorang mendekat dan berkata “Tiangnya jatuh, karena kabel penahan dipotong orang”. “Whhat?????” kata Admin (dalam hati tapi ya hehehe….),

Setelah berbicara sejenak dengan mereka, dan mendapat Informasi bahwa kemungkinan listrik baru akan nyala nanti malam, admin melihat tiang yang tumbang dan memang benar-benar patah,
Yang membuat saya penasaran adalah, “kenapa ada orang yang sebegitu Isengnya, memotong tali penahan tiang, Hingga akhirnya tiang PLN bisa patah dan akhirnya listrik 2 Kecamatan Sampai perbatasan Sumatera utara dan Sumatera Barat bisa padam?, apa kira-kira motifnya?”

Tiang Tumbang penyebab listrik padam di Kotanopan
lubang galian 2 meter untuk tiang baru
Petugas PLN kotanopan sedang memperbaiki instalasi listrik

Pada kesempatan itu saya juga sempat melihat-lihat peralatan Teman-teman PLN Rayon Kotanopan, Peralatan cukup lengkap meskipun beberapa sudah terlihat tua dan mungkin waktunya Di remajakan, karena untuk tingkat ganguan listrik di kotanopan ini tergolong sering hampir bisa dipastikan dalam 1×24 jam akan terjadi pemadaman minimal 1x, meskipun kadang padam hanya 1-2 menit. Mungkin karena Pengaruh kabel telanjang juga ya?



Tiba-tiba HP saya bunyi, eh,,, tidak terasa sudah 2 jam saya disini, dan tiba saatnya melanjutkan pekerjaan yang lain. Pesan saya buat teman-teman semua, tolong jangan iseng dengan fasilitas publik, apalagi jika berkaitan dengan listrik, efeknya bisa parah. Untung dalam hal ini tidak ada korban jiwa, hanya listrik padam selama sehari, karena menyala juga malam hari sekitar pukul 19.30 WIB, kalau misalnya ada mobil tertimpa tiang yang jatuh? bisa–bisa nyawa melayang.

Author: Mr. wics

10 thoughts on “Penyebab yang kadang membuat Aliran Listrik Kotanopan sering Padam

  1. Iseng kali orang yang potong tali penahan tiang. Jangan-jangan ada yang mau bikin prank, tapi gak tau efeknya separah itu. Untung cepat diatasi, jadinya bisa mendapatkan listrik kembali

    1. iya om, isengnya keterlaluan memang,
      saya malah sempat mikir “jangan-jangan kabel penahanya mau di curi terus dijual kiloan” hahaha

  2. Jadi, tiang listrik tumbang karena kabel penahan dipotong orang? Kurang kerjaan, kali ya. Yang seperti ini nih yang harus masuk rehabilitasi.

  3. Kenapa ada orang yang seiseng itu ya? Tapi, kalau iseng kenapa parah sekali isengnya? Yang memotong kabel baik-baik saja?

    Masih penasaran siapa tersangka dan motifnya apa? Aduh… Apa dia iri karena nggak bisa pakai listrik atau belum bayar listrik?

    Aduh, makin kepo deh. Penasaran lho. Se-iseng-isengnya orang, aneh saja bisa sampai kayak gitu.

    1. iya om, saya aja sempat heran juga lho,
      biasa cuma lempar ranting ke kabel, eh ini ada yg niat bener potong kabel penahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *