Ciri penipuan Dan Cara Mencegah Penipuan modus Suara Mirip

Ciri penipuan Dan Cara Mencegah Penipuan modus Suara Mirip

Kotanopan.com. Saat ini Penipuan modus Suara Mirip dengan orang yang kita kenal sudah cukup marak terjadi. Penipuan suara ini dibuat sedemikian rupa agar korban percaya bahwa suara tersebut benar-benar berasal dari orang yang kita kenal. Modus penipuan seperti ini dikenal sebagai Voice Phishing. Ini adalah bentuk penipuan yang menggunakan rekayasa sosial untuk memalsukan identitas orang yang kita kenal sebelumnya.Tentu saja maksud mereka adalah untuk mendapatkan informasi pribadi atau data dari korban. Ciri penipuan Dan Cara Mencegah Penipuan modus Suara Mirip, akan kotanopan bahas kali ini.

Memiliki suara yang terkadang sangat mirip dengan aslinya, kloning suara diciptakan menggunakan teknologi AI yang disebut audio deepfake. Alat-alat seperti ElevenLabs memungkinkan hal ini terjadi. Dengan bantuan kecerdasan buatan yang menggabungkan teknik generatif dan sintesis suara tertentu, kloning suara dapat meniru dengan sangat baik emosi, suasana, bahkan intonasi nada, dan bahkan ekspresi tertentu.




Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa saat ini penjahat menggunakan aplikasi pengubah suara yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI) untuk menjalankan modus ini. Aplikasi semacam itu cukup banyak tersedia secara gratis di internet. Dengan bantuan teknologi AI, para penipu akan memalsukan suara asli seseorang hanya dengan memiliki sampel rekaman suara yang hendak di kloning.

Meskipun teknologi saat ini cukup canggih namun Ciri penipuan Dan Cara Mencegah Penipuan modus Suara Mirip masih bisa di identifikasikan.

Kotanopan pernah membahas cara kerja penipuan seperti ini melalui artikel yang kami tulis sebelumnya di Mengulas Fakta kejahatan Penipuan lewat telepon phone Fraud ataupun Scam,Yang membahas trik psikologi, trik perasaan dan empati yang digunakan para penipu. Umumnya penipu menakut-nakuti orang tua anak / korban dengan kemungkinan-kemungkinan terburuk yang akan terjadi jika keinginan penipu tidak di turuti secepat mungkin. Jika tidak dituruti, maka akan memberikan efek yang jauh lebih buruk lagi kedepanya. Mereka mengunakan sifat dasar manusia / orang tua dalam hal ini.

Penipuan modus Suara AI, dapat di identifikasi dengan

  • Urgensi: Penipu akan berusaha meyakinkan Anda bahwa ada ancaman atau bahaya yang memerlukan tindakan segera. Jangan terburu-buru dan pertimbangkan dengan hati-hati sebelum mengambil tindakan.
  • Fakta yang ada: Penipu mungkin tidak memiliki informasi lengkap tentang hubungan Anda dengan target. Perhatikan adanya inkonsistensi atau ketidaksesuaian dalam cerita yang mereka sampaikan.
  • Permintaan Tidak Wajar: Permintaan untuk mentransfer uang ke rekening bank di luar negeri atau pembayaran melalui dompet mata uang kripto seringkali merupakan taktik umum dalam penipuan. Jika permintaan tersebut terasa tidak biasa, waspada dan periksa keabsahannya sebelum melakukan apapun.




Memperhatikan beberapa hal diatas dalam situasi yang menegangkan memang sulit, tetapi bisa mencegah Anda untuk menjadi korban Penipuan modus Suara Mirip. Dengan tetap tenang dan memeriksa tanda-tanda bahaya seperti urgensi yang tidak wajar, fakta yang tidak konsisten, atau permintaan pembayaran yang tidak biasa, Anda dapat mengurangi risiko menjadi korban penipuan kloning suara AI atau penipuan lainnya.Ingat untuk tetap tenang serta selalu menjaga kewaspadaan dan berhati-hati, terutama dalam situasi-situasi yang memicu respons emosional.

Cara Mencegah Penipuan modus Suara AI dengan alat AI sendiri.

Alat yang cukup bisa diandalkan untuk melakukan pemeriksaan ini adalah pengklasifikasi ucapan dari ElevenLabs. ElevenLabs mendukung sebagian besar platform kloning AI, sehingga merupakan alat yang ideal untuk menentukan apakah suatu suara telah dikloning. Berikut ini cara menggunakannya untuk menentukan suara kloning AI.

Baca juga:
Trik Cara menghindari penipuan Online Dan Ciri-ciri Penipuan online
Arti sideloading android dan Bahayanya yang Mengintai kita
Pengertian Kejahatan Phising Internet Dan Bahayanya Bagi Kita

Buka https://elevenlabs.io/blog/ai-speech-classifier/,
Kemudian Upload contoh suara yang anda terima. Nantinya mesin AI akan melakukan analisa berapa persen kemungkinan suara tersebut asli dan berpa persen kemungkinan suara tersebut sudah dibuat oleh AI.

Ciri penipuan Dan Cara Mencegah Penipuan modus Suara Mirip
Ciri penipuan Dan Cara Mencegah Penipuan modus Suara Mirip

Dengan cara diatas anda akan bisa lebih memastikan tindakan apa yang sebaiknya dilakukan. Untuk memahami Ciri penipuan Dan Cara Mencegah Penipuan modus Suara Mirip ataupun Audio Deepfake, Yang akhir-akhir ini semakin berkembang.

Baca Juga:  Prospek Adsense Google Pasca pandemi Covid Berakhir 2023

Namun hal yang sebaiknya dilakukan adalah, menyembunyikan informasi pribadi Anda dari media sosial merupakan langkah penting untuk memastikan penipu tidak dapat mengumpulkan informasi yang cukup untuk membangun sebuah narasi. Ingatlah: Jika Anda tidak ingin informasi tersebut diketahui oleh semua orang, sebaiknya jangan dibagikan ke media sosial. Hal ini dapat membantu melindungi privasi dan keamanan Anda dari upaya-upaya penipuan dan eksploitasi.

 

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + twenty =