Pengertian Kejahatan Phising Internet Dan Bahayanya Bagi Kita

Pengertian Kejahatan Phising Internet Dan Bahayanya Bagi Kita ( Youtube solusi BCA)

Kotanopan.com. Pengertian Kejahatan Phising Internet Dan Bahayanya Bagi Kita. Phishing adalah trik kejahatan online yang masih sering digunakan hingga kini. Phising bisa menyebabkan perangkat terinfeksi dan informasi pribadi dicuri. Bahkan terkadang Usernam serta password dan akun kita bisa diretas. Semua orang bisa jadi korban Phising. Jadi, apa sebenarnya Kejahatan Phising Internet Dan Bahayanya dalam kehidupan? Bagaimana cara kerjanya? Dan bagaimana cara untuk menghindarinya? oke akan kita ulas

Phishing adalah cara curang untuk mendapatkan informasi pribadi seseorang dengan menyamar. Mereka mencari data seperti nama, alamat, detail akun (seperti nama pengguna dan kata sandi), dan informasi finansial (seperti nomor kartu kredit atau rekening bank). Bahaya bukan? tentu saja.

Contoh Kejahatan Phising Internet Dan Kerugian yang ditimbulkan.

Kejadian Phising Sony Pictures Entertainment tahun 2014. Menyebabkan Jaringan komputer Sony Pictures tumbang, sehingga email karyawan tidak bisa dibuka. Bahkan tidak sedikit film yang beredar secara ilegal di internet, ditambah lagi dokumen internal turut beredar, meliputi beberapa daftar gaji karyawan hingga nomor jaminan sosial serta kesehatan. Bahkan banyak pihak menyebut kejahatan yang menyerang Sony Pictures Entertainment menjadi salah satu yang terburuk.

Baca Juga:  Download Aplikasi FEC Shop fecindonesia Penghasil uang Apakah aman?

Pelaku phishing Sony Pictures menidentifikasikan diri sebagai Guardians of Peace dan menyabotase film ‘The Interview’. Semua bermula ketika pelaku mengirimkan e-mail phishing ke karyawan Sony Pictures Entertainment,. Dimana E-mail tersebut mengarahkan karyawan untuk memverifikasi ID menggunakan Link palsu yang dikirimkan pelaku phising. Ketika tautan tersebut diklik, pelaku bisa mendapatkan kredensial karyawan tersebut. Kunci Kredensial ini lantas dimanfaatkan penjahat untuk mengakses pusat data Sony Pictures Entertainment dan menanam malware di sana.

Bahkan ribuan kejahatan Kejahatan Phising di Internet terjadi di indonesia selama beberapa tahun belakangan ini. Cukup banyak korban yang kehilangan sesuatu yang berharga, namun tidak sedikit juga yang kemudian segera menyadari hal ini sehinga tidak menjadi korban.




Cara Menghindari Phishing Internet, Jangan Mudah percaya.

Contoh kasus diatas mengingatkan kita bahwa Phising adalah hal yang berbahaya, sehingga pentingnya menghindari hal  tersebut. Salah satu kunci menghindari phising adalah Jangan Mudah percaya. Ya umumnya pelaku kejahatan ini akan menyamar menjadi seseorang yang kita kenal. Sehingga membuat kita percaya dan mengklik link / tautan yang mereka kirim, atau mendownload aplikasi yang mereka berikan kepada kita.

Pengertian Kejahatan Phising Internet Dan Bahayanya Bagi Kita ( Youtube solusi BCA)
Pengertian Kejahatan Phising Internet Dan Bahayanya Bagi Kita ( Youtube:  solusi BCA)

Jangan Beri Informasi Sensitif

Perilaku Phishing dalam bentuk e-mail atau website selalu berisi permintaan informasi sensitif seperti password atau sandi, PIN, OTP, atau CVV kartu kredit / ATM serta masa berlakunya. Pada kenyataanya, pihak bank, penerbit kartu atau financial technology (fintech) tidak akan pernah meminta informasi PIN atau OTP untuk menyelesaikan masalah apa pun yang anda miliki, Karena mereka memiliki data sendiri terkait hal tersebut.

Baca juga:
Arti sideloading android dan Bahayanya yang Mengintai kita
Kenali Bahaya Aplikasi getcontact Sebelum Mengunakanya
Bahaya Dan resiko Instal Aplikasi Android dari Luar Playstore

Hindari Tawaran Berlebihan.

Seperti juga motif kejahatan umumnya, Pelaku Kejahatan Phising Internet juga memberikan beberapa tawaran dengan iming-iming berlebihan. Seperti diskon, atau fasilitas yang sepertinya sangat fantastis. Jika anda menemukan hal tersebut, fikirkan kembali. Kemudian hubungi call center resmi, jangan pernah terjebak denagn kata-kata “Hanya berlaku untuk anda” atau “hanya saat ini saja”.

Waspadai E-mail berisi Rayuan ataupun ancaman

Rayuan dan ancaman adalah 2 cara pelaku phising untuk memainkan perasaan serta emosi korbanya. Salah satu ciri penjahat yang melakukan phishing adalah. Berusaha membuat kita jadi takut atau khawatir supaya kita langsung mengikuti sama yang mereka suruh atupun aahkan. Misalnya, pelaku phishing pura-pura jadi pihak bank, kirim email bilang kartu ATM kita bakal diblokir kalau enggak ganti PIN segera, serta mengirimkan LINK palsu.




Kesimpulan;

Kesimpulan dari pengertian kejahatan phishing di internet dan bahayanya bagi kita adalah bahwa phishing merupakan salah satu jenis penipuan di internet di mana pelaku berusaha untuk mendapatkan informasi pribadi atau keuangan kita dengan menyamar sebagai sesuatu / orang yang kita percaya. Mereka sering menggunakan trik psikologis untuk memanipulasi emosi kita agar memberikan informasi yang di inginkan para pelaku. Bahayanya bagi kita sangat besar karena bisa mengakibatkan pencurian identitas, kehilangan uang, atau bahkan kerugian finansial yang jauh lebihserius. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita semua agar selalu waspada dan berhati-hati dalam berinteraksi di dunia maya serta tidak memberikan informasi sensitif kepada pihak yang tidak kita kenal, serta sering-seringlah mengkonfirmasikan kepada pihak lain tentunya.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

six + 8 =