Cara Agar Wifi Tidak Mudah Dibobol Orang Dengan Aplikasi HP android

Blokir perangkat Cara Agar Wifi Tidak Mudah Dibobol Orang Dengan Aplikasi HP android

Kotanopan.com. Cara Agar Wifi Tidak Mudah Dibobol Orang Dengan Aplikasi HP android. Pernahkah mengalami kejadian jaringan atau koneksi internet WiFi tiba-tiba menjadi lambat? Jika iya, Anda harus waspada. Bisa jadi itu disebabkan ada pihak lain yang juga mengakses WiFi Anda. Namun, tahukah anda? bahwa membobol WiFi orang lain adalah tindakan yang melanggar hukum. Untuk itu agar menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, berikut ini kiat-kiat yang bisa kamu tempuh Agar Wifi Tidak Mudah Dibobol Orang lain.

Beberapa cara mengamankan jaringan Wifi ini adalah hal umum yang sering dan sudah biasa dilakukan, Kotanopan.com sendiri juga melakukan beberapa pengaturan untuk Wifi di rumah, hal ini untuk  mencegah Agar Wifi Tidak Mudah Dibobol Orang, Selamat mencoba..

Tips untuk menjaga keamanan jaringan WiFi Anda, berikut adalah beberapa langkah yang dapat kita lakukan:

1. Masuk ke halaman Admin router

Setiap vendor perusahaan jaringan WiFi memiliki alamat panel admin yang berbeda-beda. Anda cukup mengetik alamat IP internet gateway yang mereka berikan. Seperti 192.168.100.1 atau 192.168.8.1/ pada halaman browser. Alamat IP ini akan disesuaikan dengan jenis router Anda. Kemudian masukkan nama pengguna dan password yang digunakan. Contoh cara masuk ke Pengaturan pernah kotanopan tulis pada artikel: Password Modem indihome HG8245H berganti tidak bisa dipakai?, ini solusinya.

sembunyikan SSID Cara Agar Wifi Tidak Mudah Dibobol Orang Dengan Aplikasi HP android
sembunyikan SSID Cara Agar Wifi Tidak Mudah Dibobol Orang Dengan Aplikasi HP android

 

2. Ganti Password WiFi Secara Rutin

Mengganti password WiFi adalah langkah yang sederhana namun efektif. Ini membantu memperkecil kemungkinan orang lain mengakses jaringan WiFi Anda tanpa izin. Pastikan Anda mengganti password WiFi secara rutin, setidaknya sekali seminggu. Terutama setelah membagikan password kepada teman atau tetangga. Gunakan password yang sulit ditebak namun mudah untuk Anda ingat. Jangan lupa untuk mencatat Password yang sudah anda buat sebelum menyimpanya.




3. Sembunyikan SSID (jaringan WiFi)

Anda dapat menyembunyikan SSID (service set identifier) atau nama jaringan WiFi Anda. Ini membuat jaringan WiFi Anda tidak terbaca oleh perangkat lain seperti laptop atau smartphone. Caranya sangat mudah, cukup akses halaman pengaturan  router WiFi Anda dan aktifkan fitur hide SSID. Setelah disembunyikan, setiap perangkat yang ingin terhubung harus memasukkan nama SSID dan password, bahkan jika sebelumya sudah pernah terhubung. Jika anda kesulitan, bisa menghubungi Facebook admin di https://web.facebook.com/wahywics/

Baca Juga:  Cara mendaftar subsidi tepat MyPertamina Jika tidak memiliki HP android

4. Gunakan Sandi yang Unik

Pastikan membuat password WiFi yang unik dan sulit ditebak. Kombinasikan antara angka, huruf, dan karakter khusus. Minimal 8 -10 karakter dengan perpaduan huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Dengan demikian, password Anda akan sulit untuk diretas. Bahkan mengunakan Aplikasi android sekalipun.

gunakan sandi unik Cara Agar Wifi Tidak Mudah Dibobol Orang Dengan Aplikasi HP android
gunakan sandi unik Cara Agar Wifi Tidak Mudah Dibobol Orang Dengan Aplikasi HP android

5. Blokir Perangkat yang Tidak Dikenal

Jika anda sudah mencoba melakukan beberapa cara diatas namun tidak efektif, Anda dapat memblokir perangkat yang tidak dikenal melalui pengaturan router WiFi. Dengan cara ini, jaringan WiFi Anda tetap terlihat namun perangkat yang tidak diizinkan tidak dapat terhubung. Setelah terhubung, mereka akan segera terputus karena MAC Address perangkat mereka telah diblokir. Caranya ada di Artikel: Cara Memblokir Perangkat Pada Wifi Dengan Mac Address Filtering

Blokir perangkat Cara Agar Wifi Tidak Mudah Dibobol Orang Dengan Aplikasi HP android
Blokir perangkat Cara Agar Wifi Tidak Mudah Dibobol Orang Dengan Aplikasi HP android
Baca Juga:  Perbedaan Tone Control Aktif Dan pasif Kelebihan kekuranganya masing-masing

Namun perlu di ingat saat ini banyak perangkat Handphone yang juga bisa menganti Alamat MAC mereka, hal ini tentu saja membuat pemblokiran akan kurang efektif. Untuk lebih amanya sebaiknya melakukan perizinan Mac Adrees saja pada router anda, Agar Wifi Tidak Mudah Dibobol meskipun handphone sudah menganti Macc Adress

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen + 18 =