Berbagai Macam Jenis Modem Router Perbedaan dan Fungsinya

Dalam kehidupan sehari-hari saat ini kita tidak asing dengan istilah ataupun sebutan modem dan router. Pada dasarnya ada Berbagai Macam Jenis Modem Router perbedaan dan Fungsinya masing-masing. Secara garis besar Modem bisa diartikan sebagai sebuah perangkat yang menangkap gelombang atau sinyal internet kemudian menyalurkan kepada perangkat kita. Meskipun demikian sebenarnya modem memiliki beberapa jenisnya masing-masing meskipun fungsinya sama secara garis besar.

Secara teknis biasa benda yang disebut Modem adalah perangkat jaringan yang memodulasi dan mendemodulasi sinyal pembawa analog (disebut gelombang sinus)… namun kotanopan tidak akan membahas mengunakan bahasa teknik, mari kita bahas Berbagai Macam Jenis Modem Router dengan bahasa sederhana.

1. Modem GSM / 4G/ LTE/5G

Modem Modem GSM / 4G/ LTE/5G adalah perangkat yang umum diketahui, perangkat ini memiliki ciri khas yaitu kita perlu memasukan kartu GSM handphone kedalamnya sehingga perangkat akan menangkap jaringan internet 4G/LTE sinyal. Kemudian meneruskan ke perangkat kita baik secara kabel lan ataupun Wifi.

Baca Juga:  Cara Kembalikan Foto File Hilang Dengan Wondershare Dr fone
Berbagai Macam Jenis Modem Router Perbedaan dan Fungsinya
Berbagai Macam Jenis Modem Router Perbedaan dan Fungsinya (contoh modem GSM)

2. Modem Satelite / VSAT

Fungsi Modem Satelite / VSAT adalah  Menghubungkan ke internet melalui satelit, Untuk mengunakan modem satelite kita memerlukan piringan parabola khusus satelite Internet, kemudian Modem penerjemah sinyal. Modem Satelite / VSAT memiliki beberapa kelebihan seperti jarak jangkauan yang tergolong luas hampir di seluruh belahan dunia. Tidak memerlukan alat pendukung seperti kabel atau jaringan yang panjang. Namun harga internet Satelite masih cukup mahal di Indonesia untuk saat ini, ditambah perangkat Vsat juga tidak murah.



3. Modem DSL

Secara garis besar bisa dikatakan bahwa Modem DSL adalah teknologi penghantas data melalui kabel, seperti ketika kita berlanganan internet fiber optik maka kita perlu modem DSL untuk menterjemahkan sinyal yang kita terima dari penyedia layanan, serta mengirim sinyal kembali ke penyedia internet. Seperti Fiber Optic Modem.

Baca Juga:
Review Modem router Telkomsel Orbit A1 4G Untuk CCTV
Cara Menguatkan Sinyal Modem Orbit A1 4G Telkomsel
Cara Mengatasi Jaringan Wifi Lambat dan Sinyal lemah

4. Router

Sebenarnya modem dan router adalah 2 hal yang berbeda, dimana modem lebih kepada menerima sinyal dan mengolahnya, sedangkan router biasa digunakan untuk mengatur serta membagi dan memancarkan sinyal yang diterima oleh modem. Saat ini sudah tersedia Berbagai Macam Jenis Modem Router, yaitu perangkat modem yang juga sekaligus router menjadi satu. Namun umumnya tentu dengan kemampuan standar saja.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × two =