Penyebab Raspberry Pi tidak Menyala Dan Cara memperbaikinya

Penyebab Raspberry Pi tidak Menyala Raspi Pi 4

Kotanopan.com. Penyebab Raspberry Pi tidak Menyala Dan Cara memperbaikinya. Pernahkah anda mengalami Raspberry Pi sudah tersambung semua, siap untuk dinyalakan. Namun saat Anda menyambungkan Catu daya, Ternyata tidak terjadi apa-apa??. Ada sesuatu yang salah, Raspi tidak mau booting dan menyala?? Dan apa yang dapat Anda lakukan? tanyakan pada kawan yang lebih berpengalaman. Diatas, bergitulah kira-kira kisah Admin kotanopan yang menjelang pagi sudah mendapat Pesan Whatsapp dari seorang kawan tentang Kenapa Raspberry Pi tidak Menyala Dan Cara memperbaikinya bagainama?

1. Periksa Power Adaptor.

Raspi Pi 5 dengan Raspberry Pi 4 adalah 2 benda yang berbeda, dengan kebutuhan arus daya yang berbeda juga.

– Daya Raspi 5 kurang Raspberry Pi tidak Menyala

Raspberry Pi 5 membutuhkan daya USB-C besaran 27W (perkiraan). Berarti anda perlu adaptor 5Volt / 5Ampere murni. Jangan mengunakan USB laptop karena hanya akan membuat Raspi rusak dan corupt. Gunakan adaptor power suply bawaan Original. Atau anda bisa membeli Batok charger Fast charging 5 Amper 5Volt. Dan jangan mengunakan power adaptor Raspberry Pi 4 juga karena dayanya lebih rendah hal ini beresiko merusak Raspi 5 anda.




– Daya Raspberry Pi 4 Membuat Raspberry Pi tidak Menyala

Seperti yang sudah kotanopan jelaskan diatas, Raspberry Pi 4 mengunakan Adaptor 5V/3A (Real Capacity) usb Type-C, berarti powernya sekitar 15Watt. Pilih adaptor dengan kualitas bagus, jangan merek abal-abal. Kebanyakan Penyebab Raspberry Pi tidak Menyala adalah karena kurang arus  Dan Cara memperbaikinya hanya dengan mengunakan adaptor Catu daya yang sesuai.

Periksa juga keluarkan Adaptor secara langsung, apakah masih normal atau tidak. Jangan terpaku pada tulisan yang ada pada Catu daya karena bisa saja adaptor rusak sehingga output tidak memadai untuk booting Raspi anda.

Baca juga:
Cara Melihat Disk Management Pada Windows 11 dan 10
Cara Memblokir Akun Di BlueSky Agar Tidak Bisa Melihat kita

Penyebab Raspberry Pi tidak Menyala Raspi Pi 5
Penyebab Raspberry Pi tidak Menyala Raspi Pi 5

2. Periksa Sdcard slot dan perangkat Booting

Raspberry Pi 5 dapat melakukan booting dari perangkat USB dan juga microSD card. Seperti pendahulunya Raspberry Pi 4, yang juga dapat melakukan booting melalui Ethernet. Bahkan dapat  booting dari SSD yang terhubung melalui soket PCIe. Beberapa kesalahan seperti longarnya Konektor atau SDcard akan menyebabkan Raspberry Pi tidak Menyala ataupun gagal Booting. Periksa setiap koneksi, namun jika anda hanya mengunakan SDcard saja maka pastikan setiap kuningan dalam SDcard masih bagus dan tersambung sempurna.

3. Periksa semua Koneksi sambungan.

Apakah Raspberry terhubung dengan peralatan lainya sebagai tambahan? termasuk USB dan atau HDMI? jika iya maka lepaskan dulu semua sambungan termasuk koneksi USB. Bisa jadi masalahnya ada pada koneksi dari luar yang menyebabkan Raspberry gagal booting. Sambungan pada USB dan HDMI adalah dua sambungan yang wajib diperiksa jika power Suply sudah sesuai.




4. Kode Lampu Raspberry

Seperti juga manusia dan sebuah hubungan tertentu, Raspberry pun memiliki kode-kodenya yang terkadang agak sulit difahami mereka yang kurang berpengalaman. Namun akan coba kotanopan jabarkan dibawah:

– Raspberry Pi 4 Tidak Booting disertai Lampu Merah menyala.

Lakukan instalasi dengan software OS Raspberry Pi terbaru, ambil baru setelah Juni 2019. Hal ini umum terjadi jika software sudah terlalu lama atau jadul. Meskipun sistem operasi yang ada masih bisa digunakan pada model Raspberry Pi lama. Namun tidak akan berfungsi dengan baik dengan perangkat yang anda miliki. Hal ini mengakibatkan gagal booting dengan kesalahan lampu led menyala merah pada Raspberry Pi 4.

Penyebab Raspberry Pi tidak Menyala Raspi Pi 4
Penyebab Raspberry Pi tidak Menyala Raspi Pi 4

4. Raspberry Pi menyala tanpa gambar?

Seperti yang sudha kami jabarkan juga diatas Sambungan USB dan HDMI adalah dua hal yang wajib diperiksa jika Raspberry Pi 4 atau 5 tidak Menyala. Harap Perhatikan Raspi 4 memiliki dua Port HDMI. Terbagi menjai port mikro-HDMI, dengan tulisan HDMI0 dan HDMI1. Pastikan anda menggunakan konektor sebelah kiri, dengan tulisan HDMI0. Kesalahan peletakan sambungan HDMI bisa menjadi Penyebab Raspberry Pi tidak Menyala.




5. File System Corrupt.

Ini adalah hal yang juga umum terjadi, biasa karena Raspberry mengunakan Power yang tidak sesuai (kurang daya), atau sering dimatikan secara paksa. Menyebabkan File System Corrupt pada Sdcard anda.

Solusinya sangat mudah, cabut SD Card dari Raspberry dan pasang ke Laptop dengan Sistem Operasi linuxUbuntu / Debian, atau yang sesuai.kemudian masukan perintah ini di terminal:

sudo e2fsck -f -C 0 /dev/mmcblk0p2
sudo dosfsck -w -r -l -a -v -t /dev/mmcblk0p1

Setelah itu eject, ambil sdcard dan coba kembali di Raspberry, Jika cara ini gagal sebaiknya Anda coba menulis image baru ke SD Card (instal ulang), tentu saja data lama di SDcard akan hilang ya.

WajiB Baca  15 Cara Perbaiki Aplikasi Facebook Tidak Bisa Dibuka

6. Raspberry Pi Masih gagal booting? Perhatikan LED Merah dan Hijau.

Umumnya Saat Raspi booting Mealui SDcard, lampu ACT hijau Raspberry Pi akan berkedip tanpa aturan. Jika kedipan yang meuncul memiliki pola “ketukan” umumnya ada masalah pada Raspberry. Perhatikan keterangan dibawah:

– Kode lampu kesalahan Raspberry

3x  berkedip Artinya: start.elf tidak ditemukan
4x berkedip: start.elf tidak dapat dijalankan . Umumnya terjadi jika kartu SD kendor atau tidak terpasang dengan baik. Periksa Sdcard dan slotnya.
7x berkedip: kernel.img tidak dapat ditemukan.
8x berkedip: SDRAM tidak dikenali. Masalah ini cukup berwariasi,bisa jadi SDRAM mungkin rusak, atau bootcode.bin atau start.elf tidak bisa dibaca dengan normal.

WajiB Baca  Fungsi Kontrol Orang Tua Pada Android Yang Wajib Diketahui

Solusinya Instal kartu SD baru dengan sistem operasi Raspberry Pi yang baru atau fresh seperti pada point nomor 4 yang kotanopan tulis, Ambil versi diatas tahun 2019. Diatas adalah beberapa Penyebab Raspberry Pi tidak Menyala Dan Cara memperbaikinya berdasarkan pengalaman dan kebiasaan yang sering dihadapi. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar atau hubungi facebook admin secara langsung untu respon lebih cepat. terimakasih

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 − one =