Perbaiki kenapa shareit Tidak Bisa Mengirim File di Android?

Perbaiki kenapa shareit Tidak Bisa Mengirim File di Android

Kotanopan.com. Aplikasi berbagi file tidak asing diantara pera pengguna android, mulai dari Bluetooth hingga shareit. kali ini admin akan membahas Cara perbaiki kenapa shareit tidak bisa mengirim di Android, Sebagai salah satu aplikasi populer di dunia tentu ada kalanya kita menemukan beberapa masalah seperti tidak bisa mengirim atau menerifa file melalui shareit. Lantas bagaimana cara memperbaikinya? Simak ulasanya dibawah:

1. Gunakan ShareIt resmi.

Tidak bisa dipungkiri banyak pihak menawarkan aplikasi versi Tidak resmi yang di klaim memiliki banyak keungulan namun hal ini terkadang justru menimbulkan masalah dan menjadi salah satu penyebab kenapa shareit tidak bisa mengirim File dan aplikasi. Pastikan anda hanya mendownload dari sumber resmi seperti Playstore melalui link https://play.google.com/store/apps/details?id=shareit.lite&hl=id&gl=US. Download aplikasi shareIt dan buka kembali aplikasi.

2. Restart Perangkat.

Melakukan Restart Perangkat bisa digunakan untuk mengatasi masalah ringan yang terjadi pada aplikasi salah satunya shareIt. Tindakan restart akan menghentikan proses lain yang berat, atau menyita terlalu banyak penggunaan memory ram dan proses background android.

3. Update ShareIt versi terbaru.

Pastikan juga versi yang anda gunakan adalah ShareIt terbaru, jika aplikasi terlalu lama tidak di Update bisa menjadi salah satu penyebab kenapa shareit tidak bisa mengirim di Android. lakukan update melalui Play store untuk mendapatkan pembaharuan resmi. Pembaruan versi aplikasi juga sering kali menghadirkan peningkatan kinerja dan fungsi yang lebih baik.

4. Internet Tidak stabil.

Pada dasarnya ShareIt menggunakan sedikit koneksi internet untuk melakukan penyambungan dan pengiriman file ke handphone lain. Jika Internet tidak stabil maka proses Inisialisasi dan penyambungan tidak bisa berjalan. Hal ini mengakibatkan proses pengiriman file pada shareIt gagal. Pastikan anda masih memiliki paket internet atau wifi dengan koneksi internet stabil dan baik.

5. Atur Izin Aplikasi Share It.

WajiB Baca  Cara Screenshot di Laptop Semua Merek Windows lengkap Dengan gambar

Salah satu penyebab kenapa shareit tidak bisa mengirim di Android adalah masalah izin aplikasi. Sebagai penyedia layanan berbagi file beberapa izin yang harus kita berikan kepada shareIt diantaranya, Izin akses media, Izin mengelola jaringan Wifi, serta izin lokasi dan koneksi. Jika aplikasi tidak memiliki akses ke Media tentu proses pada aplikasi tak bisa berjalan. Lakukan hal ini untuk Atur Izin Aplikasi Share It. Klik tahan logo aplikasi, hingga muncul menu “info Aplikasi”.

Perbaiki kenapa shareit Tidak Bisa Mengirim File di Android
Perbaiki kenapa shareit Tidak Bisa Mengirim File di Android

Pada bagian Info aplikasi pilih “IZIN aplikasi” lalu nyalakan aktifkan semua periznan di ShareIt. Setelah itu buka kembali aplikasi dan cobalah untuk mulai mengirim file ke perangkat lain.

Baca juga:
Cara Perbaiki Aplikasi YouTube Tidak Bisa Dibuka Pada Android
15 Cara Perbaiki Aplikasi Facebook Tidak Bisa Dibuka

6. Memory penyimpanan Penuh.

Memory penyimpanan handphone yang terlalu penuh juga bisa menyebabkan aplikasi ShareIt gagal saat mengirim file karena tidak tersedia ruang yang cukup hal ini pernah kami bahas pada tulisan Solusi Kenapa Tidak Bisa Menginstal Aplikasi Di Android. Jika memang penyimpanan sudah terlalu penuh sebaiknya anda bersihkan sisa sampah, cache foto taupun hapus aplikasi yang sudah tidak digunakan kembali.

7.Versi Android Terlalu Rendah.

Beberapa pengembang aplikasi seperti shareIT umumnya membatasi versi perangkat android yang bisa menggunakan aplikasi mereka, Contohnya pada aplikasi Whatsapp yang pernah kami bahas sebelumnya di artikel Oktober 2023 Whatsapp Tidak Lagi Didukung di Telepon Ini.Untuk masalah Versi Android Terlalu Rendah pada shareIT kotanopan.com belum mendapatkan cara resmi untuk memperbaikinya.




8. Menghapus Data pada aplikasi ShareIT

Perbaiki kenapa shareit Tidak Bisa Mengirim dengan dengan menghapus Data pada aplikasi ShareIT, ikuti langkah dibawah:

– Buka Pengaturan di android.
– Pilih menu Aplikasi & Notifikasi.
– Pilih aplikasi ShareIT.
– Pilih penyimpanan (storage).
– Pilih Hapus Data untuk menghapus Data pada ShareIT.
– Konfirmasi tindakan tersebut dengan memilih Hapus atau OK.
lalu restart handphone dan coba gunakan untuk mengirim file kembali.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + 3 =