Cara Membersihkan Sampah di Android Agar Perangkat lebih cepat

Cara Membersihkan Sampah di Android Agar Perangkat lebih cepat

Kotanopan.com. Saat Anda melakukan penghapusan file pada sistem Android, penting untuk diingat bahwa file yang dihapus tidak akan terhapus secara permanen dari perangkat Anda. Cara Membersihkan Sampah di Android Agar Perangkat lebih cepat ini, Serupa dengan proses penghapusan file pada sistem komputer, file yang dihapus pertama-tama akan dipindahkan ke dalam folder sampah / recycle Bin. Pada artikel kali ini, kotanopan akan membahas langkah-langkah untuk mengosongkan folder sampah, memastikan bahwa file yang tidak diinginkan tidak lagi benar-benar hilang dari Perangkat android anda.

1. Gunakan Aplikasi Files by Google

Cara membersihkan file sampah di android sangat mudah, bahkan tersedia aplikasi dari play store yang bisa diambil. Download APlikasi Files by Google  di Play store, kemudian buka dan Ketuk pada icin garis 3 berjejer di pojok kiri atas. Akan muncul menu “sampah” atau “trash” besera beras file yang ada di kotak sampah tersebut. Pada dasarnya setiap file yang dihapus ada kalanya masuk kebagian sampah tersebut serta tidak langsung hilang. Cara Membersihkan Sampah di Android dengan Aplikasi Files by Google cukup ketik bagian “sampah” tersebut, kemudian konfirmasi dengan tombol “hapus,  selesai.

Cara Membersihkan Sampah di Android Agar Perangkat lebih cepat
Cara Membersihkan Sampah di Android Agar Perangkat lebih cepat

2. Menghapus cache Setiap Aplikasi.

Selain cara diatas kita juga bisa membersihkan file sampah di android dengan menghapus file cache di setiap aplikasi besar pada android, caranya:

– Buka menu “Pengaturan”. di perangkat
– Pilih tab  “Aplikasi”.
– Masuk ke  aplikasi yang ingin kamu hapus file cache-nya.
– Pilih “Hapus cache” (Hindari hapus data)
– Proses menghapus cache dalam aplikasi tersebut sudah selesai dilakukan.
– Menu cache akan menjadi “0”




3. Hapus sampah di Aplikasi Media sosial.

Tanpa Anda sadari, aplikasi seperti Facebook WhatsApp, Telegram, Instagram, Line, dan sejenisnya dapat mengakumulasi cache dan file besar yang sebagian besar tidak berlaku lagi. Sebaiknya, Anda membersihkan cache dan file-file tersebut secara berkala untuk memastikan kinerja perangkat tetap optimal. Langkah-langkah untuk menghapus cache per aplikasi melalui pengaturan adalah pada langkah ke 2 Artikel ini.

Baca Juga:  7 Aplikasi Equalizer Android Terbaik Ringan Bass Boster Gratis

4. Menghapus foto Melalui galeri.

Anda juga bisa mencoba memeriksa galeri foto dan video Anda. Hapus file foto atau video yang sudah tidak diperlukan atau upload ke sistem penyimpanan Cloud seperti Google Photo untuk menyimpannya secara aman tanpa membebani penyimpanan android. Namun jangan lupa untuk membersihkan folder sampah setelah melakukan cara ini, agar file benar-benar terhapus dari perangkat.




5. Gunakan Aplikasi pihak ketiga.

Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi untuk membersihkan file sampah di perangkat HP Anda:

CCleaner: Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google PlayStore secara langsung. Setelah anda mendownloadnya, Anda dapat membuka aplikasi dan menggunakan fitur “Quick Clean“, ini adalah Cara Membersihkan Sampah di Android otomatis di perangkat Anda.

Baca juga:
|Kumpulan Aplikasi Edit Foto Video Android Terbaik Dan Gratis
Aplikasi Untuk Melihat Kemacetan Jalan dan lalu Lintas 2024
Cara Melihat Aplikasi Palsu atau Tidak di Google Play Store

SD Maid: Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menghapus file sampah dengan cepat dan mudah. Selain itu, SD Maid dapat digunakan untuk membersihkan sisa-sisa file sampah atau residu dari aplikasi yang sudah di-uninstall. harap berhati-hati saat mengunakan aplikasi penghapus, agar file penting anda tidak ikut terhapus.

Cleaner: Aplikasi ini memiliki kemampuan khusus yang mampu mendeteksi berbagai jenis file sampah yang ada di perangkat HP Anda. Setelah mendeteksi file sampah, Cleaner akan langsung menjalankan proses pembersihan secara otomatis pada perangkat.

Baca Juga:  Anura Aplikasi Selfi dan Pengukur Stres Pribadi

Kesimpulan

Dengan menggunakan salah satu dari aplikasi di atas, Anda dapat membersihkan file sampah di perangkat HP Anda secara efisien. Pastikan untuk membersihkan secara berkala agar kinerja perangkat tetap optimal. Semoga berhasil. Sedikit saran tambahan, setelah anda mengunakan aplikasi pihak ketiga sebaik hapus aplikasi tersebut jika dirasa sudah tidak diperlukan lagi saat ini. Agar Cara Membersihkan Sampah di Android Agar Perangkat lebih cepat selesai sepenuhnya.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × one =