Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian

Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian head

kotanopan.com Siapa yang tidak panik ketika saat menggunakan handphone tiba-tiba Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian?? Layar yang tidak bisa disentuh merupakan masalah besar bagi setiap pengguna Handphone. Hal ini dapat menjadi masalah yang sangat mengerikan dan merusak hari jika ternyata di perangkat tersebut tersimpan data-data penting yang harus sangat diperlukan.

Tidak bisa dipungkiri Seiring waktu penggunaan, perangkat smartphone kita mungkin mengalami beberapa masalah, seperti ketika layar handphone tidak merespon dengan baik, mulai lambat dan bahkan tidak bisa disentuh sebagian. Namun jangan khawatir, artikel ini menawarkan enam langkah mudah dan praktis untuk mengatasi handphone yang macet sebagian layar.

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian

1. Restart Ponsel

Tindakan sederhana yang pertama kali dapat dilakukan adalah mematikan dan menghidupkan kembali ponsel. Hal ini dapat membantu mengembalikan layar ke posisi normal jika terjadi eror ringan yang menyebabkan Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian atau layar tidak merespons perintah. Secara umum, pengguna handphone diharapkan untuk mematikan dan menyalakan ponsel setiap beberapa hari sekali untuk menjaga performanya tetap optimal.

2. Lepaskan Pelindung Layar

Jika layar tidak berfungsi dengan normal atau Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian, bisa jadi mungkin karena pelindung layar rusak atau memiliki robekan / retakan yang menghambat kinerja layar. Cobalah untuk melepaskan pelindung layar dan gunakan layar langsung pada ponsel untuk melihat apakah masalahnya masih ada atau tidak. Jika masalah tersebut hilang, segera ganti pelindung layar yang rusak atau retak dengan yang baru.

3. Keringkan Ponsel

Apakah layar handphone dalam keadaan basah? Hal ini dapat menyebabkan layar sentuh macet dan tidak bisa disentuh. Jika iya, segera keringkan dengan tisu kering atau letakkan selama beberapa jam di dalam beras untuk menyerap kelembaban. Pastikan juga untuk memeriksa apakah fungsi layar sudah normal atau masih saja bermasalah.

4. Matikan Handphone Sejenak

Sudah mencoba menyalakan ulang handphone dan belum berhasil? Mungkin handphone perlu sedikit istirahat. Matikan handphone Anda selama 10-20 menit untuk memberikan perangkat cukup waktu untuk beristirahat. Kemudian, hidupkan kembali ponsel Anda dan coba gunakan kembali. Cara ini dinilai cukup efektif untuk Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian. Karena Perangkat yang mengalami proses berlebih.

Baca juga:
Cara Memperbaiki Aplikasi Android yang Tidak Berfungsi Normal
Perbaiki Kenapa Aplikasi Shopee Tidak Bisa Dibuka di Android
Cara menyembunyikan Chat WhatsApp Dan mengunci dengan Kode
Aplikasi Pemotong MP3 Terbaik Audio Editor Bisa Edit Lagu
Cara Melihat Pesan WhatsApp yang disembunyikan Di Handphone

5. Periksa Layar Dengan seksama

Jika masalah masih berlanjut, coba untuk memeriksa dengan lebih teliti apakah terdapat bagian layar yang retak, pecah atau terlihat tidak rata. raba perlahan dengan ujung jari atau kuku, Jika bagian layar tidak rata atau retak padahal pelindung layar sudah dilepas maka Anda perlu membawa ponsel Anda ke pusat service terdekat untuk memperbaiki atau mengganti layar sentuhnya.

 

6. Handphone Terlalu Panas

Panas yang berlebihan dapat memengaruhi kinerja dan fungsi layar handphone. Jika masalah Anda disebabkan oleh panas yang berlebihan di bagian layar handphone, cobalah mendinginkan handphone Anda selama beberapa saat. Anda dapat mematikan perangkat, atau jika memungkinkan mencabut baterai dan membiarkan handphone Anda dan pendingin alami selama 10-20 menit.




7. Uji Layar Dengan Mode Pengembang

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba mengakses mode pengembang untuk menyelesaikan masalah ini. Pilih opsi “Tampilkan Sentuhan” atau ‘Tampilkan Ketukan” di menu layar dan pastikan bahwa layar handphone Anda tidak berkendala ditandai dengan garis tidak putus-putus saat anda mengerakan layar dengan jari-jari anda Seperti gambardibawah. Jika ada masalah dalam mode pengembang, kemungkinan besar bahwa ponsel Anda mengalami kerusakan yang lebih besar seperti layar sentuh rusak dan harus segera diperbaiki sebagai solusi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian.

Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian dengan mode pengembang
Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian dengan mode pengembang

Kesimpulan

Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian tentu hal yang sangat mengkhawatirkan, Namun dengan beberapa trik mudah di atas, kamu bisa mengatasi masalah tersebut. Dari mulai reboot ponsel, melepaskan pelindung layar, hingga menguji layar dengan mode pengembang. Semua tips ini bisa membantu kamu dalam mengatasi layar hp yang tidak bisa disentuh sebagian.

Jangan lupa untuk memeriksa apakah masalah selesai sepenuhnya.Jika kendala tidak terselesaikan sebaiknya anda mengunjungi tempat service jika beberapa cara diatas tidak bisa menyelesaikan masalah anda. Selalu ingat bahwa pencegahan selalu lebih baik daripada perbaikan seperti halnya perangkat seperti handphone, jadi pastikan untuk memperlakukan ponsel dengan baik dan menjaganya agar tidak mengalami kerusakan.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × four =