Cara Melihat Aplikasi Palsu atau Tidak di Google Play Store

Cara Melihat Aplikasi Palsu atau Tidak di Google Play Store

Kotanopan.com. Mayoritas orang saat ini cenderung memilih untuk menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android. Hal ini disebabkan oleh kemudahan penggunaannya, ketersediaan dukungan yang luas di pasaran, serta beragamnya aplikasi yang dapat diakses. Sehingga dirasa perlu bagi kita untuk memahami Cara Melihat Aplikasi Palsu atau Tidak di Google Play Store.

Aplikasi untuk Android dapat diperoleh baik secara gratis maupun berbayar melalui Google Play Store, platform distribusi resmi yang dioperasikan oleh Google dan secara eksklusif ditujukan bagi pengguna smartphone Android.

Baca juga:
Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Android Berbagai Type
Cara Download Aplikasi dari play store Dengan Aman
Cara Download Lagu Spotify Tanpa Aplikasi Paling mudah 2024

Hal ini ternyata banyak dimanfaatkan oleh Penjahat untuk memberikan aplikasi palsu pada perangkat adnroid. Aplikasi palsu di Google Play Store yang dimaksud adalah kepada aplikasi yang tersamar sebagai aplikasi resmi, padahal sebenarnya memiliki maksud yang merugikan, seperti mencuri data pengguna atau menyebarkan malware.




Hal ini memberikan ancaman serius terhadap keamanan pengguna dan dapat menyebabkan kerugian yang signifikan. Oleh karena itu, sangat penting bagi pengguna untuk memperhatikan dan memverifikasi aplikasi sebelum mengunduhnya, serta menggunakan sumber yang terpercaya dalam memperoleh aplikasi untuk mengurangi risiko dari aplikasi palsu ini.

Cara Melihat Aplikasi Palsu atau Tidak di Google Play Store, bisa dilakukan sendiri oleh pengguna Android secara mudah.

1. Cari Di Play Store.

hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah membuka aplikasi Play Store, kemudian mengetikan nama Aplikasi tersebut. Jika kita melihat adanya aplikasi yang kita maksud dan tertulis “Update” atau “buka” di Play Store kita. Maka kemungkinan besar aplikasi yang kita instal adalah versi resmi dari Play store.

Namun jika aplikasi tersebut tidak tersedia di Play Store, maka besar kemungkinan bahwa aplikasi yang kita pasang di handphone bukan versi resmi dari Play Store. Untuk lebih jelasnya silahkan baca lebih lanjut.

Baca Juga:  Kebutuhan Laptop Untuk Proktor UNBK Online dan Semi Online

2. Ciri Aplikasi Resmi Play Store.

Salah satu hal yang bisa dijadikan sebagai pedoman awal untuk Melihat Aplikasi Palsu, bisa dilihat pada gambar dibawah. Dimana Aplikasi myIM3 yang kotanopan Instal di Android, juga terdapat di Play Store. Yang mana in adalah Ciri Aplikasi Resmi Play Store. Kita hanya perlu melakukan Update saja pada aplikasinya untuk mendapatkan versi terbaru.

Cara Melihat Aplikasi Palsu atau Tidak di Google Play Store
Cara Melihat Aplikasi Palsu atau Tidak di Google Play Store

3. Ciri Aplikasi Bukan Resmi dari Play Store.

Untuk melihat apakah aplikasi tersebut bukan dari play Store, kita juga bisa mencari namanya di tab pencarian. Dibawah adalah contoh Aplikasi Rview Plus yang kotanopan Instal di handphone android, kemudian coba kita cari di Plays store. ternyata aplikasi tersebut tidak tersedia. Hal ini menandakan bahwa aplikasi tersebut tidak tersedia di Play store dan umumnya di Instal melalui pihak Ketiga atau diluar sumber resmi.

Cara Melihat Aplikasi Palsu atau Tidak di Google Play Store 2
Cara Melihat Aplikasi Palsu atau Tidak di Google Play Store 2

Umumnya aplikasi tertentu yang tidak tersedia di Play Store memiliki alasan tertentu, bisa jadi karena dihapus Pihak Google ataukah di hapus pengembang. Atau karena aturan dan regulasi tertentu di sebuah negara melarang adanya aplikasi tersebut di Negara dan teritorialnya.

4. Gunakan Pencarian Google.

Jika Anda masih merasa ragu tentang aplikasi yang ingin diunduh, Anda dapat mencarinya terlebih dahulu melalui pencarian Google. Apabila aplikasi tersebut aman, Google akan menampilkan hasil pencarian yang relevan mengenai aplikasi tersebut. Sehingga anda akan langsung diarahkan Ke Play Store untuk mendowloadnya.




Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara untuk mengetahui apakah aplikasi yang tersedia di Google Play Store aman untuk diunduh atau diinstal di smartphone Anda. Aplikasi berbahaya dapat berdampak sangat merugikan, terutama jika aplikasi tersebut dapat menyusup dan mengambil data penting dari smartphone Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu berhati-hati dan memverifikasi keamanan aplikasi sebelum mengunduhnya.

 

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × one =