11 Cara Perbaiki handphone Charger error The Battery Contact Error

Charger error The Battery Contact Error

Kotanopan.com. Kendala Charger error The Battery Contact Error biasanya muncul pada handphone jenis Oppo. Ini adalah kesalahan umum yang muncul saat kita mengisi daya Handphone. Bahkan mungkin akana datang meskipun sebelumnya perangkat tidak menunjukan gejala kerusakan apapun. Lantas bagaimana cara Perbaiki handphone Charger error The Battery Contact Error Please Consult Consumer Service Center? Akan kotanopan bahas pada artikel dibawah cara dasar mengatasinya:

Charger error The Battery Contact Error
Charger error The Battery Contact Error

1. Restart Perangkat anda.

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mencoba me-restart perangkat Anda. Masalah Charger Error dan The Battery Contact Error karena kesalahan ringan dapat dengan mudah diperbaiki cukup hanya dengan me-restart handphone Anda. Cara Restart Perangkat anda, yaitu matikan handphone Anda, kemudian tunggu 1-2 menit dan nyalakan kembali.

2. Ganti Kabel Charger.

Masalah pada kabel charger yang rusak atau berkualitas buruk umumnya menjadi penyebab utama masalah Charger error The Battery Contact Error. Cobalah gunakan kabel charger Anda dengan yang baru dan pastikan kabel tersebut dalam kondisi baik, atau gunakan kabel charger original dan sudah dicoba pada perangkat lain. Jika masalahnya ada pada kabel charger, penggantian kabel akan bisa menjadi solusi yang efektif tanpa perlu ke tempat service.

3. Ganti Kepala Charger.

Selain Ganti Kabel Charger, kepala charger juga bisa menjadi sumber masalah karena arus yang tidak stabil, voltase terlalu rendah ataupun Ampere yang tidak sesuai dengan Handphone. Anda dapat mencoba mengganti kepala charger dengan yang original danatau kualitas lebih baik serta cocok dengan handphone Anda. Pastikan untuk memilih kepala charger yang sesuai dengan spesifikasi handphone Anda terutama jika perangkat mendukung Fast charging.




4. Dinginkan Handphone sejenak.

Matikan perangkat dan biarkan selama 30-40 menit, Saat handphone terlalu panas atau overheat, akan menyebabkan masalah pada pengisian daya. Terutama jika anda baru saja memakainya dalam waktu yang lama dan memainkan aplikasi yang berat seperti Game Online. Cobalah untuk mematikan handphone dan biarkan dingin sejenak sebelum mencoba mengisi daya lagi. Jangan lupa untuk menjaga suhu handphone Anda agar tidak terlalu panas saat digunakan agar perangkat tidak mati total.

5. Hapus Cache.

Menghapus cache aplikasi pada handphone Anda juga dapat membantu mengatasi masalah Charger Error dan The Battery Contact Error. Cache yang terlalu banyak dapat memperlambat kinerja handphone bahkan menyebabkan perangkat error. Anda dapat membersihkan cache dengan pergi ke pengaturan handphone dan mencari opsi untuk menghapus cache. Atau bisa juga gunakan Mode Recovey tanpa menghapus data utama Handphone.

6. Lakukan hard Reset.

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba melakukan hard reset pada handphone Anda. Meskipun demikian Melakukan hard Reset berarti menghapus semua data pada handphone termasuk foto, aplikasi dan akun-akun anda, jadi pastikan anda sudah menyadari resikonya terlebih dahulu.

Baca juga:
Memperbaiki Handphone Tidak Dapat Tersambung Ke Kamera
10 Cara Perbaiki Handphone Restart Terus Infinix Note 7 Lite
Perbaiki Versi Youtube Ini Sudah Usang Dan Tidak Ada Pembaruan

7. Periksa dan ganti Battery.

Jika masalah Charger error The Battery Contact Error masih belum terselesaikan, ada kemungkinan bahwa masalahnya terletak pada baterai handphone Anda. Langkah ini memerlukan beberapa peralatan dan keahlian untuk memperbaikinya. Pertama buka penutup baterai bagian belakang kemudian Periksa baterai Anda dan pastikan itu dalam kondisi baik. Gunakan multitmeter untuk memeriksa tegangan, jika nilai tegangan ada dibawah 3,9 Volt maka besar kemungkinan baterai rusak dan anda perlu mengantinya.

Kerusakan baterai kedua umumnya terjadi pada bagian Fuse PCB baterai. letak fuse ada di bagian Board PCB, umumnya jika fuse rusak maka baterai tidak akan bisa di isi bahkan tegangan akan turun serta tidak terbaca. Pada beberapa kasus masalah Charger error The Battery Contact Error masih belum terselesaikan meskipun anda mengganti baterai yang baru karena PCB beberapa Baterai mungkin tidak Original. Solusinya adalah anda bisa melepas PCB baterai Lama dan memasangnya pada baterai yang baru. Charger error The Battery Contact Error Please Consult Consumer Service Center karena kerusakan baterai umumnya bisa selesai dengan cara ini.

8. Periksa konektor Charger

Konektor charger pada handphone Anda juga bisa menjadi penyebab masalah Charger error The Battery Contact Error Please Consult Consumer Service. Perhatikan bagian dalam konektor apakah ada kuningan konektor yang patah, terlipat atau saling bersentuhan. Pastikan juga bagian konektor charger bersih dan tidak ada kotoran yang menghalangi Charger.




9. Periksa PCB charger.

Untuk melakukan pemeriksaan PCB charger anda harus membongkar penutup belakang dan melepas konektor bagian belakang, pastikan anda memiliki peralatan dan pengetahuan cukup. PCB charger adalah komponen utama dalam pengisian baterai handphone. Periksa tegangan PCB charger Anda untuk memastikan tidak ada kerusakan fisik atau komponen yang rusak. Jika ditemukan masalah seperti tegangan kurang ataupun komponen terbakar, sebaiknya anda untuk menggantinya.

10. Bersihkan PCB dan Jalur pengisian

Jika PCB charger terlihat normal dan tidak ada komponen terbakar, saatnya anda membersihkan PCB dan jalur pengisian pada handphone Anda. Pastikan melepas PCB dari mesin utama sebelum membersihkan, cara ini dapat membantu memperbaiki masalah Charger Error dan The Battery Contact Error karena kotoran yang membuat kaki-kai komponen bersentuhan. Anda perlu hati-hati membersihkan bagian-bagian tersebut, bisa gunakan Tiner atau minyak kayu putih untuk membersihkah jalur.

11. Flash Ulang.

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba untuk melakukan flash ulang handphone Anda untuk memperbaiki Charger error The Battery Contact Error. Flash ulang adalah proses untuk menginstal ulang sistem operasi pada handphone Anda. Cara ini memerlukan keahlian dan laptop atau komputer, pastikan anda memiliki pengalaman dan alat yang memadai. Cara ini adalah langkah terakhir yang dapat Anda coba sebelum membawa handphone ke tempat service terpercaya.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 + 5 =