Cara Memperbaiki Aplikasi Android yang Tidak Berfungsi Normal

Aplikasi Android yang Tidak Berfungsi Normal perlu update

Kotanopan.com. Cara Memperbaiki Aplikasi Android yang Tidak Berfungsi Normal atau error. Seperti juga kesalahan Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store saat Download Aplikasi. Apalagi jika aplikasi tersebut tidak memiliki subtitusi atau aplikasi penganti lainya. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara untuk memperbaiki masalah pada Aplikasi Android yang Tidak Berfungsi Normal atau error.. Dalam artikel ini, Anda akan membaca tentang beberapa cara yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah aplikasi Android yang error. Dimulai Dari update play store hingga ke lokasi geografis, Anda akan mulai cara untuk memperbaiki masalah aplikasi Android yang tidak berfungsi langkah demi langkah yang kotanopan.com tulis.

1. Update Play Store

Salah satu cara untuk memperbaiki masalah aplikasi Android yang tidak berfungsi normal adalah dengan memperbarui Play Store. Caranya pernah kotanopan.com tulis di Cara Memperbaiki Playstore Yang Tidak Bisa Mendownload Aplikasi. Pastikan bahwa Anda sudah memiliki versi terbaru Play Store, karena kadang-kadang masalah yang timbul dari aplikasi Android disebabkan oleh versi Play Store yang sudah usang. Terutama untuk beberapa aplikasi Game atau permainan yang memerlukan akses internet.

2. Salah Memilih Akun Google

Sering kali, masalah aplikasi Android yang tidak berfungsi normal disebabkan oleh salah memilih akun Google. Akun Google pribadi, perusahaan, guru / pengajar atau akun anak memiliki akses terhadap aplikasi yang berbeda hal ini pernah kotanopan jelaskan pada Cara Mengaktifkan Fungsi Kontrol Orang Tua pada Android Play store. Beberapa aplikasi menautkan layanan dengan akun google anda. Pastikan bahwa Anda log in dengan akun Google yang terkait dengan aplikasi tersebut. Jika Anda hanya memiliki satu akun Google, maka ini bukan masalah yang perlu Anda khawatirkan. Namun, jika Anda memiliki lebih dari satu akun Google, maka pastikan bahwa Anda memilih akun yang benar terlebih dahulu sebelum membuka aplikasi. Atau mungkin anda perlu membuat akun Google baru.

Cara Memperbaiki Aplikasi Android yang Tidak Berfungsi Normal
Cara Memperbaiki Aplikasi Android yang Tidak Berfungsi Normal

3. OS Android Sudah Usang

Masalah aplikasi Android yang tidak berfungsi normal juga bisa disebabkan oleh sistem operasi Android yang sudah usang serta tidak mendapat dukungan lagi dari pengembang aplikasi. Hal ini menyebabkan Error pada saat digunakan. Memperbaiki Aplikasi Android karena versi OS sudah usang bisa dikatakan sangat sulit dan belum bsia di selesaikan selain update Perangkat atau Sistem operasi Baru. Hal ini pernah kami ulas pada artikel Oktober 2023 Whatsapp Tidak Lagi Didukung di Telepon Ini . Pastikan bahwa Anda menggunakan versi sistem operasi Android yang masih di dukung oleh aplikasi yang anda instal. Anda dapat memeriksa apakah sistem perangkat didukung oleh aplikasi dengan masuk ke Pengaturan > Info perangkat > Pembaruan sistem. Jika ada pembaruan yang tersedia, lakukan update untuk memperbaiki masalah aplikasi Android yang tidak berfungsi normal. jangan lupa juga memastikan versi dasar android anda.

4. Bersihkan Data Pada Aplikasi

Jika cara Memperbaiki Aplikasi Android yang Tidak Berfungsi Normal belum berhasil, cobalah untuk membersihkan data pada aplikasi. Anda dapat melakukannya dengan masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Pilih aplikasi yang tidak berfungsi normal> Bersihkan Data. Setelah data aplikasi dihapus, coba untuk membuka aplikasi yang bermasalah kembali.




5. Versi Aplikasi Sudah Usang

Banyak kasus aplikasi Android yang tidak berfungsi normal atau error disebabkan oleh versi aplikasi yang sudah usang dan tidak pernah di update. Periksa apakah ada pembaruan aplikasi yang tersedia di Play store. Jika ada, lakukan update untuk memperbarui aplikasi dan memperbaiki masalah yang mungkin terjadi pada aplikasi tersebut, kemudian buka kembali aplikasi.

Aplikasi Android yang Tidak Berfungsi Normal perlu update
Aplikasi Android yang Tidak Berfungsi Normal perlu update

6. Lokasi Geografis Negara Tidak Didukung

Beberapa aplikasi hanya tersedia dan bisa digunakan pada beberapa negara. Jika aplikasi Android yang tidak berfungsi normal adalah aplikasi yang hanya tersedia di negara tertentu, cobalah untuk menggunakan VPN untuk mengakses aplikasi tersebut. Jika tetap tidak bisa menyelesaikan Memperbaiki Aplikasi Android maka anda perlu merubah regional negara pada Play store ke Regional Indonesia serta menungu 2x24jam untuk mengunakan aplikasi kembali. Hal ini biasa dilakukan terhadap Aplikasi Android yang Tidak Berfungsi Normal pada saat salah mengatur regional negara.

Baca juga:
Perbaiki Kenapa Aplikasi Shopee Tidak Bisa Dibuka di Android
Cara Rubah word Ke PDF Offline Mudah Tanpa Aplikasi

7.  Kerusakan Perangkat Keras (hardware)

Bisa jadi, bukan masalah pada perangkat lunak yang menjadi penyebab bila aplikasi eror. Bisa saja ada masalah pada perangkat keras yang memerlukan perbaikan atau penggantian. Memang kita perlu melakukan perbaikan bahkan mungkin harus mengeluarkan jumlah uang untuk memperbaiki perangkat keras pada perangkat bila ingin mengatasi aplikasi android error.

WajiB Baca  Cara Upgrade Dana Premium Tanpa KTP 2023, Emang bisa? yuk kita cek

Contohnya adalah ketika anda, hendak menggunakan aplikasi yang memerlukan koneksi Wifi atau inframerah. Jika Bluetooth ponsel kamu rusak atau perangkat tidak memiliki inframerah. Maka hal ini kemungkinan akan menyebabkan masalah dalam fungsi aplikasi. Atau contohnya jika aplikasi memerlukan login sidik jari namun sensor sidik ajri perangkat kamu tidak berfungsi, maka bisa dipastikan aplikasi tidak akan berfungsi. Memperbaiki Aplikasi Android karena kendala hardware sebaiknya anda membawa ke tempat service berpengalaman dan bisa dipercaya.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen − 10 =