Cara Melihat Penggunaan RAM GPU dan CPU di Windows 10 dan 11

Melihat Penggunaan RAM GPU dan CPU di Windows 11 dengan Performance Monitor.

Kotanopan.com. Cara Melihat Penggunaan RAM GPU dan CPU di Windows 10 dan 11. CPU (Central Processing Unit) adalah inti dari komputer Anda. Fungsinya adalah menjalankan program dan melakukan tugas-tugas lainnya. Semakin cepat CPU Anda, semakin lancar kinerja komputer Anda.Namun, jika CPU terlalu banyak digunakan, komputer Anda bisa menjadi lambat atau bahkan terhenti. Memori, yang juga dikenal sebagai RAM (Random Access Memory), adalah tempat sementara untuk menyimpan program dan data yang sedang digunakan.

Semakin besar memori atau RAM Anda, semakin banyak program yang bisa dijalankan tanpa masalah. Namun, jika memori yang tersedia tidak mencukupi, kinerja komputer Anda bisa menjadi buruk. Oleh karena itu, penting untuk memantau penggunaan CPU, RAM, dan juga GPU (Graphics Processing Unit) agar komputer Anda tetap beroperasi dengan baik.

Jika komputer Anda lambat, ada baiknya Anda memeriksa kembali apa yang menghabiskan sumber daya Anda., serta Melihat Penggunaan RAM GPU .Namun, bagaimana Anda bisa memeriksa penggunaan perangkat keras Anda di Windows 10 dan 11? Akan kami ulas dibawah dengan beberapa cara yang umum digunakan tentunya.

1. Mengunakan Task Manager.

Task Manager adalah salah satu utilitas utama dalam Windows 11 untuk memantau sumber daya sistem. Alat ini adalah cara paling mudah untuk melihat program dan proses yang sedang berjalan, serta seberapa banyak sumber daya yang digunakan oleh masing-masing program dan proses tersebut, Caranya cukup ikuti langkah dibawah:

– Untuk membuka Task Manager, Anda dapat menekan tombol CTRL + Shift + Esc pada keyboard.
– Setelah itu, klik tab “Proceses“. Di tab ini, Anda akan melihat penggunaan RAM/ Memory, CPU, dan disk sistem Anda, bersama dengan informasi jaringan.
– Untuk melihat penggunaan RAM, pilih bagian “Memori”. Di bagian ini, Anda akan melihat berapa banyak memori yang sedang digunakan oleh sistem dan aplikasi di windows 10.




2. Melihat Penggunaan RAM GPU dan CPU di Windows 11 dengan Performance Monitor.

Performance Monitor adalah alat bawaan pemantauan tingkat lanjut yang tersedia di Windows 11. Alat ini dirancang untuk membantu menganalisis kinerja sistem dan penggunaan sumber daya pada komputer atau laptop yang menjalankan windows 10, serta memberikan ringkasan sistem, laporan kinerja, dan grafik kinerja real-time. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melihat detail kinerja dan penggunaan sumber daya sistem dengan Performance Monitor di Windows 11:

Baca juga:
Cara Melihat Disk Management Pada Windows 11 dan 10
Memperbaiki Folder Access Denied Windows 11 Mudah efektif
8 Cara Mengembalikan Kursor Laptop Yang hilang pada Windows

Melihat Penggunaan RAM GPU dan CPU di Windows 11 dengan Performance Monitor.
Melihat Penggunaan RAM GPU dan CPU di Windows 11 dengan Performance Monitor.
  1. Buka menu Start dengan menekan tombol Windows pada keyboard (letaknya di kiri bawah).
  2. Ketik “Performance Monitor” di kotak pencarian, lalu tekan Enter.
  3. Pilih “Performance ” di sisi kiri atas Tab untuk melihat ringkasan penggunaan sumber daya sistem.
  4. Klik “Performance Monitor” untuk melihat data kinerja real-time. Secara default, grafik akan menampilkan penghitung kinerja prosesor.
  5. Untuk menambahkan penghitung lain ke grafik, klik tombol “+ Tambah”.
  6. Pilih penghitung yang Anda inginkan, seperti “Memori”, pada jendela yang muncul di bawahnya. Baris byte yang dikomit untuk penghitung “Memori” akan menyoroti penggunaan RAM rata-rata dari waktu ke waktu.
  7. Tekan tombol “Tambah”.
  8. Klik “OK” untuk melihat data kinerja dari penghitung yang Anda pilih pada grafik.

Baca Juga:  Memperbaiki Aplikasi Zoom yang tidak bersuara dan tidak bisa dibuka

3. Cek penggunaan Dengan Resource Monitor

Resource Monitor adalah alat yang mirip dengan Performance Monitor. Digunakan untuk Melihat Penggunaan RAM GPU, serta  memberikan lebih banyak informasi terperinci tentang bagaimana aplikasi Anda menggunakan CPU. Anda dapat menggunakan alat ini untuk membantu memutuskan cara meningkatkan kinerja aplikasi Anda.




4. Menggunakan Aplikasi HWMonitor

Jika alat bawaan di Windows tidak memenuhi kebutuhan Anda. Sebagai alternatif Cara Melihat Penggunaan RAM GPU dan CPU di Windows 10 dan 11, kotanopan memiliki banyak saran alat pihak ketiga yang dapat digunakan untuk memantau sumber daya sistem. Salah satu pilihan yang bisa Anda coba adalah CPUid HWMonitor, sebuah program kecil gratis dan bersumber terbuka yang sederhana dan ringan. Alat ini menampilkan informasi tentang penggunaan CPU, GPU, memori, dan disk secara sekilas. Selain itu, Anda juga dapat memantau suhu minimum dan maksimum Procesor, serta kecepatan kipas untuk berbagai komponen PC.

Baca Juga:  11 Cara Perbaiki laptop lambat loading Windows 10 dan 11
Melihat Penggunaan RAM GPU cpuID
Melihat Penggunaan RAM GPU cpuID

Kotanopan sendiri merasa lebih nyaman dengan HWMonitor CPUID, karena memiliki tampilan lebih lengkap dan mudah di mengerti. Setelah Anda selesai Melihat Penggunaan RAM GPU dan CPU di Windows 10 dan 1, ANda hanya perlu mengidentifikasi program atau proses latar belakang yang menghabiskan sebagian besar sumber daya, Anda dapat menutupnya. Dengan melakukan hal ini, Anda akan melihat peningkatan kinerja sistem secara keseluruhan karena sumber daya yang tadinya digunakan oleh program tersebut akan dilepaskan dan tersedia untuk digunakan oleh aplikasi atau proses yang lebih penting.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 2 =