Solusi Hard Disk Error Please Run The Hard Disk Test 3F1

Solusi Hard Disk Error Please Run The Hard Disk Test 3F1

Kotanopan.com. Solusi Hard Disk Error Please Run The Hard Disk Test 3F1 pada laptop HP. Jika tiba-tiba kita menemukan masalah pada laptop dengan keterangan “Hard Disk Error Please run the Hard Disk Test in System Diagnostics. Hard Disk 1 (3F1) F2 System Diagnostics” beserta munculnya layar berwarna biru pada layar laptop tentu kita akan merasa panik ditambah jika data yang tersimpan adalah data penting dan krusial yang akan kita butuhkan. Error diatas adalah salah satu ciri-ciri hard Disk rusak dan bisa dibaca lebih lanjut dibawah.

Solusi Hard Disk Error Please Run The Hard Disk Test 3F1
Solusi Hard Disk Error Please Run The Hard Disk Test 3F1 (dokpri)

Kerusakan Disk Error merupakan kesalahan yang cukup fatal yang bisa mengakibatkan BSOD atau “Blue Screen of Death” beserta tampilan layar biru pada PC atau laptop anda. Kesalahan Hard Disk Error Please Run The Hard Disk Test umumnya terjadi karena hardisk mengalami kerusakan mekanis atau beberapa kerusakan lainnya. Akibatnya, sistem PC atau laptop pun menjadi terganggu serta memunculkan informasi kesalahan Hard Disk. Solusi Hard Disk Error Please Run The Hard Disk Test 3F1 yang bisa dicoba adalah:

1. Restart Komputer Atau laptop

Lakukan Restart pada komputer atau laptop sebagai pertolongan pertama, jika tombol shutdown tidak ditemukan maka cara yang bisa digunakan adalah “tekan tahan tombol power sekitar 5-15 detik” hingga komputer atau laptop mati, hal ini biasa di sebut “forces shutdown”. lalu hidupkan kembali secara normal.

2. Hard Reset Laptop.

Selain cara restart kita juga patut mencoba melakukan Hard Reset Laptop, cara ini berbeda dengan hard r eset pada handphone dan tidak akan menghapus data yang ada. Pertama matikan laptop atau komputer, cabut semua kabel daya, mouse lalu Kemudian lepaskan baterai, RAM bahkan hardisk yang ada pada motherboard. Langkah terakhir Tekan dan tahan tombol daya sekitar 30-40 detik untuk melepaskan sisa arus di papan yang disimpan dalam kapasitor dan komponen lain. Lalu rakit kembali can coba hidupkan. Cara ini terkadang menjadi Solusi Hard Disk Error Please Run The Hard Disk Test 3F1 yang cukup efektif.

Kesalahan Hard disk error HARD DISK 1 (3F1) banyak dikaitkan dengan laptop merk HP dan muncul ketika hard drive laptop tempat menyimpan OS rusak atau lepas dari konekteronya, atau bisa juga karena tidak terbaca oleh komputer. Error HARD DISK 1 (3F1) juga bisa terjadi karena adanya file sistem operasi yang rusak (disebabkan oleh bad sector pada harddisk). Laptop HP dengan hard drive yang terpengaruh menampilkan kesalahan saat Anda menyalakannya.




3. Lakukan Reset Pada BIOS laptop.

Perlu di ingat, cara ini akan mengembalikan pengaturan BIOS namun tidak akan menghapus data yang ada, termasuk windows dan lainya. Akan tetapi jika laptop diatur dalam Mode UEFI atau Legacy mungkin anda perlu memperbaiki pengaturan lagi nantinya. Cara Reset Bios Pada laptop adalah.
– Matikan laptop Anda dan tunggu selama 10 -20 detik
– Nyalakan dan mulai tekan F10 berulang-ulang  untuk masuk ke BIOS
– Tekan F9 di layar BIOS untuk memilih dan memuat Pengaturan Default Pengaturan BIOS .
– Tekan tombol F10 untuk menyimpan pengaturan dan keluar dari BIOS
– Gunakan tombol panah untuk memilih Ya saat diminta lalu tekan Enter.
– Laptop akan mulai restart kembali.

4. Jalankan Diagnostik System.

Diagnostik sistem umum digunakan jika mengalami masalah Hard Disk Error Please Run The Hard Disk Test 3F1 pada laptop HP. Caranya cukup mudah dan dimulai saat laptop memunculkan layar kesalahan warna biru:
– Tekan tombol ‘F2′, untuk meluncurkan HP Hardware Diagnostics.
– Jalankan tes “pendek” atau “short test”
– Umumnya test pendek atau “short’ akan berjalan beberapa menit
Jika hasil pengujian pendek mengalami kegagalan atau failed, sebaiknya jangan lakukan pengujian versi lama, karena kegagalan pengujian awal menandakan ada kesalahan pada hard Disk dengan 2 kemungkinan:

1. Hard Disk Anda benar-benar tidak dapat dibaca lagi alias rusak parah. Anda perlu membeli disk-drive baru, dan menginstal ulang Windows ke dalamnya.

2. Hard Disk Anda berada dalam status “kritis” memang belum mati, tetapi kotanopan menduga “segera akan mati”. Dalam hal ini, belilah Hard Disk baru, dan backup Semua data yang anda miliki segera mengunakan Hard Disk Eksternal, jika anda binggung memilih silahkan baca artikel yang kotanopan sediakan di Tips Memilih Hardisk Eksternal Terbaik Menurut Saya.

Baca juga:
Ciri-ciri VGA Card Laptop Rusak penyebab dan solusinya
Memperbaiki Keyboard Acer ES1-411 Tidak berfungsi Setelah Instal Ulang
Penyebab Harddisk Tidak bisa Instal Windows dan cara memperbaikinya
Cara instal windows 7 di laptop lenovo B40 dengan USB flashdisk

5. Lepaskan Hard Drive dan Uji Dengan perangkat lain

Jika sistem Anda menjalankan Windows versi lama, bisa jadi driver tidak diinstal dengan lengkap, dalam hal ini kotanopan asumsikan anda baru saja melakukan instal ulang dan muncul masalah Hard Disk Error Please Run The Hard Disk Test 3F1 dan hal itu bisa menjadi penyebab mengapa sistem Anda gagal melakukan booting dan terjebak pada kesalahan BSOD atau “Blue Screen of Death” Oleh karena itu, pertama-tama periksa dan instal ulang kembali semua system beserta driver SATA.

Selain itu Anda juga bisa coba melepas hard Disk dari laptop dan mengujinya dengan menghubungkan ke PC lain menggunakan konektor SATA ke USB atau biasa dikenal sebagai hard Disk Eksternal yang kotanopan bahas diatas.. Jika drive Anda masih tidak dikenali, mungkin drive tersebut rusak atau korup.




Kesimpulan:

Solusi Hard Disk Error Please Run The Hard Disk Test 3F1 diatas adalah hal yang umum dilakukan saat laptop menemukan kesalahan hard disk dan menampilkan layar biru ketika di mulai ulang. Jika cara-cara diatas sudah anda coba namun tidak memberikan hasil maksimal, sebaiknya ada menganti diska keras atau membawa laptop ke tempat service terpercaya.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − seventeen =