Fungsi Recovery Mode Dan Cara Masuk ke Recovery Mode Android

Fungsi Recovery Mode pada android

Kotanopan.com. Kali ini kita akan membahasa mengenai. Fungsi Recovery Mode Dan Cara Masuk ke Recovery Mode Android. Namun sebelumnya kotanopan harap kita semua tidak perlu mengunakan fungsi pemulihan ini. Karena umumnya Recovery mode digunakan ketika perangkat android bermasalah.

Secara garis besar Fungsi Recovery Mode adalah, sistem padaAndroid yang digunakan untuk menginstal pembaruan dan menghapus data. Serta membersihkan file serta hal-hal buruk yang mungkin ada diperangkat kita, seperti malware, aplikasi yang membuat perangkat macet dan lainya.

Dengan mengunakan Mode Recovery kita bisa mereset keseluruhan pengaturan serta menghapus semua data pada handphone. Tentu saja termasuk file penting anda, foto lagu dokumen serta apapun yang ada di dalamnya. Termasuk aplikasi, kecuali aplikasi bawaan dari pabriknya tentunya. Pada pengaturan Recovery mode anda bisa mengunakan Tombol Volume + dan – untuk memindah menu, serta mengunakan tombol “power” untuk memilih menunya.

Fungsi Recovery Mode pada android
Fungsi Recovery Mode pada android

Kotanopan.com menyarankan jangan bermain-main dengan recovery mode jika anda tidak menguasainya, Karena akan berakibat fatal pada perangkat dan data anda.

Beberapa fungsi Fungsi Recovery Mode diantaranya:

Reboot: Menu ini berfungsi untuk keluar dari antarmuka Recovery Mode. Jika anda mencari cara keluar dari Recovery Mode maka menu “reboot” dengan tulisan Reboot System Now (Mulai Ulang Sistem Sekarang), adalah pilihanya.

Backup & Restore: Opsi ini digunakan untuk mencadangkan & memulihkan cadangan yang dibuat sebelumnya. Beberapa pembuat perangkat menyediakan piliha yang berfungsi untuk membuat cadangan data pengguna dan mengembalikannya jika diperlukan. Hal ini juga bisa dilakukan ketika perangkat mengalami masalah secara tiba-tiba atau error.

Wipe Cache Partition : Ini adalah salah satu Fungsi Recovery Mode yang cukup populer. Digunakan untuk membersihkan residu cache. Cache adalah file datasementara yang disimpan oleh sistem untuk mempercepat akses ke sebuah aplikasi nantinya. Tindakan menghapus cache umumnya akan mengosongkan ruang penyimpanan dan juga biasa digunakan untuk memperbaiki beberapa masalah ringan. Seperti memory yang terlalu penuh, ataupun aplikasi yang error.




Advanced : Menu Tingkat Lanjut ini dapat menyediakan akses ke opsi yang lebih komlek, canggih, seperti pengaturan pengembangan atau pemecahan masalah yang parah, namun hal ini khusus untuk pengguna yang memiliki pengetahuan yang lebih dalam tentang android. Jadi jangan coba-coba dengan menu ini tentunya.

Baca Juga:  Cara agar baterai laptop lebih awet tahan lama dan Tidak Drop

Wipe Data/Factory Reset : fungsi ini berguna untuk Hapus Data/Pengaturan Pabrik, dengan kata lain Wipe Data/Factory Reset memungkinkan pengguna android untuk menghapus semua data yang tersimpan di perangkat dan mengembalikannya ke pengaturan awal seperti keluar dari pabrikan. Termasuk anda akan kehilangan akses akun anda juga. Sebaiknya jangan mengunakan pilihan ini jika perangkat masih bekerja normal.

Reboot to bootloader; Mode bootloader sering digunakan untuk mem-flash ROM kustom atau sistem operasi alternatif lainya. Namun bisa juga untuk melakukan pemecahan masalah yang lebih komplek, seperti mengembalikan program pertama sebelum Update. Ini adalah salah satu Fungsi Recovery Mode yang umum digunakan untuk perbaikan besar pada software.

Baca juga:
Penjelasan Safe Mode dan fungsinya Pada Handphone Android
Cara Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Mengetik Pada Android
Arti sideloading android dan Bahayanya yang Mengintai kita

Jika anda ingin memodifikasi sistem operasi atau melakukan perbaikan yang membutuhkan akses ke dalam tingkat yang lebih dalam seperti ROM dari sistem perangkat android, maka kita perlu memulai ulang perangkat ke dalam mode bootloader, dengan menu “Reboot to bootloader” tentunya.

Cara Masuk ke Recovery Mode Android

Beberapa pabrikan seringkali memberikan cara yang berbeda untuk mengakses Recovery Mode pada produk mereka. Dibawah akan coba kotanopan rangkum beberapa diantaranya:

Recovery Mode HP Android Xiaomi: Matikan perangkat, kemudian Tekan dan tahan tombol Power dan Volume Up (naik) secara bersamaan selama beberapa saat 5-10 detik. Ketika logo Xiaomi muncul, lepaskan tombol Power dan tetap tahan tombol Volume Up. Kamu akan masuk ke mode pemulihan.

Baca Juga:  Prospek Adsense Google Pasca pandemi Covid Berakhir 2023

Cara diatas juga bisa digunakan untuk Handphone Vivo, Oppo serta beberapa handphone samsung. Khusus untuk samsung dengan tombol “home” umumnya selain tombol power dan volume kita juga perlu memencet tombol Home dibagian bawah layar.




Cara masuk Mode Pemulihan HP Android Realme: Matikan dahulu handphone Tekan tombol volume turun dahulu baru kemudian tekan tahan tombol Daya. Tahan kedua tombol maka anda akan melihat tampilan recovery mode. Cara diatas juga umum digunakan untuk Handphone LG, Android OnePlus, motorola dan Android Google Pixel.

Keluar dari mode recovery : Jika anda sudah selesai dengan mode pemulihan beserta Fungsi Recovery Mode. Pilih menu “reboot” dengan tulisan Reboot System Now (Mulai Ulang Sistem Sekarang). Perangkat akan restart kemudian menyala dengan normal. Mudah bukan? Jangan lupa kunjungi facebook admin https://web.facebook.com/wahywics/ jika memiliki pertanyaan .

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 6 =