Cara Membuat VPN Android: Protokol L2TP IPSEC Bawaan Android

Cara Membuat VPN Android masukan pengaturan

Kotanopan.com. Kita tentu sudah tidak asing dengan istilah “penyedia VPN”, namun pernahkah anda berfikir untuk Membuat VPN Android: Protokol L2TP IPSEC Bawaan Android sendiri? Yup kali ini kotanopan akan membagikan cara membuat koneksi VPN default milik android, sehingga kita tidak perlu instal Aplikasi VPN dari luar system. Artikel ini menjabarkan langkah demi langkah cara mengatur koneksi protokol L2TP VPN untuk perangkat Android saja.

Sejujurnya Sudah lama VPN banyak di gunakan pada perkantoran, gedung-gedung pemerintah dan swasta di seluruh dunia, untuk mendapat akses remote dengan keamanan yang lebih ketika menjelajah internet. Cara Membuat VPN Android: Protokol L2TP IPSEC Bawaan Android juga tidaklah rumit. Meskipun saat ini VPN lebih sering digunakan untuk melewati pemblokiran akses internet.

Penjelasan Protokol L2TP IPSEC Android

Pada kesempatan kali ini, Kotanopan.com akan menjelaskan tentang penerapan L2TP/IPSEC. L2TP/IPSEC adalah sebuah protokol VPN (Virtual Private Network) yang memungkinkan kita untuk terhubung ke jalur VPN dengan aman dan terenkripsi. Protokol ini terdiri dari beberapa komponen, termasuk username, password, dan password share, yang digunakan untuk otentikasi dan mengamankan koneksi.

Sebenarnya, sistem operasi Android telah menyediakan aplikasi VPN bawaan yang dapat Anda gunakan untuk mengakses koneksi VPN tanpa perlu mengunduh aplikasi dari pihak ketiga. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memasukkan akun L2TP/IPSEC VPN atau akun PPTP VPN secara langsung ke dalam pengaturan VPN pada perangkat Android.

Baca Juga:  Cara Menambahkan Suara musik pada Status WhatsApp Sendiri

Menggunakan VPN bawaan dari Android dapat memberikan beberapa keuntungan, salah satunya adalah penghematan penggunaan RAM serta Sumber daya perangkat. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa aplikasi VPN pihak ketiga biasanya memerlukan sumber daya tambahan yang dapat mempengaruhi kinerja perangkat, termasuk penggunaan RAM yang lebih tinggi.




Dengan menggunakan VPN default dari Android, Anda dapat meminimalkan penggunaan sumber daya tambahan dan meningkatkan kinerja perangkat Anda. Selain itu, penggunaan VPN bawaan juga memastikan keamanan dan privasi data yang lebih baik, karena tidak perlu bergantung pada aplikasi dari pihak ketiga yang mungkin memiliki risiko keamanan tambahan.

Mempelajari Cara Membuat VPN Android merupakan langkah penting dalam memaksimalkan penggunaan fitur VPN bawaan dan meningkatkan keamanan serta privasi dalam koneksi internet Anda. Dengan memanfaatkan fitur ini secara efektif, Anda dapat mengakses internet secara lebih aman dan efisien dengan perangkat Android Anda.

Baca juga:
Beberapa VPN Untuk Chome Dan cara mengunakanya secara Gratis
Bahaya VPN Kekurangan Dan Kelebihan VPN, Baca dulu sebelum Mengunakan VPN
Pengertian Server Proxy, kekurangan kelebihan dan Jenisnya

Cara Membuat VPN Android: Protokol L2TP IPSEC Bawaan Android

Buka website penyedia VPN, kita bisa mencoba mengunakan https://hidessh.com/l2tp ataupun https://www.smartdnsproxy.com/ mereka menyediakan layanan gratis dan berbayar, Jika anda hanya ingin mengunakan sementara sebaiknya pilih saja layanan gratis untuk mencoba layanan mereka.

VPN yang menggunakan protokol L2TP/IPSEC memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada VPN yang menggunakan protokol PPTP, LT2P, dan IPsec. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa protokol tersebut lebih usang dan telah digantikan oleh protokol VPN yang lebih baru, seperti SSTP dan L2TP/IPSEC.

Dengan menggunakan protokol L2TP/IPSEC, kita dapat memastikan bahwa koneksi VPN Anda terenkripsi dengan kuat dan aman, sesuai kebutuhan kita. Sehingga data yang Anda kirimkan melalui koneksi tersebut tetap terlindungi dari pengintai dan serangan yang berpotensi merusak. Ini menjadikan penggunaan protokol L2TP/IPSEC sebagai pilihan yang lebih disarankan untuk meningkatkan keamanan dalam menggunakan layanan VPN.




Karena hidessh belum memiliki server VPN di Indonesia, maka kita perlu memilih negara terdekat yang memiliki server. Kita bisa memilih Singapura sebagai “point” VNP kita nantinya. Saat inni mereka memiliki 6 Server di Singapura, dan terbagi menjadi 3 “Line”. Layak dicoba untuk kita yang tingal di Indonesia, karena jarak yang “dekat” sehingga delay tidak akan terlalu lama.

Baca Juga:  Informasi Jadwal Pendaftaran Prakerja Gelombang 17 kuartal II 2021

Silahkan mendaftar pada website mereka, kemudian buat pengaturan VPN sesuai yang dibutuhkan. Setelah akun VPN L2TP/IPSEC Anda telah selesai, langkah selanjutnya adalah memasukkannya ke dalam pengaturan VPN bawaan pada perangkat Android Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Cara Membuat VPN Android buat akun
Cara Membuat VPN Android buat akun
  1. Buka Aplikasi Pengaturan pada perangkat Android Anda.
  2. Pilih opsi “Koneksi” dari menu pengaturan.
  3. Lanjutkan dengan memilih opsi “Pengaturan Koneksi Lainnya”.
  4. Selanjutnya, pilih opsi “VPN” dari daftar koneksi yang tersedia.
  5. Pilih opsi “Tambahkan Profil VPN” untuk memulai penambahan profil VPN baru.
  6. Pada tahap ini, masukkan detail akun VPN L2TP/IPSEC yang telah Anda buat sebelumnya sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

Masukan Pengaturan ke Handphone Android.

Setelah setting kita dapat dari akun hidessh, yang perlu dilakukan hanyalah memasukan setting tersebut ke Handphone android kita. sesuai dengan Port dan keterangan masing-masing isian. Jika anda merasa ragu silahkan perhatikan gambar dibawah untuk memasukan infromasi guna Membuat VPN Android: Protokol L2TP IPSEC Bawaan Android.

Cara Membuat VPN Android masukan pengaturan
Cara Membuat VPN Android masukan pengaturan

Mudah bukan Cara Membuat VPN Android: Protokol L2TP IPSEC Bawaan Android? dari beberapa informasi, cara diatas lebih efisien dibandingkan VPN versi aplikasi. Baterai handphone lebih awet, serta tidak mudah panas. Dan tentu saja iklan sangat minim sekali. Bagaimana? tertarik untuk mengunakan koneksi VPN pribadi milik anda sendiri?

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 2 =