Tips Memilih Monitor Komputer Game dan Layar Editor Video

Memilih Monitor Komputer Game dan Layar Editor Video

Kotanopan.com. Untuk Editor video ataupun hobi game Layar adalah hal yang sangat penting dan krusial. Sehingga pemilihan komponen tersebut memang merlukan pertimbangan tertentu. Kali ini kotanopan akan membahas Tips Memilih Monitor Komputer Game dan Layar Editor Video. Karena masih banyak yang sering memberikan beberapa pertanyaan ke kami terkait hal tersebut.

1. Segi Ukuran Layar.

Kotanopan sendiri lebih memilih menggunakan layar berukuran antara 22 hingga 24 Inc untuk kebutuhan game ataupun editor. Dengan ukuran yang tidak terlalu lebar ataupun terlalu kecil akan sangat membantu kita saat melakukan aktivitas game ataupun mengedit Video. Dimana detil yang ada akan terlihat jelas pada monitor.




2. Layar datar atau Lengkung (Curved) ?

Ini adalah pertanyaan yang juga umum ditujukan kepada kami. Untuk game sebaiknya lengkung ataukah datar? Untuk penghobi Game sebaiknya gunakan layar lengkung atauy curved.Kurva pada monitor lengkung akan membantu dalam menciptakan pengalaman visual yang lebih konsisten. Selain itu pencahayaan juga lebih baih, dimana mata kita tidak perlu terlalu sering bergerak untuk melihat sisi layar.

Namun tipe layar cekung kurang cocok digunakan untuk editor, karena konsistenti warna akan sulit didapatkan dengan layar cekung. Maka untuk editer sebaiknya gunakan saja layar type datar, karena lebih mudah menyesuaikan konsistenti warna dan gerakan nantinya.

3. Resolusi Monitor Dan Refresh Rate.

Jika anda berfikir Refresh Rate 144Hz lebih baik dari pada 75Hz, hal ini memang benar adanya., Akan tetapi tidak selalu layar 144Hz bisa secara maksimal digunakan. Karena kita juga harus memperhitungkan faktor VGA ataupun GPU yang kita miliki.

Misalnya jika anda memainkan game dengan FPS tinggi. Kotanopan ssumsikan Bahwa GPU atau VGA card Anda seperti RTX 2070, RX5700xt. Maka tidak ada salahnya anda mengunakan monitor 144hz. Namun Jika Vga yang anda gunakan adalah kelas Medium kebawah, maka monitor 144Hz tidak akan memberikan hasil yang maksimal, yang mana mungkin akan terlihat seperti Layar 75Hz.

Baca juga:
Tips Merakit Komputer Untuk Edit Video Dan Spesifikasinya
Kelebihan dan Kekurangan Wireless Charger Pada Handphone
Penyebab Printer Mencetak Halaman Kosong Serta Solusinya

Penting untuk menyamakan resolusi layar dengan kualitas video yang kamu edit. Resolusi layar adalah jumlah piksel yang ditampilkan oleh monitor PC, baik secara horizontal maupun vertikal. Semakin tinggi resolusi layarnya, semakin detail dan jelas gambar yang ditampilkan. Namun, perlu diingat bahwa resolusi layar yang tinggi juga memerlukan spesifikasi komputer yang mumpuni agar tidak mengalami lag atau stuttering saat mengedit video.

Jika kamu sering mengedit video dengan resolusi 4K atau 8K, sebaiknya pilih monitor PC dengan resolusi setara atau bahkan lebih tinggi dari itu. Dengan demikian, kamu dapat menampilkan dan mengedit video dengan detail yang maksimal dan tanpa kendala teknis yang mengganggu.




Untuk gaming memang semakin tinggi Hz  dan FPS akan menghasilkan grafik yang lebih baik. Namun jika anda Memilih Monitor Komputer Game tidak ada salahnya mengunakan monitor 24Inc dengan 75Hz dengan Panel IPS seperti biasanya. Mengingat Editor tidak memerlukan FPS yang terlalu tinggi seperti game.

Baca Juga:  Aplikasi Helo Tutup 30 Juni 2023

4. Layar vertikan atau Horizontal?

mengenai tipe layar ini sebenarnya juga anda tidak perlu terlalu pusing, karena saat ini sudah ada layar dengan tampilan yang bisa berputar Vertikal ataupun Hotizontal. Salah satu contohnya adalah Dell Ultrasharp LED U2412M, Bahkan beberapa Monitor type lama sudah bisa memberikan variasi Vertikal dan Horisontal.

5. Konektvitas Monitor.

Pastikan monitor yang anda gunakan mendukung konektifitas, atau bisa terhubung ke VGA ataupun GPU.  Untuk menampilkan kualitas gambar yang lebih baik tidak ada salahnya anda mempertimbangkan Memilih Monitor Komputer Game dan Layar Editor Video yang mendukung HDMI. Perhatikan juga kemampuan monitor PC untuk disesuaikan dengan posisi dan kenyamanan anda, seperti ketinggian, kemiringan, putaran, atau pivot.

Baca Juga:  Mei 2020 Jaringan dan pelayanan Telkomsel Bermasalah, Ini Info yang perlu kita ketahui.
Memilih Monitor Komputer Game dan Layar Editor Video
Memilih Monitor Komputer Game dan Layar Editor Video

Fitur ergonomi ini membantu kamu mengatur sudut pandang dan jarak pandang yang optimal saat mengedit video, sehingga kamu dapat bekerja dengan lebih nyaman dan efisien.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × five =