Kenali Tanda WhatsApp disadap Cara Mengatasi WA yang Disadap

Kenali Tanda WhatsApp disadap Cara Mengatasi WA Disadap

Kotanopan.com. Sebelum kita membahas lebih lanjut Tanda WhatsApp disadap Cara Mengatasi WA yang Disadap. Sedikit admin akan uraikan keamanan enkripsi WhatsApp yang menurut admin sangat canggih dan mumpuni, Yang admin bahas hanya sedikit. Karena kalau semua bisa sangat panjang nantinya. WhatsApp mengunakan Pasangan kunci Curve25519 jangka panjang yang dihasilkan saat menginstal.

Jenis Kunci Sesi WhatsApp sendiri terbagi menjadi benjenjang menurut:
– Root Key – Nilai 32 byte yang digunakan untuk membuat Chain Key.
– Kunci Rantai – Nilai 32 byte yang berguna untuk membuat Pesan Kunci WhatsApp
– Kunci Pesan – Nilai 80-byte yang berfungsi untuk mengenkripsi pesan isi.
– 32 byte digunakan untuk kunci AES-256, 32 byte untuk Kunci HMAC-SHA256, dan 16 byte untuk IV.

Sekarang masi kita masuk ke inti artikel Kenali Tanda WhatsApp disadap Cara Mengatasi WA yang Disadap, berdasarkan pengalaman. 

Penting untuk memahami Tanda WhatsApp disadap dan mungkin banyak dari kita tidak menyadarinya. Karena tindakan penyadapan atau pembajakan WhatsApp bisa membawa risiko yang serius. Data pribadi seperti kontak keluarga dan file penting dapat dicuri untuk tujuan kriminal.

Aktivitas yang Mencurigakan, Perangkat yang Tidak Dikenal Terhubung serta Perubahan Pengaturan Akun. Merupakan 3 hal utama ciri-ciri serta gambaran AkunWhatsApp anda telah disadap. Selain itu ada juga beberapa ciri-ciri WhatsApp disadap seperti:

1. Mengirim Pesan Sendiri.

Salah satu indikasi yang patut diperhatikan sebagai Tanda WhatsApp disadap Cara Mengatasi WA yang Disadap, adalah ketika pesan terkirim secara tiba-tiba tanpa izin Anda, atau tiba-tiba aplikasi Mengirim Pesan Sendiri. Jika seseorang memberi tahu bahwa mereka menerima pesan yang aneh dari Anda, ini bisa menjadi tanda WhatsApp Anda sedang dibajak orang lain. Namun, jika pelaku langsung menghapus pesan yang terkirim, maka hal ini dapat menyulitkan anda untuk mendeteksinya.




2. Akun WhatsApp keluar tiba-tiba Dari perangkat

Ketika nomor WhatsApp digunakan di perangkat handphone yang lain, maka akun WhatsApp lama Anda akan keluar secara otomatis. Ini disebabkan karena kebijakan WhatsApp yang tidak memungkinkan penggunaan satu nomor telepon untuk dua ponsel secara bersamaan. Ketika nomor yang sama didaftarkan pada perangkat lain, akan muncul peringatan seperti berikut:

“Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk kembali ke akun Anda.”

Baca Juga:  Download Aplikasi HappyMod 2019 APK Android Terbaru

Jika Anda menerima notifikasi ini tetapi tidak mengatur nomor WhatsApp yang sama di perangkat lain, disarankan untuk tidak menekan tombol “Oke”.  Sebaiknya anda melakukan pendaftaran WhatsApp ke handphone yang sedang digunakan, agar akun tidak diambil oleh pembajak atau Hacker.

3. Pesan Sudah dibaca.

Saat WhatsApp disadap, seringkali Pesan Sudah dibaca, padahal anda belum membukanya. Hal ini karena akun WhatsApp pengguna disalin ke aplikasi kloning, atau mengunakan tautan  https://web.whatsapp.com/ , caranya pernah kotanopan bahas pada artikel Cara Login WhatsApp Web tanpa Scan Barcode Cukup dengan Nomor Telepon Jika Anda menemukan bahwa pesan telah terbaca padahal Anda tidak pernah membukanya, ini merupakan tanda yang perlu diwaspadai.  Tanda bahwa pesan telah terbaca ditandai dengan dua centang biru yang muncul di bagian kanan bawah pesan.




4. Status Online Secara tiba-tiba.

Salah satu indikasi umum Tanda WhatsApp disadap adalah ketika nomor WhatsApp Anda terlihat online meskipun Anda tidak sedang aktif atau menggunakan aplikasi saat itu. Anda dapat memastikan apakah nomor Anda terlihat online di akun WhatsApp milik orang lain saat Anda tidak sedang membuka aplikasi di ponsel atau WhatsApp Web. Jika nomor Anda terlihat online pada akun orang lain, sementara Anda tidak sedang membuka aplikasi, hal ini bisa menjadi tanda adanya aktivitas yang mencurigakan pada akun WhatsApp Anda.

5. Aplikasi Lambat dan Macet.

Tanda WhatsApp disadap berikutnya adalah, Aplikasi Lambat dan Macet, hal bisa terjadi ketika satu akun WhatsApp dibuka di beberapa perangkat yang berbeda, yang dapat menyebabkan aplikasi mengalami ganguan atau sering mengalami error. Terutama saat sedang menyikronkan pesan dari Handphone lama ke perangkat baru.

Baca Juga:  Cara Download Video Tiktok Terbaru 2021

Hal ini bisa juga terjadi karena adanya gangguan pada proses pengiriman dan penerimaan data antara perangkat yang sudah terhubung sebelumnya dengan akun WhatsApp, dan perangkat baru yang sedang proses menghubungkan.

6. Peringatan Akun WhatsApp Aktif di Perangkat Yang lain.

Jika Anda melihat bahwa akun Anda aktif di perangkat yang tidak dikenal, hal ini umumnya terjadi jika Anda lupa untuk keluar dari WhatsApp versi Web. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan penyadapan. Untuk memeriksanya, Anda dapat mengakses menu “Linked devices” di aplikasi WhatsApp untuk melihat daftar perangkat yang terhubung dengan akun Anda.

Jika Anda menemukan perangkat yang tidak Anda kenali atau tidak Anda hubungkan sendiri, ini bisa menjadi tanda adanya aktivitas yang mencurigakan pada akun WhatsApp Anda. Sebaiknya anda pencet “keluar” pada perangkat yang tidak dikenali pada aplikasi WhatsApp yang tertaut.

7. Mendapat SMS OTP, tanpa permintaan.

Jika Anda mendapati WhatsApp tiba-tiba keluar secara otomatis dan Anda menerima kiriman kode OTP (one-time password) WhatsApp melalui SMS atau panggilan telepon. Maka lakukan beberapa hal dibawah.Jangan pernah memberikan kode OTP enam digit tersebut kepada siapa pun, karena ini bisa menandakan bahwa nomor WhatsApp Anda sedang dalam proses pengambilalihan oleh pihak lain. Untuk melakukan pembajakan, pelaku memerlukan akses terhadap SMS OTP korban.




Sangat penting untuk tetap waspada jika ada orang yang mengaku sebagai teman dan meminta kode OTP tersebut. Jangan sekali-kali memberikan kode enam digit tersebut karena bisa saja itu merupakan upaya penipuan atau jebakan yang ditujukan untuk mengakses akun WhatsApp Anda secara ilegal, tanpa pesetujuan anda.

8. Hp lebih panas, baterai cepat habis.

Kenali Tanda WhatsApp disadap Cara Mengatasi WA yang Disadap berikutnya adalah, Jika baterai ponsel Anda terkuras lebih cepat dari biasanya dan Anda melihat notifikasi pengunduhan yang tidak dikenal. Serta Perangkat menjadi lebih panas ini bisa menjadi tanda bahwa akun WhatsApp Anda sedang disadap oleh pihak lain, atau seseorang sedang berusaha untuk menyedot data anda.




Selain itu, Tanda WhatsApp disadap  adalah jika ponsel Anda sering panas dengan sendirinya bahkan ketika layar dimatikan, ini juga merupakan tanda yang perlu diwaspadai. Seringnya gejala ponsel panas tersebut bahkan terjadi lebih sering dari sebelumnya, bisa menunjukkan bahwa prosesor ponsel sedang melakukan pekerjaan yang berat dan kemungkinan besar akun WhatsApp Anda sedang disadap. Atau ada proses latar belakang yang sedang berjalan tanpa anda sadari.

Baca juga:
Cara Menambahkan Suara musik pada Status WhatsApp Sendiri
Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Mengetik Pada Android
menyembunyikan Chat WhatsApp Dan mengunci dengan Kode

Dalam situasi seperti ini, sangat disarankan untuk memeriksa dan mengamankan akun WhatsApp Anda serta mengambil langkah-langkah pencegahan yang sesuai untuk melindungi privasi dan keamanan data Anda. Jika perlu matikan Data ponsel anda, kemudian periksa handphone serta lihat pengunaan data pada aplikasi. Jika perlu hapus aplikasi tidak dikenal.

Baca Juga:  Laptop dan Spesifikasi Komputer Server UNBK dan Client

Untuk mengatasi kemungkinan penyadapan WhatsApp, langkah-langkah pencegahan sangat diperlukan. Salah satu langkah yang efektif adalah dengan mengaktifkan fitur two-step verification. Dengan cara ini, orang lain tidak akan bisa mengakses WhatsApp Anda tanpa mengetahui PIN yang telah Anda atur sebelumnya.

Cara Mengatasi WA yang Disadap Menurut pengalaman

Kenali Tanda WhatsApp disadap Cara Mengatasi WA Disadap
Kenali Tanda WhatsApp disadap Cara Mengatasi WA Disadap

– Mengaktifkan two-step verification atau verifikasi 2 langkah :

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas.
  2. Pilih opsi “Settings” dari menu yang muncul.
  3. Masuk ke menu “Account” di dalam pengaturan.
  4. Pilih opsi “Two-step verification“.
  5. WhatsApp akan meminta Anda untuk mengaktifkan two-step verification dengan memasukkan PIN. Ketuk opsi “Enable” untuk melanjutkan.
  6. Buatlah PIN baru dengan enam digit sesuai keinginan Anda.
  7. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email yang terhubung dengan akun WhatsApp Anda. Ini bertujuan untuk memudahkan jika suatu saat Anda ingin mengganti PIN.
Kenali Tanda WhatsApp disadap Cara Mengatasi WA yang Disadap, Logout dari semua perangkat
Kenali Tanda WhatsApp disadap Cara Mengatasi WA yang Disadap, Logout dari semua perangkat
Baca Juga:  Kekurangan Kartu Halo Telkomsel Dan kelebihanya, Yakin masih mau pakai?

– logout dari WhatsApp Web pada semua perangkat, dengan cara:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di handphone Anda.
  2. Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar.
  3. Masuk ke “setting”
  4. Pilih opsi “Perangkat tertaut“.
  5. Anda akan melihat daftar perangkat yang saat ini sedang login menggunakan akun WhatsApp Anda melalui WhatsApp Web.
  6. Pilih pada perangkat yang ingin dikeluarkan, kemudian pilih “KELUAR”. Lakukan hingga semua perangkat tertaut sudah anda putuskan/ keluarkan koneksinya.

Author: Mr. wics

2 thoughts on “Kenali Tanda WhatsApp disadap Cara Mengatasi WA yang Disadap

  1. Sebenarnya tanda2 jelas bgt ya, cuma kadang orang ga menyadari. Aku yg tiap hari online di hp & komp, kadang kalau pas pake laptop ya aku online di laptop juga, jadi 3 devices, padahal aku pake sendiri hahhaha, jadi aku paham bgt tanda2nya, kaya kesadap aja, hahahaa

  2. Seram juga ya WA ternyata bisa disadap :O Tapi habis baca artikel ini kayanya WA ku aman, deh. Paling kalau Hp panas gara-gara kelamaan dipakai aja xD Terima kasih infonya ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − twelve =