Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 Saat diHidupkan

kotanopan.com. Blue Screen pada windows adalah masalah umum yang sering ditemui pada Laptop windows saat dihidupkan. Bsa jadi karena hardware atau software terkadang mudah di perbaiki meskipun bisa juga sulit. Kotanopan.com akan membahas tentang Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 Saat diHidupkan
Lakukan restart dengan safe mode kemudian hapus program yang terakhir anda instal

Blue Screen of Death (BSOD) adalah masalah yang sering terjadi pada sistem operasi Windows, termasuk Windows 10. Ketika muncul blue screen, komputer atau laptop Anda akan mengalami crash dan harus direstart ulang. Namun, dengan beberapa langkah sederhana dibawah mungkin dapat mengatasi masalah ini dan mengembalikan laptop Anda ke kondisi normal.
baca juga:
Memperbaiki laptop tidak Bisa tersambung ke wifi
Menguatkan Sinyal Wifi Tanpa Aplikasi Tanpa Root
Solusi Wifi tidak aktif setelah Upgrade Instal Windows 10

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 Saat diHidupkan
Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 Saat diHidupkan (dokpri)

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi blue screen di Windows 10:

  1. Restart dengan Safe Mode: Safe Mode adalah mode operasi di mana sistem hanya memuat driver dan program dasar yang diperlukan. Untuk masuk ke Safe Mode, restart komputer Anda dan tekan tombol F8 atau kombinasi tombol tertentu (tergantung pada merek dan tipe laptop Anda) sebelum logo Windows muncul. Pilih opsi Safe Mode dan tunggu sistem boot ke mode ini. Setelah masuk ke Safe Mode, coba hapus program terakhir yang Anda instal sebelum munculnya blue screen. Bisa jadi program tersebut tidak sesuai dengan windows dan perangkat anda serta dapat menyebabkan masalah.
  2. Restore Laptop: Windows memiliki fitur System Restore yang memungkinkan Anda mengembalikan sistem ke titik pemulihan sebelum masalah terjadi. Untuk menggunakan fitur ini, buka Control Panel, cari System Restore, dan ikuti petunjuk untuk memulihkan sistem ke titik pemulihan sebelum munculnya blue screen. Namun, perlu diingat bahwa ini akan mengembalikan pengaturan sistem Anda ke waktu sebelum masalah terjadi, jadi pastikan untuk melakukan backup data penting Anda sebelumnya.
  3. Cek Hardware / perangkat keras Laptop: Blue screen juga bisa disebabkan oleh masalah hardware, seperti masalah pada RAM, hard drive, atau kartu grafis VGA anda. Untuk memeriksa hardware, Anda dapat menggunakan software diagnostik yang disediakan oleh produsen laptop Anda. Jalankan software ini untuk memeriksa apakah ada masalah dengan hardware. Jika ditemukan masalah, Anda mungkin perlu mengganti atau memperbaiki komponen yang rusak.
  4. Perbarui Driver: Driver yang tidak kompatibel atau kadaluwarsa dapat menyebabkan blue screen juga. Pastikan untuk selalu memperbarui driver perangkat keras dengan versi lebih baru yang sesuai dengan Windows 10. Anda dapat mengunduh driver terbaru dari situs web resmi pabrikan perangkat keras atau menggunakan software pembaruan driver yang tersedia.
    Baca juga:
    Cara Uninstall Aplikasi Di Laptop Windows 7 10 dan 11
    Kenapa Laptop Blackscreen saat dinyalakan? ini cara Mengatasinya
    Kenapa Laptop Tidak bisa Di Shutdown dan cara Mematikanya
  5. Periksa Virus dan Malware: Infeksi virus atau malware dapat menyebabkan masalah sistem dan menyebabkan blue screen. Pastikan Anda memiliki perangkat lunak antivirus yang diperbarui dan lakukan pemindaian penuh pada sistem Anda. Jika ditemukan ancaman, hapus atau karantina file yang terinfeksi. Namu hal ini hanya bisa dilakukan jika windows berhasil mask ke safe Mode seperti pada langkah nomor 1.




Kesimpulannya, blue screen pada Windows 10 adalah masalah umum yang sering terjadi pada laptop dan komputer. Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencoba mengatasi masalah ini. Mulai dari restart dengan Safe Mode dan menghapus program terakhir yang Anda instal, melakukan restore sistem untuk mengembalikan pengaturan, memeriksa hardware laptop, memperbarui driver perangkat keras, memeriksa virus dan malware,Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, semoga Anda dapat memperbaiki blue screen dan mengembalikan sistem Windows 10 Anda ke kondisi normal tanpa menghapus data yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − 4 =

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Matikan Adsblock Anda

Kami melihat anda mengunakan adblock, silahkan matikan adblock anda atau masukan website kotanopan.com ke daftar putih, kemudian Tekan Tombol Refresh Dibawah Atau pencet tombol F5 pada keyboard anda. Terimakasih