Kenapa Laptop Blackscreen saat dinyalakan? ini cara Mengatasinya dirumah

Cara Mengatasi Laptop Blackscreen Saat dinyalakan

Kotanopan.com. Cara Mengatasi Laptop Blackscreen Saat dinyalakan dirumah. Laptop blacksreen atau layar hitam adalah hal yang sering membuat banyak orang menjadi khawatir. Namun, sebelum Anda panik atau membawanya ke tempat servis, Ada beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah  ini dengan alat sederhana yang mungkin sudah ada di rumah Anda.  JIka anda bertanya kenapa Laptop Blackscreen Saat dinyalakan padahal ada lampu menyala? maka masalah anda kemungkinan ada di Layar, kabel flexibel atau sekedar driver software saja. Namun jika tidak ada Lampu menyala sama sekali. Bisa jadi masalah ada pada charger anda.

Periksa charger dan pengisian. Untuk Mengatasi Laptop Blackscreen Periksa Koneksi charger Pastikan laptop Anda mengisi saat dicharger dan ditandai dengan lampu charger yang menyala. Periksa apakah kabel adaptor telah terpasang dengan baik ke laptop dan stop kontak listrik. Pastikan juga tidak ada kabel yang rusak atau patah. Coba lepas kabel adaptor dari laptop dan colokkan kembali dengan hati-hati.
Jika tidak ada tanda laptop mengisi, segera cari charger laptop lain, atau pinjam milik teman dan orang yang punya. Biasanya Laptop Blackscreen Saat dinyalakan pada kondisi ini hanya charger yang rusak saja.

Lepaskan Batre pada Laptop. Carilah penutup baterai di bagian bawah belakang laptop Anda. Umumnya, penutup baterai dapat dilepas dengan membuka pengunci yang ada. Setelah penutup baterai terbuka, lepaskan baterai laptop dengan hati-hati., Anda cukup menariknya dengan lembut serta perhatikan petunjuk penguncian atau penahanan baterai yang ada. Kadang ada batre dengan 2 pengunci namun terkadang hanya 1 pengunci juga.
Setelah baterai dilepas, tekan dan tahan tombol power sekitar 30 detik untuk memastikan tidak ada sisa daya listrik yang tersisa dalam laptop yang mengalami Blacksreen. Kemudian pasang batre kembali dan nyalakan laptop anda. Hal ini tidak berlaku untuk laptop dengan Batre tanam tentunya.

Lepas RAM Laptop Jika memungkinkan. Jika anda memiliki Obeng dan penutup RAM laptop terlihat, coba lepas RAM laptop kemudian bersihkan dengan penghapus Karet serta tisu kering dan pasang kembali, tentu saja setelah anda melepas batrenya dahulu. Terkadang Mengatasi Laptop Blackscreen cukup dengan melepas RAM yang goyang atau kotor saja.

Cara Mengatasi Laptop Blackscreen Saat dinyalakan
Cara Mengatasi Laptop Blackscreen Saat dinyalakan melaui Device manager

Cek tegangan Pada Laptop Dengan Kabel Data .Jika anda memiliki Powerbank atau handphone, lakukan pengujian sederhana apakah mesin laptop berjalan.
Caranya coba charger powerbank dengan laptop yang mati. Kemudian Hidupkan laptop anda, apakah powerbank mengisi? jika mengisi maka umumnya masalah hanya ada pada Layar atau kabel Flexibel saja. Tapi jika powerbank tidak mengisi maka bisa jadi batre dan motherboard mengalami kerusakan cukup serius.
Baca juga artikel terkait masalah laptop lainya diartikel kami yang lain
Penyebab Wifi tidak terhubung pada Laptop Windows 11
Solusi Memperbaiki Wifi Handphone terhubung Tapi tidak
Memperbaiki Wifi Laptop Tidak Terdeteksi Setelah Instal Ulang
Kenapa Laptop Tidak bisa Di Shutdown dan cara Mematikanya

Gunakan Layar Bantuan /eksternal, Jika dirumah memiliki layar eksternal atau layar komputer atau proyektor, coba sambungkan layar dengan laptop mengunakan kabel HDMI atau VGA saja. Pastikan layar eksternal berfungsi dengan baik. Coba hubungkan laptop ke layar eksternal dan lihat apakah Anda bisa melihat tampilan di layar bantuan / eksternal. Jika gambar muncul di tampilan di layar eksternal, masalah mungkin terletak pada layar laptop atau kabel flexibel, atau bahkan hanya masalah pengaturan dan driver saja.



Aktifkan Laptop dalam safe Mode. Cara Mengatasi Laptop Blackscreen Saat dinyalakan yang berikutnya adalah melakukan cek pada driver atau software, hal ini bisa dimulai dengan masuk safe Mode laptop. Pertamana pencet tombol power hingga tidak ada lampu menyala sama sekali, Tunggu 1 menit dan pencet tombol f4 adan f8 terus menerus sambil hidupkan laptop. Ingat tombol f4 dan F8 dipencet terus menerus secara bergantian. Jika layar menampilkan gambar baik itu logo windows ataupun tulisan-tulisan dalam bahasa ingris lainya. maka masalah hanya ada pada driver, dan yang perlu dilakukan hanyalah update driver melalui Device Manager. Mudah bukan Mengatasi Laptop Blackscreen Saat dinyalakan?

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + 17 =