Solusi Wifi tidak aktif setelah Upgrade Instal Windows 10

Solusi Wifi tidak aktif setelah Upgrade Instal Windows 10, ala kotanopan.com.  Jika selama ini anda mengira bahwa downgrade dari windows 10 ke windows 7 akan membuat wifi tidak terbaca dan tidak bisa tersambung Seperti yang pernah admin tulis di  Memperbaiki Wifi Laptop Tidak Terdeteksi Setelah Instal Ulang

Maka admin kotanopan katakan, itu salah. Karena bahkan kita melakukan Updgrade dari windows 7  atau windows 8  ke windows 10 pun bisa membuat wifi pada laptop tidak terbaca, bahkan wifi tidak bisa di aktifkan. Setidaknya itulah yang terjadi pada laptop Acer Aspire 0ne 722. Setelah Instal windows 10 wifi tidak terdeteksi bahkan tidak bisa di aktifkan.

Lantas bagaimana solusinya ketika Wifi laptop tidak bisa tersambung setelah Update windows 10 pada laptop Acer Aspire 0ne 722? oke mari kita cari solusinya. Karena hal ini pernah admin temui setidaknya sekali. untuk laptop keluaran lama mungkin tahun 2010-2011 mungkin akan cukup kesulitan mencari solusi dari masalah ini. hal itu karena Windows 10 melakukan update software sendiri secara otomatis.

Langkah memperbaiki wifi tidak aktif setelah instal windows 10 pada laptop lama

Bagaimana solusinya ketika Wifi laptop tidak bisa tersambung setelah Update windows 10 pada laptop Acer Aspire 0ne 722?
Pertama apakah memang sejak awal Instal windows 10 laptop langsung tidak mendeteksi wifi pada perangkat? padahal sebelum di Instal windows 10 wifi pada laptop lancar dan baik-baik saja? Jika demikian teruskan membaca sampai akhir dan ikuti langkahnya.

Jika Saat awal anda instal windows 10 laptop bisa mengakses wifi, dan tiba-tiba wifi tidak bisa di aktifkan/ di ON-kan atau wifi tidak terdeteksi Bisa jadi kesalahan pada perangkat keras, atau driver teupdate otomatis pada windows 10. Maka coba langsung kembalikan saja drivernya ke awal pas Instal windowsnya. Caranya ada dibawah artikel ini. Jika Cara itu gagal, baru anda ikuti langkah di artikel ini mulai dari awal.



Karena Permasalahan Wifi laptop tidak bisa tersambung setelah Update windows 10 terbagi menjadi 2 jenis diatas.
baca juga:
Mengatasi Operating System Not Found Pada Laptop Acer V5 (bios Error)

Disini akan admin kotanopan.com bahas versi pertama. Wifi Sudah tidak bisa terbaca sejak Instal ulang.
Seperti biasa Standar operasinya adalah cek apakah perangkat Wifi tersambung pada Laptop atau komputer?
Silahkan ikuti langkah berikut:

-Buka device manager,  jika belum tahu caranya Pertama pencet logo windows (bendera) pada keyboard. Umumnya tombol ini terletak di pojok bawah kiri dekat dengan tombol CTRL lalu ketik “device manager”
Akan muncul pilihan device manager dan klik. Atau bisa buka Explorer, klik kanan pada My computer dan pilih device manager.
baca juga: Cara memperbaiki error The application was unable to start correctly (0xc0000005) Pada WIndows

Akan ada banyak pilihan menu berjejer kebawah berurutan. Cari tulisan “NETWORK ADAPTERS”
lalu klik bagian tulisanya, apakah ada menu lain turun?  pada kondisi normal minimal akan ada 2 menu turun dan terlihat. Biasanya yang muncul adalah
“WIRELESS LAN CARD” dan “ETHERNET CONTROLER”
intinya adalah ada menu pada network adapter ini yang mengunakan kata WIRELESS, Bisa merk Atheros, broadcom, atau merk lainya. Jika ada menu tersebut maka pilih menu WIRELESS……..”
Attau silahkan lihat gambar dibawah, dibawah pada network adapter ada 2 pilihan bukan?

-Disable dulu sementara PerangkatWireless-nya
Caranya Klik kanan pada Tab Wireless, lalu coba cari Tulisan “DISABLE”, lalu klik OK.
Jika anda bingung dan tidak mengerti silahkan lihat gambar dibawah ini. Untuk Men disable wireless / wifi anda.
Jika sudah di disable lalu restart Komputer anda.

Cara disable wifi pada windows

-Enable-kan Kembali perangkat Wifinya
Setelah komputer di restart dan hidup lalu buka kembali device Manager seperti point pertama diatas. Kemudian lakukan “ENABLE” pada wireles Wifi anda. Pada umumnya laptop akan mengeluarkan suara “ding, atau cring, atau sejenisnya”. Jika bingung silahkan lihat gambar dibawah.

Cara enable wifi pada windows. sumber dokpri

Jika sudah coba cek apakah wifi pada laptop windows 10 sudah terbaca? Jika belum silahkan ikuti langkah berikutnya. Atau jangan-jangan anda belum mengaktifkan wifi dari menu keyboardnya?
jika demikian coba aktifkan wifi dari keyboard.
baca juga:Cara mencetak Kartu keluarga Atau KK sendiri dari Rumah

pada beberapa jenis laptop menu aktifkan wifi tidak selalu sama. Akan tetapi tombolnya selalu memiliki logo atau lambang wifi, baik itu F3, F5 ataupun F12 dan F lainya. Silahkan perhatikan gambar contoh dibawah:

cara hidupkan wifi mengunakan keyboard.
sumber dokpri

Umumnya  untuk menghidupkan wifi anda perlu menekan tombol FN + Tanda wifi (dalam contoh gambar adalah F3), Tapi mungkin di laptop anda berbeda. maka coba cari tombol wifi di keyboard anda. lalu coba pencet FN+ tombol wifi anda, lalu tunggu 10-20 detik, jika gagal coba pencet tombol wifinya saja tanpa tambahan FN, lalu tunggu 10-20 detik. Jika masih gagal coba pencet ALT + tombol wifi dan tunggu 10-20 detik.
Apakah masih gagal? jika iya. Lanjut ke sesi berikutnya.

-Lakukan pembaharuan driver. Pernah admin temukan driver pada Laptop windows 10 tidak cocok dengan laptop, karena usia laptop yang terlalu lama (buatan tahun 2011-2012) sehingga ketika terjadi Update maka justri wifi tidak terbaca. Lantas Solusinya bagaimana? Silahkan Instal Driver dari website resmi produk. Pada kasus admin adalah Acer Aspire One 722 maka admin pergi ke web Acer untuk Download Driver Wifi.



Bagaimana jika ternyata di web resmi tidak tersedia tipe Driver Windows 10 untuk laptop kita?
Solusinya adalah coba download Driver wifi windows 7 ataupun windows 8 yang penting harus versi 64. Jangan download versi 32 meskipun ukuran lebih kecil, nanti kecewa. Karena Windows 10 umumnya hanya cocok dengan driver versi 64 bite.

Dan perhatikan tipe perangkat wifinya di device manager, apakah Broadcom atau atheros atau lainya. Cara melihat bisa lewat device manager seperti diatas. Otomatis akan muncul vendor produk wifinya siapa. Jika sudah silahkan download dan simpan di laptop anda. Tapi jangan langsung di Instal ya. Baca dulu dibawah gambar.
Petunjuk download seperti gambar:

cara download driver laptop. Sumber gambar Web acer.

Jika sudah di download lakukan uninstal driver lama di laptop, Caranya :
Buka device manager dan
klik kanan pada “Wireless Lan.
-” lalu klik “Uninstal” yang letaknya dibawah tulisan “disable”
-Jika uninstal selesai, lalu restart dahulu laptop anda.
-Baru kemudian Instal driver yang sudah anda download tadi.
Pada umumnya masalah sudah selesai, Jika memang wifi masih belum muncul silahkan ketik komentar atau bisa hubungi admin kotanopan.com di Facebook langsung. Demikian Solusi Wifi tidak aktif setelah Upgrade Instal Windows 10 semoga membantu

Author: Mr. wics

5 thoughts on “Solusi Wifi tidak aktif setelah Upgrade Instal Windows 10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + 9 =