6 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

6 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Kotanopan.com Baterai laptop adalah salah satu komponen penting yang perlu mendapatkan perhatian khusus untuk menjaga kinerjanya dan memperpanjang umur pakainya. Dengan menerapkan 6 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama berikut ini, Anda dapat menjadikan baterai laptop Anda tetap awet dan tahan lama.

  1. Mengisi Daya Baterai Sebelum Laptop Mati: Usahakan untuk selalu mengisi daya baterai laptop sebelum benar-benar habis atau mati. Saat baterai berada di tingkat kritis, tegangan listrik di dalamnya dapat menjadi sangat rendah, dan ini bisa menyebabkan beberapa sel dalam baterai kehilangan kemampuan untuk menahan muatan. Dengan mengisi daya baterai sebelum laptop mati, Anda dapat membantu menjaga integritas sel-sel baterai. Sebaiknya charger Laptop saat batre berada pada kisaran 30%
    baca juga:
    Laptop Asus X441N tidak mau menyala? Coba Cara ini.
    Perbaiki Laptop DELL Tidak Ada suara Setelah Instal Ulang
    Memperbaiki laptop tidak Bisa tersambung ke wifi
    Kenapa Laptop Blackscreen saat dinyalakan? ini cara Mengatasinya
  2. Menggunakan Charger Original: Gunakan charger asli yang disertakan oleh produsen laptop. Charger yang tidak asli atau murahan mungkin tidak memberikan tegangan dan arus yang tepat, yang dapat berdampak negatif pada baterai laptop, seperti pengisian lama atau laptop cepat panas. Charger asli dirancang khusus untuk kompatibilitas dengan laptop Anda, sehingga penggunaannya lebih aman dan lebih mendukung kinerja baterai secara berkelanjutan.
  3. Perhatikan Suhu Laptop, Gunakan Kipas Tambahan: Suhu laptop yang tinggi dapat merusak baterai laptop dan mengurangi masa pakainya. Pastikan laptop Anda tidak terlalu panas dengan meletakkannya di permukaan yang rata dan tidak menutupi ventilasi udara. Kotanopan menyarankan jangan meletakan laptop diatas kasur, bantal ataupun selimut, hal ini membuat sirkulasi udara dalam laptop tidak lancar Selain itu, Anda dapat menggunakan kipas tambahan atau penyejuk laptop untuk membantu menjaga suhu laptop tetap optimal.
  4. Segera Cabut Jika Baterai Sudah Ter-Charge Penuh: Jangan biarkan laptop Anda terus terhubung dengan charger setelah baterai terisi penuh. Berdasarkan pengalaman Kotanopan.com Pengisian berlebihan dapat menyebabkan panas berlebih di baterai dan memperpendek masa pakainya. Begitu baterai mencapai level 100%, lepaskan charger dan biarkan baterai turun dahulu sebelum mengisi daya kembali, misalnya hingga 25-30%.
  5. Matikan Laptop Saat Melakukan pengisian Daya: Saat mengisi daya baterai laptop, sebaiknya matikan laptop atau setidaknya hindari penggunaan yang berat. Ini dapat membantu mengurangi panas yang dihasilkan selama pengisian daya dan meminimalkan tekanan pada baterai. Jika Anda perlu menggunakan laptop saat dicharger, pastikan penggunaannya dalam keadaan ringan dan tidak berat.
  6. Lepas Baterai Jika Laptop Tidak Digunakan dalam Jangka Lama: Jika Anda tidak berencana menggunakan laptop dalam waktu yang lama, atau lebih dari 1 bulan sebaiknya lepaskan baterai dari laptop. Baterai yang dibiarkan terpasang dalam keadaan yang benar-benar mati dapat menyebabkan sel-sel baterai rusak atau mati secara permanen. Simpan baterai pada suhu yang sejuk dan kering, serta pastikan kapasitas baterai  penuh atau charger dahulu ketika hendak disimpan untuk jangka waktu panjang.




Dengan menerapkan 6 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama, Anda dapat memperpanjang masa pakai baterai, menghindari masalah kinerja, dan menghemat biaya penggantian baterai baru. Selain itu, selalu perhatikan panduan dan rekomendasi dari produsen laptop Anda untuk merawat baterai dengan benar sesuai dengan jenis dan model laptop yang Anda miliki.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − thirteen =