Laptop Asus X441N tidak mau menyala? Coba Cara ini.

Memperbaiki Laptop Asus Restart terus tidak mau menyala Tipe X441N

Kotanopan.com. Laptop pada era ini adalah termasuk merupakan salah satu alat kerja yang umum digunakan. Baru-baru ini, kotanopan.com menerima sebuah Laptop Asus X441N tidak mau menyala alias mati total. Setelah mencoba melihat dan memperhatikan secara fisik, sepertinya tidak ada bekas benturan. Maka admin terima saja untuk dilakukan pengecekan.

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh pemiliknya, sebelumnya laptop mengalami kerusakan pada baterai, dimanat baterai tidak menyimpan arus lagi dan hanya dapat menyala jika dihubungkan dengan charger. Namun, saat ini laptop mati total dan hanya indikator baterai yang menyala.

Setelah melakukan pemeriksaan terhadap berbagai komponen penting dan berhubungan dengan power pada Laptop Asus X441N yang tidak mau menyala serta tegangan yang ada, kotanopan.com menemukan beberapa pembagi arus yang memiliki kondisi yang tidak normal. Dengan menggunakan peralatan standar, kotanopan.com mencoba memperbaiki masalah tersebut, berharap hanya ada 1 kerusakan saja.



Setelah memeriksa semua tegangan dan menormalkannya, ternyata laptop hanya dapat menyala sesaat dan tiba-tiba mati lagi. Dicoba hanya restart, padahal tegangan normal jaya penuh semangat. Pada umumnya, penyebab utama dari masalah ketika Laptop Asus X441N tidak mau menyala atau hanya menyala sesaat sementara semua tegangan sudah normal adalah kerusakan pada keyboard atau pada Transistor umum. Sangat jarang terjadi pada IC atau chipset penting.

Oke, operasi perbaikan Laptop Asus X441N tidak mau menyala dilanjutkan ke tahap berikutnya yaitu pengecekan Keyboard dan power. Karena laptop ini tombol power dan keyboard menjadi satu, sehingga terkadang keyboard rusak membuat laptop tidak mau menyala. Untuk menguji apakah keyboard Laptop Asus X441N yang tidak mau menyala ini rusak, maka kita harus melakukan jummper atau koneksi langsung.

Memperbaiki Laptop Asus Restart terus tidak mau menyala Tipe X441N
Jummper Laptop Asus tidak mau menyala Tipe X441N

Silahkan lepas keyboard dan Touchpad dari Motherboard (cukup lepas kabel flexibelnya saja). Kemudian perhatikan PIN no 1 dan 2 dari sebelah kiri, jangan salah. jika anda bingung perhatikan gambar yang kotanopan sertakan. Coba hubungkan / jummper 2 pin tersebut sekirat 4-8 Detik dengan pinset, atau jarum yang dilapisi dengan isolasi / penahan arus. Maka seharusnya laptop akan hidup, setelah muncul gambar dilayar lepas jummper/ jarum.

Jika Laptop Asus X441N dapat menyala dengan normal dan tidak mati-mati lagi saat digunakan, maka kemungkinana besar penyebab Laptop Asus X441N tidak mau menyala adalah pada keyboard yang rusak atau error atau lengkat, dan solusi yang peling mungkin adalah ganti keyboard. Meskipun kotanopan akui menganti keyboard Asus X441N tidaklah mudah.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 3 =