Perbaiki Laptop DELL Tidak Ada suara Setelah Instal Ulang

Perbaiki Laptop DELL Tidak Ada suara Setelah Instal Ulang

Kotanopan.com. Pagi menjelang siang, Admin kotanopan menerima telepon dari seorang teman Yang keberulan kepala Sekolah. Yang mengeluh laptop Mereka tidak mengeluarkan suara setelah dilakukan Instal Ulang. Setengah jam kemudian, laptop sudah ditanggan dan ritual Perbaiki Laptop DELL Tidak Ada suara Setelah Instal Ulang dimulai.

Menurut Informasi empunya, laptop ini sebelumnya mengunakan windows 10 dan tidak bisa membuka aplikasi raport Online, sehingga di Instal ulang. Namun ternyata justru suaranya tidak adan. Daripada Pusing akhirnya saya putusnya Melakukan Instal Ulang lagi dengan windwows 11. Dan hasilnya sama saja Laptop DELL Tidak Ada suara Setelah Instal Ulang tidak sembuh.

Perbaiki Laptop DELL Tidak Ada suara Setelah Instal Ulang
Perbaiki Laptop DELL Tidak Ada suara Setelah Instal Ulang (dokpri)

Kotanopan cek mengunakan Driverpack, ternyata belum ada driver yang cocok untuk Laptop dell Latitude 3410 yang tidak mengeluarkan suara ini. Pada logo speaker juga hanya terlihat tanda Silang, dan keterangan tidak ada output audio. Maka kotanopan simpulkan masalah ada pada Device tidak terbaca atau driver tidak ada.
baca juga:
Memperbaiki laptop tidak Bisa tersambung ke wifi
Cara Uninstall Aplikasi Di Laptop Windows 7 10 dan 11
Kenapa Laptop Tidak bisa Di Shutdown dan cara Mematikanya

Seperti biasa saya lakukan cek perangkat keras dengan “device manager” Dengan cara pencet tombol logo windows di kiri bawah dan cari “device manager” lalu saya klik menunya, muncul beberapa perangkat yang masih memiliki tanda Seru (!) kuning. Yang paling menarik Perhatian adalah “intel High Definition DSP” seingat saya, ini berkaitan dengan Audio dan Video.



Karena “intel High Definition DSP” memiliki tanda seru (!) kuning maka langkah pertama Perbaiki Laptop DELL Tidak Ada suara Setelah Instal Ulang windows 11 adalah mencari Driver audio “intel High Definition DSP” Laptop DELL Latitude 3410 ini. AKhirnya kotanopan menemukan driver audio Laptop DELL 3410 yang Tidak Ada suara Setelah Instal Ulang di  https://www.dell.com/support/home/en-id/product-support/product/latitude-14-3410-laptop/drivers . Meskipun ukuranya sekitar 1 gigaByte.

Perbaiki Laptop DELL Tidak Ada suara Setelah Instal Ulang
Driver Laptop DELL Latitude 3410 (www.dell.com)

Nama drivernya “Realtek High Definition Audio Driver” dengan statur importat ‘CRITICAL ” dan dirilis oleh pihak Dell pada 29 Dec 2021. Tanpa berfikir panjang Driver audio “intel High Definition DSP” Laptop DELL 3410 langsung di download dan hanya perlu waktu beberapa menit saja. Sudah kelar, lumayan kencang juga modem yang pernah kotanopan bahas di Review Modem router Telkomsel Orbit A1 4G Untuk CCTV ini, meskipun belum 5G.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 5 =