Waspada Trojan virus Iphone Ini bisa menguras Rekening Bank Anda

Trojan Iphone Ini bisa menguras Rekening Bank. Source Group-IB

Kotanopan.com. Waspada, Trojan virus Iphone Ini bisa menguras Rekening Bank Anda. Selama ini kita mengenal Iphone dengan IOSnya adalah salah satu sistem yang cukup “aman”. Namun sepertinya kali ini IOS cukup “terguncang”. Karena baru-baru ini muncul sebuah Virus trojan yang mampu membobol rekening bank pada Iphone.

Trojan perbankan ini dijululuki GoldPickaxe, yang sebelumnya dikenal dengan nama Android Trojan GoldDigger. Oktober 2023 lalu GoldDigger sempat menjadi perhatian banyak pihak, terutama Perbankan. Sehingga dijuluki GoldDigger: Malware Pencuri Saldo Bank Digital.

Berita buruknya, baru-baru ini GoldDigger mulai merambah menjaid Trojan virus Iphone dan disebut dengan nama GoldPickaxe. Semenjak Diidentifikasi pada Oktober 2023. GoldPickaxe kini terdeteksi muncul dengan kemampuan untuk menyusup ke perangkat iOS, yang secara khusus menargetkan para pengguna iPhone.




Dalang dibalik Trojan virus Iphone ini diprediksi adalah peretas dengan kode GoldFactory. Trojan jenis ini juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mengumpulkan data penting dan sensitif seperti informasi pengenalan wajah, dokumen identitas pribadi, serta pesan teks yang disadap. Hal ini bertujuan untuk memperlancar proses pencurian dana dari berbagai aplikasi perbankan dan keuangan milik korbanya.

Baca juga:
Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Android Berbagai Type
Fungsi Recovery Mode Dan Cara Masuk ke Recovery Mode Android
Arti sideloading android dan Bahayanya yang Mengintai kita

Hal yang menarik dan paling menonjol dari Virus Iphone GoldPickaxe adalah cara masuk mereka yang belum pernah terjadi sebelumnya pada perangkat iOS. Penyusupan pada perangkat iPhone adalah hal yang jelas lebih menantang karena ekosistem Apple yang tertutup, Serta dikenal “aman” selama ini.

Baca Juga:  Download GOGO Live Terbaru September 2020

Ekosistem  milik Apple termasuk juga iOS untuk iPhone, dikenal memiliki sistem yang cukup tangguh dari ancaman penjahat dibanding lainnya. Seperti kita ketahui bersama, Apple memperketat seleksi setiap aplikasi yang bisa masuk atau dipasarkan di ekosistemnya. Pertanyaanya adalah, bagaimana Trojan virus Iphone GoldPickaxe ini bisa menyerang iPhone??




Dari berbagai informasi yang muncul Trojan GoldPickaxe mengeksploitasi platform pengujian aplikasi seluler Apple, yang dikenal dengan nama TestFlight untuk mendistribusikan aplikasi Virus Trojan GoldPickaxe di iOS.

TestFlight adalah alat yang biasa digunakan untuk menguji aplikasi sebelum aplikasi itu tersedia untuk diunduh oleh banyak orang di App Store. Tapi, ada yang memanfaatkannya dengan cara yang tidak baik. Ada orang yang mencoba memasukkan aplikasi Trojan GoldPickaxe ke dalam TestFlight.

Waspada, Trojan virus Iphone bisa menguras Rekening Bank. Source Group-IB
Waspada, Trojan virus Iphone bisa menguras Rekening Bank. Source Group-IB

Awalnya, aplikasi ini berhasil lolos dari pantauan. Meskipun kemudian dihapus dari TestFlight. Jadi, orang yang membuat aplikasi jahat itu harus berpikir keras kembali untuk mencoba cara lain agar bisa menyebarkan aplikasi jahatnya ke perangkat iOS lainnya.

Baca Juga:  Cara Upgrade laptop lama Dengan SSD dan RAM resikonya?

Tips Menghindari Trojan virus Iphone GoldPickaxe Pada Perangkat.

  • Tidak menginstal aplikasi melalui TestFlight
  • Waspada dalam menginstal profil Manajemen Perangkat Seluler kecuali diminta secara jelas oleh perusahaan.
  • Pastikan hanya mengunakan profil Manajemen Perangkat Seluler (MDM) pada iPhone yang dikeluarkan perusahaan anda.
  • Jika dirasa perlu anda bisa aktifkan mode lockdown serta fungsi Perlindungan Perangkat yang Dicuri dari Apple. Hal ini dapat lebih meningkatkan keamanan perangkat terhadap kemungkinan ancaman yang muncul.

Tetap waspada dalam menghadapi Trojan virus Iphone yang bisa menguras Rekening Bank Anda, adalah pilihan paling bijak saat ini. Gunakan selalu aplikasi resmi dan terpercaya. Jangan tergiur dengan tawaran-tawaran tidak masuk akal yang mungkin anda dapatkan bahkan dari pihak yang anda kenal sebelumnya.

Author: Mr. wics

2 thoughts on “Waspada Trojan virus Iphone Ini bisa menguras Rekening Bank Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − four =