Kenapa Laptop lemot? Penyebab dan Solusi Laptop Lambat

Kenapa Laptop lemot? Penyebab dan Solusi Laptop Lambat

Kotanopan.com Kenapa Laptop lemot? kenali penyebab dan solusi laptop lambat, Setelah laptop digunakan cukup lama, maka kinerjanya akan semakin menurun atau lambat, hal ini bisa disebabkan dari segi Perangkat keras atau perangkat lunaknya.
Dari segi perangakt keras bisa disebabkan banyaknya debu pada kipas dan lubang-lubang udara yang membuat pendinginan tidak maksimal dan cepat paans. Atau menyebabkan adanya konektor yang kurang maksimal. Dan hal ini perlu di bersihkan secara langsung tentunya.

Dari sisi software biasanya disebabkan banyak hal, bisa karena program yang memang banyak atau adanya malware, bloatware dan bisa juga karena File TEMP yang menumpuk pada laptop.
Namun pada umumnya yang terjadi pada windows 7 yang lambat terutama pada saat hidup atau booting adalah banyaknya program autostart yang berjalan. Maka solusinya adalah Membatasi Auto Start pada Windows terutama windows 7 dan windos 10 agar Laptop berjalan dan start lebih cepat.
Baca Juga:Cara Membuat USB Instaler Windows Dengan Rufus

Kenapa Laptop lemot? Penyebab dan Solusi Laptop Lambat
Kenapa Laptop lemot? Penyebab dan Solusi Laptop Lambat

Cara membatasi program auto start agar laptop lebih cepat dengan Klik Start pada pojok kiri bawah lalu ketik “msconfig” kemudian Enter dan Masuk ke TAB startup. Disable program yang memang sekiranya Tidak perlu seperti Kamera, kemudian fitur auto update yang sekiranya tidak diperlukan pada mode sta.Kenapa Laptop lemot? Penyebab dan Solusi Laptop Lambat
Kenapa Laptop lemot? Penyebab dan Solusi Laptop Lambat

Jika sudah masuk ke tab Service jangan lupa Centang bagian Hide All Microsoft Service, agar program bawaan Operasi System tidak ikut terSTOP nantinya. Lalu matikan atau disable yang tidak perlu, Jangan lupa Klik  Apply dan OK setelah selesai melakukan pengaturan.Ini bisa sedikit menjadi solusi  Solusi agar Laptop menjadi lebih cepat, Untuk Windows 10 Tab ini berada pada END TASK anda bisa memencet CTLR ATL DEL secara bersamaan untuk memunculkan Tab end task.



Pada tab END task anda bisa melihat bagian Services dan Processes untuk melihat program mana yang bergerak dan membuat laptop atau Komputer anda menajdi lambat.
Jika anda menemukan sebuah program yang tidak anda kenal atau tidak diperlukan, lakukan Endtask dan matikan dari auto start, akan tetapi jika memang anda yakin itu adalah Virus lakukan Scaning dan pembersihan komputer.
baca juga:Cara Instal Windows 7 Mengunakan USB Flashdisk Pada Laptop dan Komputer

Kenapa Laptop lemot? Penyebab dan Solusi Laptop Lambat
Kenapa Laptop lemot? Penyebab dan Solusi Laptop Lambat

baca juga:Memperbaiki Wifi Laptop Tidak Terdeteksi Setelah Instal Ulang
Ada kalanya bekas Program atau TEMP file sebuah komputer yang menumpuk juga bisa menjadi penyebabnya, bahkan Register file yang munkin terlalu banyak memberikan perintah atau Modifikasi juga bisa, sehingga Saran admin jika melakukan Uninstal sebuah program lakukan hingga bersih sampai ke register dan File Pendukung dan folder sumbernya dan sering-ssering hapus isi Folder Recycle Bin atau kotak sampah.
baca juga:
Download Whatsapp Plus Anti Banned Transparan Terbaru

Oke, selain dari pada beberapa hal diatas penyebab Laptop atau komputer lambat juga bisa disebabkan RAM yang kecil atau procesor, dan hardisk yang sudah mulai penuh, bahkan tegangan arus yang kurang bisa menjadi penyebabnya. Maka pastikan Bahwa RAM anda cukup besar PSU dan tegangan Listrik stabil dan arus cukup pada 220-230Volt



Maraknya pengunaan Program yang kadang kurang berguna ikut menjadikan Komputer lambat, karena program tersebut turut andil menyita memory RAM dan Hardisk bahkan terkadang melakukan Cek UPdate dengan akses internet. 
Demikian sedikit tulisan admin kotanopan.com  Tentang Kenapa Laptop lemot? Penyebab dan Solusi Laptop Lambat semoga bermanfaat untuk kita semua.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 2 =