Memperbaiki Wifi Laptop Tidak Terdeteksi Setelah Instal Ulang

Kotanopan.com Cara Memperbaiki Wifi Laptop Tidak Terdeteksi Setelah Instal Ulang bukanlah hal yang sulit, dan ini adalah penyakit atau kendala yang sering sekali kita temui apalagi setelah kita melakukan Downgrade Dari Windows 10 Ke windows 7 pada perangkat komputer Model Baru terutama merk Acer dan HP, biasa Wifi tidak bisa dipakai. meskipun kita sudah memberikan driver bawaan Laptop. Bahkan pada beberap kasus bisa terjadi USB dan Touchpad laptop juga tidak berfungsi setelah dilakukan Instal Ulang dari WIndows 10 ke windows 7 atau istilah kerenya Downgrade, tapi pembahasan kali ini adalah kita fokuskan pada Wifi Adapter saja dulu.
Karena Jika Wifi Laptop tidak tebaca atau tidak muncul belum tentu Wifi anda rusak, bisa jadi hanya salah driver
baca juga:Download Aplikasi BIGO LIVE Lite APK Solusi Penganti Gogo Live

Wifi pada laptop yang tidak terbaca setelah instal ulang biasanya di sebabkan karena driver yang tidak mendukung. Hal ini sering sekali Admin kotanopan temui, apalagi pada laptop keluaran terbaru yang terkadang pengunanya gagap dengan windows 10 dan ingin ganti windows 7, maka downgrade perlu dilakukan, hanya saja memang kendala yang sering di temui adanya kemudian wifi laptop tidak bisa dipakai. Lantas bagaimana solusi Memperbaiki Wifi Laptop Tidak Terdeteksi Setelah Instal Ulang hehehe…,



Tidak perlu panik, Kalau hanya masalah Driver, maka kita bisa mencari driver langsung dari penyedia Perangkat wifi laptop, kalau Hardware dari realtek, cari di realtek, kalau dari Qualcom cari dari web qualcom, atau penyedia Wifi lainya, kemudian lakukan Download Driver, biasa jika ada Driver Wifi untuk WIndows 8 atau 8.1 maka bisa di instal pada windows 10.

Jika sudah Di Instal maka cek apakah wifi sudah terbaca?
Jika belum Maka coba Cari Perangkat pada Device manager,
Cara membuka Device manager pada windows 7 Klik My dokument- Klik kanan My Computer-Properties-Device manager.
Coba perhatikan disana pada tab Network Adapter dan cari apakah ada perangkat yang masih ada tanda “?” jika ada berarti masih ada perangkat keras yang belum terdeteksi. Maka ada harapan anda bisa memperbaiki Wifi Laptop Tidak Terdeteksi Setelah Instal Ulang  dengan melakukan Pembaruan Driver. Jika tidak ada maka kecil kemungkinan bisa diperbaiki, (karena perangkat harus di deteksi baru bisa diperbaiki).
baca Juga:Bahaya VPN Kekurangan Dan Kelebihan VPN, Baca dulu sebelum Mengunakan VPN

Memperbaiki Wifi Laptop Tidak Terdeteksi Setelah Instal Ulang
Memperbaiki Wifi Laptop Tidak Terdeteksi Setelah Instal Ulang

Baca juga:Aplikasi Untuk Melihat Nama Kita di Kontak Whatsapp Orang Lain
Jika cara diatas tidak mempan, maka cara paling Mudah berikutnya adalah dengan melakukan Windows Update, agar windows mencari Driver secara otomatis dari systemnya. Apakah Memperbaiki Wifi pada Laptop dengan windows update adalah efektif? Menurut admin cukup efektif dan mudah, asal ada Jaringan Internet. Nanti tingal Pilih saja dan Next-next Instal saja Driver yang sesuai, hanya mungkin kalau internet kurang bagus jadinya agak lama bisa 10-15 menit juga.



Caranya adalah, dari Perangkat pada device manager yang masih bertanda “?” tadi Klik kanan lalu -Update driver Sofware- Klik tab Automatic, Biarkan laptop mencari Driver sendiri.
kalau internet cepat biasa 10 menit selesai, kalau lama ya bisa 30 menit dan itu tidak jaminan Work 100% lho ya, karena memang terkadang jika laptop dari pabriknya sudah bundle Windows 10 maka belum tentu bisa di Instal Windows 7 dan lancar jaya, kecuali beberapa tipe yang sering saya temui adalah Merk Lenovo, kalau lenovo memang kadang di Downgrade masih sehat dan bagus-bagus aja.
kalau Merk HP /ACER dan asus saya sering mengalami Wifi tidak terdeteksi seperti rusak.
Baca juga:Cara menyadap Whatsapp Tanpa Aplikasi Tanpa Root Modal browser Saja

Mudah Memperbaiki Wifi Laptop Tidak Terdeteksi Setelah Instal Ulang

 Baca juga:Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di handphone Android
Setelah langkah diatas tidak juga membuahkan hasil, maka solusi berikutnya adalah Coba Colokan UWB wifi adapter Ke Laptop (kalau punya) lalu instal driver, jika bisa maka ada 2 kemungkinan 1 bahwa memang driver dan Chipset Wifi adapter bawaan laptop tidak cocok dengan windows 7 atau Wifi laptop Bawaan rusak (meskipun kemungkinan Wifi Laptop rusak adalah sangat kecil Sekali).
Maka kita asumsikan saja Chipset Wifi Adapter laptop tidak terbaca karena memang tidak cocok dengan windows 7, maka solusi terakhir adalah Kembalikan laptop ke windows 10 atau gunakan USB wifi External saja.



Untuk adaptor USB wifi External saya Merekomendasikan Gunakan USB wifi external Merk Evinix. kenapa Evinix? karena selam ini adaptor Wifi ini cocok untuk Windows xp windows 7, 8 bahkan windows 10 sekalipun. Bahkan Untuk DVR TV parabola saya juga pakai ini.
Demikian Cara Memperbaiki Wifi Laptop Tidak Terdeteksi Setelah Instal Ulang Terutama pada windows 7 semoga bisa membantu teman-teman semua.
Untuk teman-teman yang mau mencoba Download driver universal bisa diambil di:
Baca juga:Driver Wifi Windows 7 64 dan 32 untuk Aneka Merek Laptop
Biasa kita bisa instal secara manual yang rata-rata bisa menjadi solusi Wifi Laptop Tidak Terdeteksi Setelah Instal Ulang

Author: Mr. wics

2 thoughts on “Memperbaiki Wifi Laptop Tidak Terdeteksi Setelah Instal Ulang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *