Cara memperbaiki error The application was unable to start correctly (0xc0000005) Pada WIndows

Cara memperbaiki error(0xc0000005)” atau “The application was unable to start correctly (0xc0000005)” Click OK to close the application pada Windows 7, 8, dan 10. Pesan informasi error ini sering muncul ketika ingin menjalankan sebuah aplikasi yang pada umumnya ber-ekstensi .exe,
baik itu chrome, firefox atau bahkan Office excel, power point ataupun Microsoft Word bisa terkena masalah “The application was unable to start correctly (0xc0000005)” Lantas bagaimana cara memperbaikinya?

Bahkan admin sendiri pernah mengalaminya pada sebuah fresh windows atau Windows yang baru Di Instal dan hanya di tambah 1 program, yaitu Winrar dan tiba-tiba mengalami error 0xc0000005 Menyebalkan memang,
Penyebab Error 0xc0000005 bisa bermacam-macam, bisa jadi karena faktor Perangkat keras, RAM/ Hardisk, atau lainya. Namun sebelum kita memvonis perangkat kita bermasalah mari kita analisa dahulu-satu persatu masalahnya, Karena hal ini bisa juga disebabkan kegagalan Program ataupun Register pada Windows sendiri.

Cara memperbaiki error The application was unable to start correctly (0xc0000005) Pada WIndows

1. Pertama perhatikan Versi Windows baik itu windows 7 ataupun 8, cek dan coba lihat apakah versi 64 ataupun 32. Karena sepanjang sepengetahuan Admin selama ini kasus ini hanya mengenai Windows terutama versi 32, Cara cek adalah klik kanan pada  My computer kemudian Pilih Propertise. Pada banyak kasus yang admin hadapi, jika Versi Windows adalah 32 memang sepertinya rentan mengalami error 0xc0000005 atau kegagalan program.

Cara memperbaiki error "The application was unable to start correctly (0xc0000005)"
Cara memperbaiki error “The application was unable to start correctly (0xc0000005)”

2. Lakukan Restore pada komputer atau Laptop, hal ini akan membuat komputer kembali ke titik tertentu sebelum error terjadi atau sebelum adanya perubahan, baik itu virus maupun pengaturan atau program yang menyebabkan terjadinya Error, Apakah Restore efektif memperbaiki error “The application was unable to start correctly (0xc0000005)”? Jawaban kami adalah, tergantung seberapa parah kasusnya, jika kasusnya cukup parah maka mungkin tidak akan terselesaikan, namun pada beberapa kasus WIndows 7 32 atau 86 hal ini cukup efektif, dengan catatan jika anda baru saja memindah sebuah file dari flashdik kemudian mendadak error, segera hapus file yang barusan dipindah dan bersihkan dari recycle Bin (hapus permanen), kemudian lakukan restore.
baca juga:
Satelite Nusantara dua N1 Meledak gagal mencapai orbit

The application was unable to start correctly (0xc0000005)
Memperbaiki The application was unable to start correctly (0xc0000005)

Cara Restore Komputer windows 7 8 ataupun 10 juga mudah, cukup klik menu start atau lambang windows kemudian ketik “Restore” akan muncul banyak pilihan, dan klik Next-next, seperti gambar. Lalu tunggu hingga komputer atau laptop hidup kembali. Lalu coba apakah Error muncul lagi.



3. Beberapa informasi menyatakan “repair computer” bisa memperbaiki Kesalahan atau Error (0xc0000005), namun admin sendiri tidak pernah sukses melakukanya terutama pada windows versi 32 atau 86, sehingga kami tidak merekomendasikan hal itu.
Namun jika anda ingin mencoba silahkan, semoga hal ini bisa efektif pada kendala yang anda hadapi.

4. Instal Ulang perangkat dengan WIndows versi 64,  kenapa kami katakan versi 64? karena beberapa isu menyatakan hal ini berhubungan dengan kesalahan pada Visual C+++ 2010 versi 86, Maka solusi terbaiknya dalah Instal ulang dengan versi 86, agar hal ini tidak terjadi lagi. Dan pastikan melakukan pembersihan atau format total pada hardisk sebelum Instal ulang.
baca juga:Memperbaiki Aplikasi Zoom yang tidak bersuara dan tidak bisa dibuka

5. Sebagai tambahan Informasi Sepertinya Error ini juga berpengaruh pada antivirus terutama Smadav, karena kami pernah melakukan Instal ulang Laptop yang sebelumnya versi 86, dengan versi 64 namun Operasi System kami timpa, dalam artian tidak dilakukan format pada salah satu partisi hardisk, Bagaimana hasilnya? Tentu saja Laptop bisa digunakan dan masalah error hilang pada semua program setelah kami instal ulang tanpa menghapus data lama yang tersimpan di Windows.old. Yang mana ini berarti bahwa Error (0xc0000005) yang kami hadapi saat itu hanya mengangu pada windows 32 dan tidak memberikan efek pada windows 64. Meskipun demikian kami merasa bahwa Sumber masalah Error (0xc0000005) masih ada dalam perangkat, baik itu Malware, virus atau sejenisnya.

Karena ketika kami lakukan Instal Antivirus Smadav, maka smadav terkadang tidak bisa melakukan auto start setelah di restart (harus di hidupkan manual), atau terkadang bisa auto start tapi lama dan layar scanner juga tidak bisa terbuka aktif sebagaimana mestinya. Padahal pada MSconfig sudah dilakukan auto start dan service aktif, Sehingga sepertinya antivirus terinterupsi atau ditekan oleh sumber Error (0xc0000005) yang mana bentuknya seperti Malware atau sejenisnya.



6. Ada kemungkinan Windows 64 menularkan Error (0xc0000005) ke Windows 32, hal ini pernah kami alami ketika memindahkan data dari sebuah flashdisk dari komputer 64ke komputer 32, dimana data berbertuk file exstensi .exe dan kemudian kami instal di komputer 32, seketika satu persatu propgram pada komputer 32 mengalami masalah error, dan kondisi ini segera hapus File yang dipindah dan lakukan restore Point seperti langkah ke 2 diatas.
Baca juga:Password Modem indihome HG8245H berganti tidak bisa dipakai?, ini solusinya.

Demikian Cara memperbaiki error The application was unable to start correctly (0xc0000005) Pada WIndows 7 8 dan 10, semoga membantu kita semua. Sebagai catatan ini adalah opini dan tulisan pribadi berdasarkan pengalaman pribadi yang kami bagikan, semoga bermanfaat dan jika ada pendapat lain silahkan tulis di komentar ya.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen − eight =