Cara mencetak Kartu keluarga Atau KK sendiri dari Rumah

Mencetak kartu keluarga dan akta kelahiran memang sudah bisa di lakukan dari rumah sendiri. Namun masih banyak orang yang belum tahu caranya. Kali ini admin kotanopan.com akan membagikan pengalaman membuat dan mencetak Kartu keluarga secara Online dan mencetaknya di rumah dengan printer dan kertas HVS biasa.
Beberapa waktu admin iseng ngobrol dengan seorang petugas DUKCAPIL yang memang biasa mengurusi masalah jaringan data server lokal dan IT, kebetulan kami sharing mengenai server lokal kabupaten yang konon katanya sering mengalami conflict Ip adress sehinga jaringan tergangu.
baca juga:Penyebab dan cara memperbaiki Printer L120 tidak bisa menarik kertas / paper jam

Setelah proses panjang lebar akhirnya admin kotanopan.com bertanya, lantas bagaimana cara mencetak kartu keluarga ataupun akta kelahiran untuk anak baru dan memasukan nama angota keluarga ke KK yang baru?
informasi yang admin kotanopan dapatkan adalah, sejatinya pencetakan memang bisa dilakukan secara mandiri melalui link yang dikirim ke E-mail pelapor/ keluarga. Akan tetapi proses input tetaplah harus dilakukan oleh petugas dukcapil. Sehingga kita masyarakat umum HANYA BISA MENCETAK SAJA. namun untuk input tetap dilakukan masyarakat umum saja.
baca juga :Solusi Wifi tidak aktif setelah Upgrade Instal Windows 10

Proses pendaftaran anggota baru dilakukan dengan cara, menyiapkan berkas KTP, KK lama ataupun buku Nikah orang tua, lantas di lakukan pengecekan kemudian data akan dimasukan ke database dukcapil lokal (kabupaten), dimana data kabupaten akan di sinkronkan ke pusat melalui proses tanda tangan digital atau validasi sinkronasi. Pada beberapa kasus umumnya terjadi masalah koneksi antara database lokasl (kabupaten) dan pusat dikarenakan beberapa hal, misalnya koneksi antara server kabupaten dan pusat tidak terhubung (umumnya koneksi tanta tangan digital perlu koneksi HTTPS). Atau bisa juga karena 1 penyedia layanan internet / 1 modem utama di gunakan untuk beberapa keperluan dan dibagi dengan mikrotik.

Cara mencetak Kartu keluarga Atau KK sendiri dari Rumah. SUmber dokpri

Lantas apakah benar bahwa kartu keluarga bisa di cetak sendiri dari rumah kita? Sepanjang pengalaman admin kotanopan.com bisa, dan admin sudah membuktikan cara mencetak kartu keluarga sendiri di rumah, dimana berkas kartu keluarga dikirim langsung ke E-mail admin kotanopan.com. Contoh gambar e-mail link cetak kartu keluarga ada di bawah,


Hal ini tetntu saja membuat pekerjaan jauh lebih mudah dan ringan, dimana file akan tetap kita simpan di laptop dan bisa dicetak sewaktu-waktu bukan? Untuk mencetak kartu keluarga, kita bisa mengunakan kertas HVS putih ukuran A4. Demikian pengalaman kami tentang Cara mencetak Kartu keluarga Atau KK sendiri dari Rumah, Semoga bermanfaat, jika ada yang kurang jelas silahkan tingalkan jejak di kolom komentar. terimakasih

Author: Mr. wics

2 thoughts on “Cara mencetak Kartu keluarga Atau KK sendiri dari Rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen − 7 =