Tips Memilih Hardisk Eksternal Terbaik Menurut Saya

Kotanopan.com, kali ini saya akan sedikit berbagi tentang Tips Memilih Hardisk atau Hard Disk Eksternal  TERBAIK menurut saya. Kenapa Menurut saya? ya karena ini memang berdasarkan apa yang saya tahu, dan rasakan selama ini. hehehe……….
Pada Dasarnya Hardisk Exsternal terbagi menjadi 2 bagian, Bagian 1 adalah Hardisk itu sendiri yang biasanya berukuran 2.5Inci Hard disk ini umumnya digunakan pada laptop ataupun notebook, karena memang secara ukuran jauh lebih ringkas.
Jadi jika anda ada yang memiliki laptop ataupun notebook dan hardisknya sudah sulit dibaca ataupun Bad sector, coba yang bad sector di bekukan saja dan buat partisi baru lalu jadikan Hardisk eksternal.

tips memilih hardisk external terbaik murah

Untuk kapasitas Hard disk sendiri bervariasi, mulai 80Giga hingga 2 terabyte (2.000 Giga).  Pada saat anda Memilih Hardisk Eksternal utamakan sesuai dengan Kebutuhan anda, oke jangan terlalu muluk- muluk kita mengambil kapasitas yang 1 tera atau 2 tera, kenapa? Karena semakin besar kapasitas biasa pembacaaan akan semakin lambat menurut saya. Apalagi jika laptop kita hanya memiliki kapasitas 500giga, dan kita membeli Hardisk Eksternal 1 terabyte, kan agak aneh juga rasanya. wkwkwkw…..


casing Hard disk ekternal

Bagian kedua daripada Hardisk Eksternal adalah Casing / housing. Ini adalah alat pembaca Hardisk sehingga hard disk kita akan menjadi layaknya Flashdisk, enak bukan? Pada saat Memilih casing Hardisk Eksternal agar sesuai dengan kebutuhan perhatikan beberapa hal berikut.

1. Dukungan transfer kecepatan, ada beberapa housing mendukung USB 2 dan 3, biasanya semakin tinggi kecepatan transfer harga akan semakin mahal.

2. Perhatikan colokan kabel pada hardisk apakah Mini USB ataupun USB slot, ada baiknya ketika anda membeli casing Hardisk Eksternal anda juga membeli kabel cadangan minimal 1 buah, karena sepengetahuan saya kabel ini yang paling rawan rusak, kalau bisa beli kabel yang terbaik sekalian.

tips memilih hardisk external terbaik murah
colokan kabel hard disk external

3. Bahan Casing, Tips Memilih Hardisk Eksternal Terbaik adalah ketika anda memilih bahan casing yang baik, pilihah yang berbahan tidak mengalirkan listrik, menurut saya ini lebih baik. Karena ketika Hard disk masuk ke  casing, ada kemungkinan akan bersentuhan langsung dengan casing sehingga ada kemungkinan akan terjadi arus pendek  / konslet. Jadi pilihah bahan yang tidak mengalirkan listrik.

Demikian Tips Memilih Hardisk Eksternal Terbaik Menurut Saya, kebetulan saya mengunakan 3 hardisk eksternal yang berkapasitas 500 giga, 500 giga dan 320 giga. Kenapa saya pisah menjadi 3 Hardisk?
karena mereka memiliki fungsi berbeda-beda, ada yang berisi Program ada yang berisi Film-film File-file penting pekerjaan, dan yang terakhir saya gunakan untuk pindah data antar komputer dan laptop. seperti pepatah lama”jangan simpan semua telur pada satu keranjang” hehehe..
Demikian sedikit Tips Memilih Hardisk atau Hard Disk Eksternal  TERBAIK Menurut saya

Author: Mr. wics

39 thoughts on “Tips Memilih Hardisk Eksternal Terbaik Menurut Saya

  1. wah bagus ini gan tips nya, jadi sebelum memutuskan membeli itu hardisk, bisa cek dulu fitur-fitur nya ya dan yang pasti harga nya juga, perlu dibandingkan juga dengan merk lain mungkin, saya juga punya hardisk, cocok banget untuk simpan file jumbo 😀

  2. Ini hard disk internal yang dijadikan eksternal kah? Saya baru beli minggu lalu yang eksternal tapi gk dipasang, cuma berfungsi kayak flash disk aja, dicolok klo ada perlunya. Pengin sih beli internal tapi klo beli hard disk internal rasanya nanggung, mending sekalian beli SSD, cuman mahal makanya eksternal dulu buat back up aja. kkawkawkaw

  3. Hardisk eksternal berguna sekali untuk menampung data-data berukuran besar, apalagi kalau mau maling data penting dari perusahaan ini mesti kudu punya… Hehehe #otakjahat

  4. Tips yg bermanfaat nih jadi tau jenis2nya, dulu pernah beli hardisk external bisa dipake untuk laptop tapi pas dipake di tv malah gak bisa, kata yg jual memang gak semua tv sama port usbnya,waduh nyesel deh beli

    1. colokan USBnya langsung di TV kak? ada sih infonya USB di TV hanya unt mp3, ada juga yang tidak bisa baca partisi. kebetulan sada Hardisk eksternal yang saya pakai juga untuk mutar Film di TB lewat receiver satelit dan bagus,,,

  5. Seharusnya judulnya jangan ada tambahan saya. Biar lebih hot. Sekarang enak ya, ada hardis ekternal. beda dengan saya yang dulu dan sampai saat ini masih mengandalkan flashdisk. Tapi kalau ada duit ,ada keinginan untuk membelinya.

  6. Salah satu yang menjadi kendala setelah beli hard disk eksternal itu adalah colokannya yang tiba-tiba gak mau connect, mau tidak mau harus balik ke tokonya lagi nyari colokan yang benar-benar cocok dan tidak bermasalah.

  7. Saya pernah minjam punya kawan saya Brokotanopan, pas dicolokin ke laptop tangan saya agak berkeringet ikut kesetrum kecil… eh terhempas deh Hardisknya… Untung ra rusak..

    Jadi kalau dengan hardisk nih, saya agak kurang tertarik… saya tertariknya dengan flaskdisk yang army fashion… bisa dikalungin dileher, aman, yang terlebih pentingnya… Kapasitas Oke… Limit transfer ngirit waktu, hehe..

  8. Kalau statusnya baru and ada garansinya, jarang diperiksa periksa, langsung tancap aja hahha..
    tapi kalau sudah second yah harus hati – hati milihnya, terutama dari kemungkinan adanya bad sektor dan bagian usb konektor ke hardisknya, biasanya itu yang paling vital.. yang menurutku, gak tahu kalau menurut kak setomah.. wkakakakak

  9. Keren nih tipsnya.
    Saya udah males copas data di hardisk external karena sudah 2 kali bikin sakit hati.

    Pas data udah rapi di hardisk external, eh rusak dong.
    Dan datanya hilang 🙁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *