Ciri-ciri VGA Card Laptop Rusak penyebab dan solusinya

VGA card adalah perangkat pemroses visual atau tampilan atau layar, Baik pada perangkat komputer ataupun laptop, sama-sama memiliki VGA. Hanya umumnya VGA pada laptop menempel “menyatu” pada motherboard atau papan PCB laptop. Kali ini admin kotanopan akan membahas ciri-ciri VGA card laptop rusak dan mencoba membicarakan mengenai solusi VGA card rusak. 

Penyebab daripada rusaknya VGA card pada laptop bisa karena beberapa hal.
1. Kerusakan teknis, usia pakai yang lama, atau tua. Tentu saja barang jika dipakai terus menerus akan memiliki keusangan tersendiri, dan hal ini umum terjadi. Dimana kerusakan karena memang usia barang yang sudah tua/ usang.
2. Kerusakan karena konsleting atau arus pendek, dimana hal ini rawan terjadi karena ada benda / hewan asing masuk ke PCB layar lcd, atau masuk ke motherboard yang menyebabkan terjadi arus pendek pada saluran motherboard.
3.Kerusakan karena Over heat atau kepanasan. Hal ini ditandai awalnya ketika layar LCD sering berkedip dan muncul warna-warna aneh, dan kemudian laptop hitam mendadap tidak bisa menyala/ layar gelap. Bisa jadi ini adalah tanda-tanda kerusakan VGA card.
baca juga:Cara Menyambungkan dvr XVR atau NVR CCTV anyvision ke Internet Cloud P2P

Kerusakan VGA karena over heat memang umum terjadi, apalagi jika kita kurang memperhatikan pendinginan pada laptop kita, terutama tidak pernah cek kipas dan saluran udara yang kadang penuh debu menyebabkan penyumbatan pada saluran udara kipas pendingin. Seperti pada gambar dibawah.

Saluran udara tersumbat bsia menjadi penyebab rusaknya VGA card laptop, sumber :Dokpri

Cara memastikan VGA card laptop rusak:
Sebagai salah satu perangkat keras yang penting, kerusakan VGA CARD cukup mudah dianalisa. Ciri pertama yang umum adalah, laptop hidup hardisk bergetar pelan, dan lampu indikator pada laptop menyala. Akan tetapi layar laptop gelap dan hitam, umumnya VGA yang rusak parah akan memberikan tampilan hitam kelam tanpa gambar. Jika kerusakan ringan akan menimbulkan spot warna tidak karuan pada layar anda.

Untuk memastikan apakah VGA card laptop anda rusak atau tidak, cara paling mudah adalah gunakan monitor eksternal, jika monitor eksternal anda bisa menampilkan gambar maka besar kemungkinan VGA card tidak rusak, namun jika pada monitor eksternal juga tidak menampilkan gambar maka besar kemungkinan VGA card anda rusak.




Lantas bagaimana solusi cara memperbaiki VGA card laptop yang rusak? tentu saja hal ini bsia dilakukan dengan melakukan pengantian VGA card pada laptop. Hal yang perlu diketahui sebelum kita melakukan pengantian Part VGA card laptop yang rusak adalah seri VGA pada laptop.
Berbeda dengan VGA pada komputer yang mengunakan soket PCI-E 2x ataupun 16x. VGA card pada laptop mengunakan semacam Chip yang menempel dan di lekatkan pada motherboard laptop itu sendiri. sehingga untuk melakukan pengantian VGA card laptop akan menjadi hal yang cukup rumit.
Baca juga:Tata cara Mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui OSS RBA

Cara menganti VGA card pada laptop, harus mengunakan solder blower yang dipanaskan pada VGA, kemudian dilakukan pencetakan ulang dudukan kaki-kakai vga atau biasa kita sebul re-HOT dan Re-Ball. Untuk melakukanya perlu tingkat ketabahan yang tinggi.
Selain daripada menganti VGA card laptop yang rusak, untuk cara paling mudah kita bisa membeli Motherboard laptop lengkap 1 paket agar lebih mudahn namun biaya tidak akan murah.
baca juga :Mengatasi Operating System Not Found Pada Laptop Acer V5 (bios Error)

Ditengh perkembangan teknologi saat ini ada solusi tengah antara menganti VGA card laptop yang murah namun rumit, dan menganti 1 paket motherboard yang mahal namun mudah. Yaitu, mengunakan VGA card Laptop eksternal. Yuup.,. kita bisa memasang VGA card untuk laptop secara tersendiri pada bagian luar laptop itu sendiri, dengan bantuan beebrapa alat sederhana, Hal ini mungkin saja di lakukan dan biaya juga tidak terlalu mahal jika dibanding membeli Motherboard baru, dan tidak serumit menganti VGA card laptop yang rusak.

Author: Mr. wics

2 thoughts on “Ciri-ciri VGA Card Laptop Rusak penyebab dan solusinya

  1. Astagaaa liat gambar penuh debu itu, jadi memikirkan laptop saya yang memang saya pakai di ruangan penuh debu, tauk deh di tempat tinggal saya tuh dekat sawah, tapi debunya banyak, jadi takut laptop cepat rusak

    1. iya mbak, ini yg punya sering naruh laptop diatas kasur atau bantal, jadi demu kapasnya kehisap mbak. menutup saluran udara dan kipas, krn pas saya bognkar kipasnya macet karena penuh deubu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − 7 =