Penyebab Harddisk Tidak bisa Instal Windows dan cara memperbaikinya

Penyebab Harddisk Tidak bisa Instal Windows dan cara memperbaikinya

Kotanopan.com. Penyebab Harddisk Tidak bisa Instal Windows dan cara memperbaikinya terkadang gampang-gampang susah. Harddisk sendiri atau diska keras, adalah salah satu komponen penting dalam dalam laptop atau komputer yang digunakan untuk menyimpan data baik program ataupun file pribadi. Saat menginstal sistem operasi Windows ataupun linux, terkadang kita akan mengalami kendala di mana harddisk tidak terbaca hal ini menjadi Penyebab Harddisk Tidak bisa Instal Windows. Padahal harddisk terbaca pada system BIOS.

Beberapa penyebab umum mengapa harddisk tidak dapat menginstal Windows adalah:
Kerusakan Fisik pada Harddisk yang terlihat
Salah satu penyebab utama mengapa harddisk tidak dapat menginstal Windows adalah kerusakan fisik pada perangkat Harddisk itu sendiri. Harddisk yang rusak, misalnya karena komponen yang terbakar atau tidak rata, penyok atau bahkan mengalami korosi, sehingga  mekanisme baca/tulis tidak bisa dilakukan bisa menjadi penyebab kegagalan dan kesalahan saat menginstal sistem operasi. Jika ada kerusakan fisik pada harddisk, perlu menggantinya dengan yang baru, karena hal ini sulit diperbaiki.



Partisi Harddisk yang Salah atau tidak sesuai antara MBR dan GPT
Partisi adalah bagian dari harddisk yang membagi ruang penyimpanan menjadi beberapa area terpisah. Jika partisi harddisk rusak atau salah konfigurasi terutama antara MBR dan GPTnya, dapat menyebabkan kegagalan saat menginstal Windows. Solusinya adalah Rubah jenis format hardisk dengan system MBR atau GPT sesuai dengan sistem windows yang hendak di Instal.

Penyebab Harddisk Tidak bisa Instal Windows dan cara memperbaikinya

Penyebab Harddisk Tidak bisa Instal Windows dan cara memperbaikinya (dokpri)

Baca juga:
Cara Login WhatsApp Web tanpa Scan Barcode Cukup dengan Nomor Telepon
Cara Aktifkan Kontrol orang Tua Pada Perangkat Android
Cara Menambah Follower Instagram Gratis dengan Mudah

Pengaturan Pada BIOS yang Tidak Tepat
BIOS (Basic Input Output System) adalah perangkat lunak yang mengontrol fungsi dasar komputer sebelum sistem operasi dimulai. Pengaturan pada BIOS yang tidak tepat, seperti pengaturan mode SATA yang salah atau pengaturan urutan booting yang tidak benar, dapat menyebabkan harddisk tidak terdeteksi atau tidak dapat diakses selama proses instalasi Windows. Pastikan pada mode Secure Boot dan legay, uefi atau bios diatur dengan menyesuaikan jenis windows yang hendak di Instal. Memeriksa dan memperbarui pengaturan BIOS  pada mode legacy atau UEFI umumnya akan dapat mengatasi Penyebab Harddisk Tidak bisa Instal Windows karena salah pengaturan BIOS.



Masalah Kompatibilitas atau Kesuaian Harddisk
Kompatibilitas perangkat keras dengan sistem operasi adalah faktor penting dalam keberhasilan menginstal Windows. Beberapa harddisk mungkin tidak kompatibel dengan versi Windows tertentu atau jika anda mengUpgrade alias menganti Harddisk Dengan SSD terkadang perlu pengaturan kembali, atau cara paling mudah adalah Instal Windows pada perangkat lain dan kemudian pasang pada komputer atau laptop yang dinginkan.

Terakhir jangan terlalu mengandalkan program pembaca harddisk seperti Harddisk sentinel, karena kotanopan.com pernah menemukan kondisi harddisk 100% namun gagal instal ulang windows. karena memang harddisknya sudah tidak normal, dibuktikan dengan saat mengisi file besar ke harddisk tersebut ternyata gagal total dan macet ditengah perpindahan data.

 

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × one =