Memperbaiki Laptop Tidak Hidup Kode PXE-E61 : Media Test Failure, Check Cable

Kotanopan.com Cara memperbaiki Laptop tidak hidup dengan kode PXE-E61, Umumnya kode ini muncul saat laptop mulai menyala pada mode boot, disertai layar hitam dan kemudian restart kembali. kode PXE-E61: Media test Failure, check cable. Terjadi karena beberapa hal, dan mari kita bahascara memperbaiki kode PXE-E61 pada laptop acer, asus, thosiba dan lainya.

Analisa pertama PXE-E61: Media test Failure, check cable. Buka laptop bagian belakang dan pastikan hardisk terpasang dengan baik, dan tepat di posisinya.
Bahkan terkadang hardisk yang tidak terpasang pada laptop juga akan memberikan peringatan PXE-E61: Media test Failure, check cable. dan “NO BOOTABLE”
Yang artinya hardisk tidak terbaca ataupun tidak ada hardisk di laptop.
Baca juga: Apakah HT baofeng Bisa disambungkan dengan handy talkie merek lain?
Baca juga :Penyebab Batre Laptop tidak bisa di Charger dan tidak mau menyimpan daya

Memperbaiki Laptop Tidak Hidup Kode PXE-E61 : Media Test Failure, Check Cable (sumber :pribadi)

Secara garis besar penyebab laptop tidak menyala dengan kode PXE-E61: Media test Failure, check cable adalah, ada masalah antara hubungan Hardisk dan motherboard. Hal ini bisa karena:
1 Hardisk tidak terbaca karena rusak,
2. kabel konektor antara hardisk dan mother board rusak/ tidak tersambung
3. Konektor hardisk rusak
4. Konektor motherboard rusak

Baca Juga Ciri-ciri VGA Card Laptop Rusak penyebab dan solusinya
Umumnya kesalahan PXE-E61: adalah sesuai keterangan Media test Failure, check cable. Sehingga kita disarankan untuk cek kabel dari hardisk ke motherboard, jika memang ada hardisk di laptop. Jika pada laptop tidak ada hardisknya, maka silahkan pasang hardisknya dan hidupkan ulang laptop. Pastikan hardisk terpasang dengan baik dan kuat pada tempatnya.




 

Memperbaiki PXE-E61: Media test Failure, check cable berikutnya adalah, jika hardisk sudah terpasang dengan benar pada laptop maka cek bios apakah hardisk terbaca di laptop? jika terbaca maka lakukan pengaturan dengan menjadikan Hardisk pada urutan pertama Boot, Meskipun sebenarnya langkah ini setahu admin kotanopan kurang efektif, namun tidak ada salahnya di coba bukan?

Setidaknya pastikan dahulu bahwa hardisk terbaca pada mode bios. Agar kode PXE-E61 bisa hilang. Karena jika hardisk tidak tebaca maka dipastikan ada masalah pada hardisk atau kabel ataupun konektor hardisk ataupun konektor pada motherboard.



Solusi PXE-E61 berikutnya adalah, pastikan hardisk dalam keadaan normal, sehat dan bisa berfungsi. Karena meskipun hardisk terbaca pada mode bios, bukan berarti hardisk 100% sehat dan bisa digunakan untuk mengoperasikan System operasi terutama windows. Solusinya? coba gunakan hardisk lain, atau lakukan boot dengan flashdisk dahulu. Atau gunakan hardisk sentinel untuk memeriksa kesehatan hardisk.
Demikian semoga membantu, jika ada yang hendak ditanyakan, silahkan tingalkan di kolom komentar.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + 11 =