Penyebab Batre Laptop tidak bisa di Charger dan tidak mau menyimpan daya

Kotanopan.com. Laptop seolah-olah menjadi barang yang mendadak penting dan musti dimiliki di era pandemi ini, Mulai dari anak sekolah, pelajar, mahasiswa guru hingga pekerja kantoran, banyak mengunakan laptop untuk pekerjaan dan belajar. Saking seringnya dipakai, terkadang baterai laptop cepat droop, dan tidak menyimpan daya.  Dan kini mari kita bahas Penyebab Batre Laptop tidak bisa di Charger dan tidak mau menyimpan daya.

Pada umunya penyebab laptop tidak bisa dicharger ada 3 hal utama.
1. Charger laptop mengalami kerusakan, sehingga tidak mengalirkan listrik ke Laptop yang artinya memang tidak mengisi.
untuk cara memperbaiki charger laptop sudah admin bahas di Memperbaiki Charger laptop yang mati atau tidak mau mengisi

Penyebab Batre Laptop tidak bisa di Charger dan tidak mau menyimpan daya (foto :pribadi)2. Komponen pada laptop mengalami kerusakan, baik itu IC charger, soket charger ataupun bagian lain pada motherboard laptop itu sendiri. Untuk kasus kedua ini, admin belum eprnah membahasnya karena ceritanya panjang, dan sebaiknya bawa saja ke tukang service elektronik/ service laptop.

3. Kerusakan pada batre laptop, sehingga tidak bisa mengisi dan menyimpan daya, Secara garis besar untuk batre laptop bawaan umumnya bisa bertahan 3-4 tahun berdasarkan pengalaman admin pribadi, sedangkan batre penganti atau bukan bawaan umumnya bertahan 1-2 tahun. Dimana jika sudah masuk tahun ke 2 kemampuan penyimpanan akan hilang secara perlahan-lahan.
dimaan umumnya bertahan 3 jam maka bisa jadi akan bertahan hanya 1 jam atau kurang.



Dari 3 uraian diatas, maka penyebab Batre Laptop tidak bisa di Charger dan tidak mau menyimpan daya bukan selalu disebabkan oleh batrenya yang rusak ataupun sudah usang. Karena 3 hal kerusakan pada laptop yang tidak bisa di charger akan memiliki ciri yang berbeda-beda. Sehingga jika laptop anda tiba-tiba tidak mau hidup jika tidak dicharger, jangan langsung memvonis batre rusak dan langsung beli batre baru. Karena belum tentu batrenya yang rusak. 

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + eight =