Cara periksa, perbaiki dan Solusi GPS Tracking kendaraan Tidak Terbaca di Server

Kotanopan.com kali ini kembali membahas masalah GPS mobil, karena kebetulan beberapa waktu yang lalu salah satu mobil tiba-tiba hilang hilang dari radar (baca: pantauan GPS), kejadianya sekitar malam jam 23.00WIB, panik engak? panik engak min? ya engaklah,,, ngapain panik. Yang bawa saya sendiri kok, kalau yg bawa orang seh penasaran juga seh, wkwkw,,,,

Cara periksa, perbaiki dan Solusi GPS pelacak  kendaraan Tidak Terbaca di Server ini umumnya bisa diterapkan pada semua type GPS yang beredar di pasaran, Dan kebetulan kotanopan sering mengunakan GPS GT06N (merk gak usah disebut, gak ada yg mau endorsmen kok), dengan server secumore1818, dulu pakai ORANGE GPS, tapi karena orange sering tidak update peta
seperti pernah kotanopan.com tulis di Server GPS Gratis Penganti Orange gps trace yang berhenti menerima Perangkat baru
maka sekarang saya ganti, dan lagi Secumore digabungkan dengan GT06N maka kita bisa mematikan mobil melalui aplikasi, tanpa perlu SMS.

Server secumore:Sumber gambar, Secumore web

 

Dan SOP standar ketika GPS tidak terbaca atau mati di Peta GPS sudah dipersiapkan karena sebelum pasang GPS tentu kita harus faham cara kerja GPS. Pertama cek tempat terakhir hilang sinyal apakah lokasi itu memang sulit sinyal? jika memang sulit sinyal coba tunggu sekitar 30-menit disaat mungkin kendaraan berjalan dapat sinyal dan GPS kembali mengirim data.

Khusus untuk GPS GT06N yang biasa admin kotanopan pakai, umumnya memiliki batre cadangan dimana ketika power loss/ GPS dilepas dari batre aki mobil akan memberikan notifikasi berupa sms atau peringatan ke aplikasi kita, dan umumnya batre cadangan GPS bisa bertahan sekitar 20-30menit pada mode pelacakan. namun untuk mode mematikan biasa hanya sekitar 5 menit saja, mungkin karena batre kecil dan relay nilainya 12volt.

Sehingga umumnya kita tidak perlu terlalu khawatir, pada kasus admin kotanopan, karena yang bawa saya sendiri tentu saya lebih tenang, karena pada laporanya terbaca “terakhir berjalan dengan kecepatan 50km/jam dan tidak mengirim data” cukup akurat memang.  jika memang sinyal hilang pada kondisi mobil berhenti, maka kita patut curiga, ini GPS diputus atau aki yang dilepas?

Next sambil menunggu sekitar 30 menit apakah GPS kembali mengirimkan data, coba Telp nomor yang ada di GPS, apakah ada nada sambung yang berarti GPS masih hidup? jika ada nada sambung maka GPS masih terpasang dengan power hanya tidak mengirim data ke server, dalam hal ini secumore1818. Jika memang ada nada sambung maka kirim perintah melalui SMS ke gps agar melakukan “restart” ingat restart bukan reset ya.
maka GPS akan membalas bahwa mereka sudah melakukan restart (jika pulsa ada), kalaupun tak ada pulsa di GPS gpp, yang penting kuota internet ada.

Jika SMS perintah restart terkirim (ada laporan terkirim) maka tunggu 1-2 menit saja, biasa GPS akan mengirim data ke server meskipun hanya sebentar 5-10 menit, kemudian tak mengirim data lagi. Maka kemungkinan memang sinyal jelek disana. So sabaar,….


Lantas jika Nomor DI GPS saat di telp tidak aktif Gimana?
ini ada beberapa kemungkinan, sinyal tidak ada atau GPS dilepas, atau memang pengaturan pada GPS menolak semua pangilan kecuali dari nomor yang dikenal (admin).  Maka solusi sederhana Coba kirim SMS ke Nomor yang ada di GPS, apakah nomornya masuk? jika masuk maka lakukan perintah cek parameter pada GPS yang anda miliki, cek parameter berguna untuk melihat kondisi GPS, baik itu sinyal APN, pengaturan server, tingkat voltase batre dan lainya.
baca juga:Teknis Pelacakan Handphone Mengunakan Nomor IMEI

Dari cek parameter akan kita ketahui, bagaimana kondisi GPS kita, baik itu unit GPS paling rendah tipe TK 110 TK102 bahkan hingga GT300 setahu admin kotanopan.com memiliki mode cek parameter melalui SMS. Karena untuk pengaturan Awal GPS memang harus lewat SMS, baik APN ataupun server dan portnya. Namun syarat untuk lakukan cek parameter melalui sms adalah, pastikan GPS ada pulsanya. karena dia harus membalas SMS kita pakai pulsa.
jika langkah cek parameter melalui sms gagal (sms tidak terkirim ke GPS) maka tunggu beberapa menit, jika tetap tidak muncul bahkan ketika ada sinyal maka ini masalah besar untuk kita. Artinya GPS kehilangan daya / putus powernya.

Solusi GPS putus powenya dan tidak aktif sama sekali?  terpaksa kita cek kabel dan pastikan semua tersambung, untuk cara cek kabel dan pasang GPS pada kendaraan sudah pernah admin kotanopan tulis di artikel sebelumnya yaitu ini, Cara Pasang GPS di Mobil Avanza Xenia dan Innova
coba pelajari disana, jika ada kendala silahkan komentar atau lewat facebook admin kotanopan.com

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × four =