Teknis Pelacakan Handphone Mengunakan Nomor IMEI

cara melacak Handphone Mengunakan Nomor IMEI

Berhubung beberapa hari ini admin kotanopan mendapat beberapa pertanyaan tentang “cara melacak Handphone Mengunakan IME” maka kali ini akan coba sedikit admin jabarkan dan jelaskan berdasarkan sedikit pengetahuan saya. Semoga ini bisa membantu kita semua. IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor unik untuk perangkat yang mengunakan jaringan terutama GSM. Pada Dasarnya setiap perangkat memiliki Imei yang unik dan berbeda-beda, sebagai sebuat nomor identitas perangkat.

Operator seluler sendiri bisa melihat setiap IMEI daripada perangkat yang mengunakan layanan mereka,
Karena itu operator seluler bisa memblokir IME perangkat ilegal seperti yang pernah admin bahas di HP ilegal Akan di Blokir IMEI-nya Aturan turun Akhir Tahun Ini.
Jadi meskipun nomor Handphone berubah, nomor IMEI akan tetap dan tidak berubah, sehingga operator bisa melacak, mencari dan mendeteksi keberadaan Handphone yang hilang atau dicari selama mengunakan layanan mereka.



Lantas bagaimana Teknis cara melacak Handphone Mengunakan Nomor IMEI? Tentu saja dengan metode Triangulasi / tiga tower atau lebih. Memang cara ini tidak lantas 100% akurat seperti GPS namun tetap saja cara ini terbukti cukup ampuh, ditambah dengan metode CID dan LAC yang selama ini kita kenal. Jika anda penasaran dengan penjelasan metode tersebut bisa dibaca di Teknis pelacakan dengan triangulasi Base yang pernah admin tulis sebelumnya.

cara melacak Handphone Mengunakan Nomor IMEI
cara melacak Handphone Mengunakan Nomor IMEI

Dahulu cara melacak nomor Handphone dengan IMEI adalah cara yang mahal, rumit dan berbelit-belit, namun sekarang sepertinya tidak lagi, karena BTS atau tower operator seluler hampir merata, dan bukan hal yang mustahil serta mahal lagi. Maka sebenarnya pelacakan ini bisa dengan mudah murah dan cepat dilakukan, jika memang diperlukan dan di haruskan. Meskipun nanti pelacakan ini memerlukan Google maps untuk meng akurasikan titik pointing akhir, yang bisa jadi akan meleset 50-100 meter.

Metode Pelacakan Handphone dengan nomor IMEI juga kerap dilakukan, ketika kita mengalami ganguan sinyal yang lemah, tidak stabil sering hilang dan lainya. Pada beberapa kasus operator akan menanyakan nomor IMEI perangkat kita agar memudahkan melakukan pelacakan dan perhitungan, tower atau BTS mana yang memberikan kita sinyal.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 3 =