Cara Pasang GPS di Mobil Avanza Xenia dan Innova

Cara Pasang GPS di Mobil Avanza Xenia dan Innova

Kotanopan.com Cara Pasang GPS di Mobil Avanza Xenia dan Innova yang akan admin kotanopan.com bagikan ini adalah hasil dari pengalaman selama ini, dimana kebetulan beberapa kendaraan yang di rentalkan selalu dipasang GPS tracker yang mana GPS ini Online dan bisa Dipantau melalui Internet secara Realtime, Panduan Pemasangan GPS untuk Mobil Avanza Xenia dan Innova pada dasarnya adalah sama seperti ketika kita memasang GPS pada mobil lainya, hanya peletakanya yang sedikit berbeda.

Cara Pasang GPS di Mobil Avanza Xenia dan Innova
Cara Pasang GPS di Mobil Avanza Xenia dan Innova

Baca juga:Cara Instal Windows 7 Mengunakan USB Flashdisk Pada Laptop dan Komputer

Pada Tutorial Ini akan coba admin bagikan rahasia tips dan trik memasang GPS untuk pemula bahkan anda yang mungkin belum faham Insya Allah akan bisa memasang GPS pada kendaraan anda.
Bagian Pertama adalah kenali GPS anda, Yang paling Utama adalah mengenail mana Kabel + (Positif) dan – (negatif), baca pada petunjuk atau manual dan Biasanya pengkabelan bisa kita ketahui + dan – melalui rumus Kabel + positif warna merah (ada sekringnya), sedangkan kabel – (negatif) warna hitam.
Kabel api pada umumnya memiliki bentuk fisik yang sedikit lebih besar daripada kabel lainya.




Kemudian kenali Kabel Pemati mesin atau Stop engine / cut engine. Pada beberapa GPS TK110 TK112 bahkan GT06 ataupun GT06N mungkin kita akan sedikit bingung jika tidak ada manual petunjuk pemasangan GPS, maka Trik mencari kabel stop Engine adalah dengan memasang secara langsung dan mengunakan Multimeter / tester. Caranya adalah masukan kartu pada GPS kartu harus ada isi minimal Rp 10.000 dan paket data lalu Hubungkan kabel (biasa hitam) – ke aki -, dan hubungkan kabel + (biasa merah ada sekringnya) ke aki +.

Cara Pasang GPS di Mobil Avanza Xenia dan Innova
Cara Pasang GPS di Mobil Avanza Xenia dan Innova 

Baca juga:Download Aplikasi Mango Live Mango TV
Jika sudah terpasang tunggu sekitar 60 detik cek arus pada kabel, pada keadaan tidak mendapat perintah mematikan mesin kabel stop engine tidak memiliki arus lalu Kirim SMS untuk melakukan stop engine / matikan mesin. Kemudian tes kabel mana yang tiba-tiba memiliki arus 12 volt (biasa kabel ini berwarna kuning). karena kabel untuk mematikan Mesina tau stop engin ini akan mengaktifkan relay ketika Di SMS maka cara ceknya adalah seperti diatas.


 

Beberapa GPS juga memiliki Sensor pintu yang akan mengaktifkan Fitur SMS jika pintu di buka, namun fitur ini jarang di gunakan untuk kabel pada fitur ini biasanya ada 2 type kabel negatif atau positif, karena kabel ini mengikuti arus yang masuk ke saklar pintu nantinya, karena terkadang ada mobil yang arus masuk pisitif dan ada yang arus masuk negatif.

Selain fitur diatas, beberapa gps Juga memiliki fitur tombol SOS dan mendengarkan suara didalam mobil, untuk fitur ini saya rasa tidak sulit karena sudah ada petunjuk dan tingal pasang soket saja lalu smebunyikan microphone dan tombol SOS, Fitur ini banyak ditemui pada GPS tipe GT06 atau tk110 meskipun tidak semua, biasa gps keluaran terbaru juga memiliki batre cadangan yang mana letak saklar ada di bawah slot SImcard GSM, saklarnya kecil maka gunakan jarum untuk mengesernya.
Baca juga:Memperbaiki Tiket Printer SPBU Error dan Tidak Bisa Digunakan

Next Point 1 mari kita mulai mempelajari kabel pemasangan GPS di Mobil Avanza Xenia dan Innova,pertama cari kabel langsung dari aki di box kotak sekring, caranya adalah gunankan multimeter, kontak posisi off dan dicabut, lalu cari kabel + dan – yang aktif, dimana kabel itu nantinya di sambung ke kabel – dan + gps langsung tandai kabel tersebut namun jangan dipasang langsung mengunakan kabel.

Pada Point 2 Cari kabel ACC dan pompa bensin atau kabel ke ECU, Untuk Kabel ACC bisa kita pasang dan bisa juga tidak, ini tegantung pengunaan. Kabel ACC mobil memiliki ciri jika kontak posisi ACC maka kabel akan memiliki arus, maka coba putar kontak ke posisi ACC dan cek kabel mana yang memiliki arus, maka itu adalah kabel ACC, tandai dan jangan di sambung dulu. Pada beberapa kasus mobil Innova terutama kabel Acc dan kabel ECU mirip / hampir sama cirinya.


 

Jika sudah pada point ke 3 maka sekarang cari kabel Pompa bensin / ECU, kabel ini nanti akan kita potong dan sambungkan ke Relay agar jika GPS kita sms maka Relay aktif dan memutus listrik ke ECU atau pompa bahan bakar, maka mesin mati. Kita bisa pilih salah satu bisa ECU bisa juga pompa bensin. Cara mencari kabel ini adalah pada kondisi Mesin ACC dan kontak mati maka lidak ada arus yang masuk, akan tetapi ketika mobil menyala kabel ini akan teraliri Listrik (cek dengan multitester), jika kabel ditemukan tandai dan jangan disambung.
Baca juga:Cara Memasang Alarm Motor Dengan Remote BHT B008

Pada pemasangan GPS mobil GPS di Mobil Avanza Xenia dan Innova + cut engine mematikan mesin jarak jauh yang kita putus hanya 1 kabel yaitu kabel ECU atau pompa bensin (pilih salah satu saja), yang nantinya disambung ke relay untuk Mematikan mesin mobil dari jarak jauh melalui SMS dengan Nomor admin tentunya. Jika akbel + dan – serta cut engin ecu / pompa bensin ditemukan maka mulailah merakit pengkabelan.

Perakitan di mulai dengan – dan + GPS ke kabel langsung dari aki yang kita cari pada point 1 tadi, lalu tes apakah GPS bisa di telp / SMS, atau dilacak secara online? jika bisa dan normal maka pengkabelan tahap 1 selesai. Untuk kabel ACC pada point 2 sebenarnya ini relatif, jika mau dipasang boleh saja tempelkan saja kabel ACC GPS ke acc mobil, tapi saran admin kotanopan.com lebih baik tidak usah dipasang karena kurang efektif.
Baca jug:Download Whatsapp Plus Anti Banned Transparan Terbaru
Demikian tips trik Cara Pasang GPS di Mobil Avanza Xenia dan Innova yang admin bagikan,. dan ingat pemasangan ini resiko ditangung sendiri, jika anda tidak yakin lebih baik hubungi bengkel yang ahli ata ubengkel langanan.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *