Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan Mudah sekali

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan Mudah sekali

Kotanopan.com. Jika anda mencari solusi cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan, anda berada di tempat yang tepat, karena Kondisi ini bisa menjadi merepotkan bagi pengguna. Pada umumnya, saat Anda mengirim pesan atau melakukan obrolan di WhatsApp, aplikasi akan secara otomatis meneruskannya kepada kontak yang dituju atau penerima chat dalam hitngan detik.

Akan tetapi, ketika masalah ini terjadi, Kita tidak akan dapat mengirim pesan kepada kontak di aplikasi WhatsApp. Chat yang ingin kita kirim hanya akan menampilan status “jam”, yang menandakan bahwa pengiriman masih tertunda, atau Pesan “belum keluar” dari handphone kita. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengirim pesan di WhatsApp, Anda mungkin bertanya-tanya apa penyebabnya. Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa penyebab WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan secara umum, yang perlu Anda ketahui secara lebih lengkap:

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan Mudah sekali
Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan Mudah sekali

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan dengan mudah, solusi praktis dan bisa dilakukan sendiri.

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan aplikasi WhatsApp di perangkat Anda tidak dapat digunakan untuk mengirim pesan. Penyebab-penyebab ini dapat berasal dari berbagai faktor, seperti masalah dengan koneksi internet dan gangguan pada sistem aplikasi itu sendiri.

1. Pastikan Anda Memeriksa Koneksi Internet

Alasan yang paling mungkin menyebabkan WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan adalah adanya masalah dengan koneksi internet. Pastikan Anda terhubung ke jaringan WiFi yang stabil atau telah mengaktifkan data seluler, kotanopan.com menyarankan anda untuk melihat sisa kuota internet.

Baca Juga:  Cara Membersihkan Sampah di Android Agar Perangkat lebih cepat

Untuk memeriksa keadaan koneksi internet Anda, coba buka halaman web menggunakan browser web pada perangkat Anda. Jika halaman web dapat dimuat dengan lancar, itu menandakan bahwa koneksi internet Anda berfungsi dengan baik. Jika Anda mengalami masalah dengan jaringan, Anda dapat mencoba mengatur ulang pengaturan jaringan dengan cara masuk ke menu Pengaturan > Sistem > Lanjutan > Opsi Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan Jaringan. Langkah ini dapat membantu memperbaiki masalah jaringan yang mungkin memengaruhi kemampuan Anda untuk mengirim pesan di WhatsApp




2. Periksa Apakah  WhatsApp di izinkan mengunakan Data seluler.

Masalah WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan bisa terjadi ketika akses WhatsApp dibatasi. Kita dapat memeriksa pengaturan penggunaan data seluler untuk WhatsApp dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Pengaturan pada perangkat Anda.
  2. Pilih menu Aplikasi.
  3. Temukan dan pilih WhatsApp dari daftar aplikasi yang terinstal.
  4. Ketuk pilihan ‘Data Seluler‘ yang terletak di bawah bagian ‘Penggunaan’.
  5. Pastikan bahwa bilah pengalihan untuk ‘Izinkan penggunaan data latar belakang’ dan ‘Izinkan penggunaan data saat Penghemat data aktif’ sudah diaktifkan.
  6. Kita juga bisa melihat pengaturan ini di Bagian Wifi pada sebagian handphone Merek Oppo.

3. Restart Aplikasi WhatsApp

Cara mengatasi masalah ketidakmampuan WhatsApp untuk mengirim pesan yang ketiga adalah dengan melakukan restart atau muat ulang aplikasi WhatsApp. caranya adalah sebagai berikut:

  1. Tutup aplikasi WhatsApp secara penuh, termasuk di latar belakang, dengan memastikan tidak ada proses aplikasi yang berjalan, atau force Close jika perlu.
  2. Setelah itu, buka kembali aplikasi WhatsApp dengan mengaksesnya dari layar utama, lalu gunakan seperti biasa.
Baca Juga:  Download Tik tok Lite Aplikasi penghasil Uang Yang Terbukti membayar 2021

4. Restart HP

Langkah yang keempat adalah dengan melakukan restart pada HP Anda. Tindakan ini dapat membantu menyelesaikan masalah WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan secara umum. Untuk melakukan restart pada perangkat anda ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol daya (power) pada HP Anda hingga muncul menu opsi power.
  2. Pilih opsi “Matikan” atau “Power off” untuk mematikan HP Anda sepenuhnya.
  3. Setelah HP benar-benar mati, tunggu sekitar 1-2 menit.
  4. Kemudian tekan dan tahan tombol daya (power) lagi untuk menghidupkan kembali HP perangkat.

 

5.Update Aplikasi WhatsApp

Anda mungkin menggunakan WhatsApp versi lama yang sekarang tidak berfungsi. Atau pesan Anda mungkin tidak terkirim karena bug perangkat lunak yang diperbaiki pada pembaruan selanjutnya. Untuk memperbaikinya, Anda perlu melakukan Update pada aplikasi WhatsApp. Untuk memperbarui WhatsApp, buka Google Play Store, cari WhatsApp, dan pilih ‘Perbarui’ atau Update.

pembaruan aplikasi WhatsApp bisa menjadi cara mudah Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan. hal ini akan memastikan bahwa Anda menggunakan versi terbaru yang sudah diperbarui dengan perbaikan dan fitur baru. Ini dapat membantu memperbaiki masalah- masalah yang timbul karena Versi aplikasi terlalu usang.




6. Instal Ulang Aplikasi WhatsApp

Langkah berikutnya yang dapat Anda coba adalah dengan melakukan proses instal ulang aplikasi WhatsApp. Instal ulang ini berguna untuk memastikan bahwa aplikasi WhatsApp telah terpasang dengan benar di perangkat Anda. Selain itu, proses instal ulang juga dapat membantu menghapus tumpukan cache yang mungkin menjadi penyebab gangguan dalam pengoperasian aplikasi.

Baca juga:
Download WhatsApp Aero Anti Baned Fitur MOD apakah aman?
Ini Cara Login WhatsApp Dengan Nomor Yang Hilang Atau Mati
Solusi Download WhatsApp Mod Anti Blokir Terbaru Maret 2024?

Dengan melakukan instal ulang aplikasi WhatsApp, Anda memberikan kesempatan bagi aplikasi untuk terpasang kembali dengan benar dan menghapus cache yang mungkin menjadi penyebab gangguan. Semoga dengan langkah ini, Anda dapat mengatasi masalah pengiriman pesan di WhatsApp.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × four =