Cara Memperbaiki Blender Hidup Pisau Tidak Berputar, Done!!

Memperbaiki Blender Hidup Pisau Tidak Berputar saklar otomatis blender

Kotanopan.com. Blender sebuah alat bantu menghaluskan bumbu, buah dan beberapa sayuran yang hampir setiap orang pernah melihatnya. Untuk para ibu-ibu tentu tidak asing dengan benda satu ini. Jika anda mencari Cara Memperbaiki Blender Hidup Pisau Tidak Berputar, maka anda berada di tempat yang tepat. Beberapa Waktu lalu Blender yang biasa dipakai untuk menghaluskan bumbu tiba-tiba saja pisaunya tidak berputar padahal mesin hidup berdengung. Sehingga perlu dibongkar dan perbaiki, Kerusakan seperti ini sebenarnya cukup jarang terjadi karena umumnya blender akan mati total, Cara servicenya silahkan simak di bawah:

Cara Memperbaiki Blender Hidup Pisau Tidak Berputar

1. Blender Hidup Pisau tidak berputar.

Pertama cek bagian Kunci sambungan pengait As pisau diatas blender. Umumnya Pengait ini akan terpasang kuat tidak goyang dan stabil, hanya bisa berputar dan tidak bisa goyang kanan kiri. Serta akan berputar kuat jika mesin dinyalakan.

Memperbaiki Blender Hidup Pisau Tidak Berputar pengait As pisau patah
Memperbaiki Blender Hidup Pisau Tidak Berputar pengait As pisau patah

Pada banyak kasus Blender hidup tapi tidak berputar masalah utama ada pada rotor plastik ini, karena dinamo berputar kencang namun tidak sampai ke bagian atas karena masalah Mur yang lepas di dalam bagian rotor. seperti terlihat pada gambar diatas bahwa Mur kotak didalam rotor kunci sudah hilang. Umumnya penyebab kerusakan pengait seperti diatas karena suhu Blender terlalu tinggi sehingga plastik ikut melunak dan leleh.




2. Penyebab Blender Mati total.

Jika anda mengalami kendala blender mati total maka hal pertama yang wajib di cek adalah kabel listrik yang terhubung ke Blender. Beberapa blender memiliki Saklar otomatis dimana hanya ketika Gelas blender terpasang maka mesin baru akan mau menyala. Letak saklar ini ada di bagian bawahsamping dudukan gelas seperti pada gambar dibawah. Jika saklar ini rusak maka anda perlu melakukan pengantian atau menyambung kabel secara langsung sehingga tidak melewati saklar.

Memperbaiki Blender Hidup Pisau Tidak Berputar saklar otomatis blender
Memperbaiki Blender Hidup Pisau Tidak Berputar saklar otomatis blender

3. Kecepatan Blender Lemah.

Beberapa blender memiliki kecepatan bervariasi mulai dari cepat hingga sangat cepat. Jika salah satu saklar bermasalah maka kecepatan yang dihasilkan juga tidak akan sesuai dengan type saklar. beberapa saklar memiliki Dioda yang tersambung, untuk memperbaiki masalah ini kotanopan merekomendasikan membawa ke Ahlinya karena kita akan memerlihan peratalan penguji atau multimeter.

Baca juga:
Cara Perbaiki Kipas Angin Berputar pelan atau mati total
Cara Perbaiki Spray Gun Cat Elektrik Mati Macet beserta foto
Token Key BCA Rusak atau Mati? Dapatkan Gantinya di Bank BCA

Memperbaiki Blender Hidup Pisau Tidak Berputar dioda pada blender
Memperbaiki Blender Hidup Pisau Tidak Berputar dioda pada blender

4. Blender tiba-tiba mati.

Umumnya Memperbaiki Blender Hidup Pisau Tidak Berputar hanya masalah pada pengait kunci pisau saja, Namun jika blender tiba-tiba mati saat digunakan bisa jadi hanya karena terlalu panas. Cara memperbaikinya cukup diamkan sekitar 10-15 menit kemudian coba nyalakan kembali. Jika suhu sudah cukup rendah maka Blender akan berputar kembali.

 

Kesimpulan

Beberapa cara diatas biasa anda gunakan untuk perbaiki Blender Hidup Pisau Tidak Berputar, selama kerusakan tidak cukup parah. namun jika kerusakan ada pada Dinamo utama maka anda perlu membawa ke tempat serive berpengalaman agar dilakukan perbaikan atau penggantian dinamo.

Author: Mr. wics

1 thought on “Cara Memperbaiki Blender Hidup Pisau Tidak Berputar, Done!!

  1. Kendala ibu”biasanya blender suka panas, mungkin terlalu lama ya, jadi mengakalinya sebentar hidup sebentar berhenti dulu hehehe..makasih infonya mas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × one =